Tweak terbaru Windows 10 – Cara Baru Recovery File yang Hilang

image source : shutterstock

Alat pemulihan file (File Recovery tools) pada Windows 10 sedang diubah agar lebih mudah digunakan, dan bisa diakses oleh lebih banyak pengguna yang memerlukan tindakan darurat ini jika mereka tidak sengaja menghapus file penting.

Untuk saat ini, fitur ini hanya tersedia untuk penguji Windows 10, tetapi diharapkan akan diluncurkan ke publik komputasi umum ‘pada awal 2021’, jadi mungkin akan segera tiba (pastikan untuk menjalankan Pembaruan Windows 10 Mei 2020 atau lebih baru).

Alat Pemulihan File Windows telah ada untuk sementara dalam versi pratinjau OS – sebenarnya sejak pertengahan 2020 – tetapi dengan pembaruan baru ini, Microsoft membuatnya lebih ramah pengguna.

Perhatikan bahwa utilitas ini akan menggunakan baris perintah – bukan hal yang mudah dari jigsaw UI Windows, namun penyesuaian yang dibuat di sini sangat membantu untuk memudahkan penggunaan.

Versi baru dari utilitas ini menawarkan dua mode pemulihan yang disederhanakan, salah satunya adalah ‘mode biasa’ yang memungkinkan pemulihan file cepat pada drive NTFS. Ini seharusnya aman-aman saja untuk kasus-kasus ketika belum lama mengosongkan recycle bin, kemudian menyadari bahwa ternyata ada satu (atau lebih) file yang tidak sengahja terhapus.

Pemulihan mendalam (Deep Recovery_

Selain itu juga akan ada ‘mode ekstensif’ yang berlaku untuk sistem file lain (bukan hanya NTFS), dan akan melakukan operasi pemulihan file yang lebih dalam, setelah jangka waktu yang lebih lama karena kesalahan dalam melakukan penghapusan pada file, dan file tersebut mungkin telah ditimpa sepenuhnya oleh data lain. (Ingat bahwa ketika ‘menghapus’ file di drive, sebetulnya datanya masih tetap ada di sana – meski secara efektif dibuang dan disembunyikan dari OS, sampai benar-benar ditimpa oleh file baru yang masuk ke drive, yang bisa saja terjadi dalam jangka panjang).

Fasilitas pemulihan yang ekstensif juga dapat mencoba untuk mengatasi masalah pelik seperti drive yang rusak (atau kartu memori dan jenis penyimpanan lainnya).

Selain perubahan ini, alat Pemulihan File Windows yang diperbarui hadir dengan berbagai peningkatan kinerja dan perbaikan bug, jadi seharusnya berjalan lebih lancar secara keseluruhan.

Microsoft mengamati bahwa ada banyak hal menarik dalam aplikasi, yang akan sangat berguna jika memiliki opsi terintegrasi untuk mengambil file yang dihapus dengan cepat.

Kalian bisa mengunduh Windows File Recovery dari Microsoft Store, meskipun telah disebutkan versi baru belum siap – tetapi mudah-mudahan akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan.

Mudah-mudahan, alat pemulihan file akan berpindah dari baris perintah dan mendapatkan semacam antarmuka pengguna grafis, yang jauh lebih memudahkan pengguna dalam merecovery datanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *