[Quick Review] Lenovo B40-70, Baterai Awet, Performa?

Hai semuanya. Kali ini Gadget Apa kedatangan laptop Lenovo B40-70 nih. Gimana spek dan kemampuannya? Yuk kita lihat bareng-bareng.

Pada paket penjualannya Lenovo B40 kamu akan mendapat :

– 1 adaptor

– 1 kabel charger

– 1 notebook Lenovo B40-70

– Manual book

Disain

Dilihat sekilas Lenovo B40 terlihat cukup manis dengan warna bodi hitam matte pada lid-nya. Pada bagian dalamnya Lenovo B0 memilih disain grainy sehingga terasa agak kasar di tangan, tenang, tidak mengganggu aktivitas kok. Malah pemilihan disain grainy ini membuat Lenovo B40 tidak jadi magnet sidik jari, berbeda dengan bagian lid-nya yang mudah menyerap sidik jari. Lenovo B40 juga memiliki dimensi yang cukup compact, mudah dibawa ke mana-mana. Lenovo B40 sendiri memiliki bobot sekitar 2kg.

Untuk trackpad Lenovo B40 memiliki trackpad yang tergolong kecil ya dengan dua tombol fisik di bawahnya.

Layar 14 inci Lenovo B40 mengusung fitur anti-glare yang membantu mengurangi pantulan sinar pada layar sehingga membuat kegiatan menonton lebih nyaman.

Lenovo B40 juga dilengkapi optical drive untuk memudahkan pengguna membaca piringan digital.

 Spesifikasi Dan Performa

Untuk spesifikasinya sendiri Lenovo B40 diotaki oleh Intel Core i3 dengan memory DDR3 2GB. Lenovo B40 juga diperkuat oleh kartu grafis AMD Radeon HD8500 untuk kegiatan bermain game. Dalam kenyataannya saya bahkan tidak bisa meng-install driver untuk kartu grafisnya dikarenakan masalah lisensi (entah masalah lisensi nya bagaimana tapi dalam pengujian beberapa hari ini saya tidak diberikan ijin untuk instalasi driver ini).

RAM 2GB terasa sangat sedikit di masa sekarang ini. Jangankan untuk bermain game, saya gunakan laptop ini hanya untuk menulis artikel dan browsing saja sudah menghabiskan RAM 1.6GB.

Lenovo B40 dilengkapi HDD 500GB , Bluetoth 4.0, WiFi 802.11n, Gigabit Ethernet port, dua port USB 3.0, satu port USB 2.0, port HDMI, port VGA, jack 3.5mm, DVD-ROM dan memory card reader.

 

Satu hal yang saya suka dari Lenovo B40 ini adalah keyboard-nya yang cukup nyaman digunakan untuk mengetik.

Untuk ketahanan baterai Lenovo B40 diklaim bisa bertahan sampai 6 jam dalam satu kali pengisian daya dan hal ini saya buktikan sendiri dalam pemakaian sehari-hari, baterai Lenovo B40 salah satu baterai yang awet masa hidupnya.

Sangat disayangkan memory yang disediakan oleh B40 hanyalah 2GB. Walau begitu Lenovo B40 bisa di-upgrade memory-nya dengan sedikit merogoh kocek lebih dalam.

Pro

Dimensi Lenovo B40 yang cukup ringkas membuat laptop ini salah satu laptop yang cukup nyaman untuk dibawa ke mana-mana. Hard disk yang disediakan juga cukup besar yakni 500GB. Keyboard yang disematkan di Lenovo B40 juga cukup nyaman untuk mengetik dan cukup responsif. Tidak terasa seperti keyboard murahan.

Kontra

Memory yang hanya 2GB adalah keluhan terbesar saya saat menggunakan Lenovo B40 ini. Bukanya tidak bisa ditangani tapi anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk menambahkan memory di Lenovo B40 ini. Trackpad yang cukup kecil juga merupakan nilai minus untuk Lenovo B40 pasalnya untuk sebuah notebook berukuran 14” trackpad yang diusung ini terlalu kecil.
Keluhan saya yang kedua adalah fungsi tombol fn nya yang terbalik di Lenovo B40 ini. Apabila pada notebook biasa tombol F2 apabila dipencet akan mengaktifkan fungsi rename maka beda ceritanya di Lenovo B40 ini. Untuk rename saya harus mengetik fn+F2. Sungguh fitur yang sangat mengganggu untuk saya.

 

 

 

The following two tabs change content below.

Mikhail Surjadi

Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *