10 Hal Baru di iOS 10

Hai semuanya. Sudah memastikan perangkat kamu akan kebagian iOS 10 belum? Kalau belum bisa baca di sini ya. Di WWDC 2016 kemarin Apple mengumumkan iOS 10. Apa saja sih yang baru dari iOS 10? Yuk kita lihat sama-sama.

1 . Disain ulang antar muka dan user experience

Dengan adanya fingerprint scanner di home button yang makin cepat di iPhone 6S terkadang saat pengguna memencet tombol home dengan maksud hanya untuk mengecek notifikasi apa saja malah langsung login. Untuk mengatasi hal ini Apple memberikan fitur ‘raise to wake’ . Dengan raise to wake iPhone akan menyala dan menampilkan notifikasi ketika pengguna mengangkat iPhonenya. Ini teknik yang serupa dengan yang digunakan pada Apple Watch.

Selain itu fitur 3D Touch juga makin ditingkatkan, pengguna juga bisa berinteraksi dengan notifikasi menggunakan 3D Touch tanpa harus keluar dari layar notifikasi.

  1. Siri

Siri! Siri! Siri! Siri di mana-mana! Apple membuka Siri kepada pengembang pihak ketiga. Ini artinya kita akan bisa menggunakan Siri untuk mengaktifkan aplikasi diluar aplikasi bikinan Apple. Bakalan ada Siri di WeChat, WhatsApp, Uber, dan lain-lain. Tapi sepertinya sih masih harus menggunakan bahasa Inggris ya. Bagi yang belum lancar bahasa Inggrisnya sekarang saatnya melancarkan bahasa Inggris yah.

  1. Quick Type

Quick Type ini sebenarnya mirip auto prediction di keyboard lainnya semisal swiftkey. Quick Type ini menjanjikan akan memprediksi apa yang akan diketik selanjutnya sehingga menghemat waktu dan tenaga tapi dalam kenyataannya Auto Prediction yang ada di Apple keyboard sekarang ini malah cukup mengganggu.

Quick Type direncanakan akan terintegrasi dengan kepintaran artificial Siri, untuk lebih mudahnya diberikan cotohnya saja yah. Misalkan seseorang menanyakan anda melalui text message “kamu di mana?” Quick Type akan secara proaktif memberikan jawaban sesuai dengan lokasi GPS anda, bila seseorang menanyakan alamat email orang lain kepada anda dan kebetulan iOS merasa anda mengetahui alamat email orang itu maka Quick Type akan menyarankan untuk memberitahukan email orang tersebut.

Quick Type juga akan mendukung pengetikan multi-bahasa. Masih belum jelas akan seperti apa pengetikan multi-bahasa ini. Apple juga mengklaim pengguna tidak usah mengganti bahasa di keyboard untuk fitur pengetikan multi-bahasa ini. Apakah nantinya Apple akan bisa memprediksi tulisan campur sari ala Indonesia seperti “you know, I makan di situ setiap hari loh, food di situ rasanya delicious sekali” atau tidak?

  1. Photos

Photos nantinya akan bisa mengenali siapa saja yang ada di dalam foto dan nge-tag orang tersebut. Mirip seperti Google Photos ya. Tapi tidak hanya di situ Apple nantinya bisa menghubungkan semua foto-foto dengan orang tersebut dan di mana foto tersebut diambil lalu menyatukannya dalam suatu folder yang disebut ‘memories’. Menarik juga yah.

  1. Maps

Maps mendapatkan disain baru dalam iOS 10. Apple berujar pengguna akan lebih mudah mengontrol Maps.

Maps juga mendapatkan kepintaran tambahan seperti misalnya sekarang jam anda berangkat kerja maka maps akan menampilkan jalur anda berangkat kerja. Maps juga bisa menampilkan rute perjalanan anda berdasarkan jadwal kalendar anda ada janjian di mana. Maps juga akan menampilkan rute perjalanan yang lebih tidak macet. Familiar? Pada dasarnya Maps ini hampir mirip dengan Google cards yang digabung dengan Waze.

  1. Music

Apple Music juga mendapatkan perubahan besar-besaran. Apple Music dibikin lebih bersahabat dan lebih mudah digunakan. Tambahan lainnnya Apple Music akan menyertakan lirik di lagunya.

  1. News

Apple News juga mendapatan perubahan, lebih simple dan lebih bersih. Apple News juga memperoleh fitur baru yakni subscriptions. Kini pengguna bisa subscribe ke channel berita yang disukai.

  1. HomeKit & HomeApp

Apple sepertinya semakin serius menggarap smart home untuk hal ini Apple membuat sebuah aplikasi khusus yang diberi nama Home untuk mengontrol semua peralatan yang kompatibel dengan HomeKit.

Saat membuka aplikasi Home maka semua peralatan –dibuat dari manufaktur manapun- yang kompatibel dengan HomeKit akan muncul di aplikasi Home dan pengguna bisa mengontrol peralatan tersebut contohnya menaikkan suhu AC, meredupkan sinar lampu dan sebagainya.

Home juga memiliki fitur Scenes. Fitur Scenes ini adalah serangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh HomeKit. Contohnya bila pengguna ingin tidur lalu memencet fungsi yang diberi nama ‘Goodnight’ maka HomeKit yang terhubung akan menyesuaikan misalnya mengunci pintu, mematikan lampu, menutup jendela dan lainnya.

  1. Phone

Phone mendapatkan fitur baru yakni voicemail transcription atau dengan kata lain menerjemahkan pesan suara yang gunanya adalah mengkonversi pesan suara yang diterima menjadi teks sehingga pengguna tidak usah mendengarkan pesan suara. Sepertinya untuk fitur ini tidak ada efeknya untuk orang Indonesia ya. Entah apa yang akan diterjemahkan dari pesan suara “iki opo rek? Aya aya wae ente ni kumaha”

  1. Messages

Messages mendapat perubahan yang cukup signifikan di sini. Hampir mirip dengan aplikasi seperti Line yang mampu menyarankan emoji tertentu apabila pengguna mengetik kata kunci yang berhubungan begitu pula dengan Messages di iOs 10 ini. Emoji juga akan muncul tiga kali lipat lebih besar. Jadi bagi para pengguna iOS 10 bersiap-siaplah akan serangan emoji di mana-mana.

 

 

The following two tabs change content below.
Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *