Cara Membagi Layar pada MacOS

Tingkatkan produktivitas di MacOS Monterey dengan trik multitasking ini. Kerja lebih cepat dengan pintasan keyboard.

Terkadang kita memerlukan multitaksing dalam bekerja. Baik untuk melihat data ketika sedang menulis laporan kerja, membiarkan jendela chat tetap terbuka saat browsing, atau menonton video sambil “mengerjakan” novel misalnya, satu jendela tidak pernah cukup. Namun berpindah antar jendela layar aplikasi bisa jadi menjengkelkan dan memakan waktu.

Untungnya, Mac menawarkan mode split screen, yang memungkinkan untuk membuka dua aplikasi (atau dua jendela browser terpisah) di sisi layar yang berbeda secara bersamaan. Dengan demikian, cukup melirik antar jendela tanpa harus menavigasi dengan bantuan mouse atau menekan kombinasi tombol Command + Tab.

“Mempelajari cara menggunakan mode layar terpisah di Mac akan sangat membantu dalam melakukan banyak tugas.”

Cara masuk Split View di Mac

  1. Pastikan jendela yang ingin digunakan dalam tidak mode layar penuh/full-screen.
  2. Di salah satu jendela yang ingin Anda gunakan, letakkan kursor di atas tombol hijau di kiri atas. Jangan meng-klik untuk memaksimalkan jendela, biarkan kursor mengambang di atasnya hingga terlihat menu drop-down.
  3. Pilih Tile Window to Left of Screen atau Tile Window to Right of Screen. Mac akan secara otomatis memasuki mode split screen.
  4. Lalu jendela lain yang terbuka akan ditampilkan di sisi berlawanan dari layar. Klik jendela yang ingin ditampilkan di sisa layar, nanti jendela itu akan mengisi setengah layar tersisa.
  5. Untuk menyesuaikan ukuran jendela, gunakan slider di tengah layar.

Di Split View, kedua jendela dapat dilihat secara bersamaan. Multi-tasking yang nyata!

Cara Keluar dari Mode Split Screen di Mac

Jika sudah selesai menggunakan tata letak layar terbagi, begini cara keluarnya:

  1. Gerakkan kursor ke bagian atas layar hingga terlihat tombol ukuran di kiri atas setiap jendela.
  2. Klik tombol merah untuk menutup jendela itu atau tombol hijau untuk keluar dari mode Split screen.
  3. Jangan panik! Jendela yang lain masih terbuka, hanya tersembunyi dalam mode layar penuh. Untuk mengaksesnya lagi, tekan tombol Mission Control (F3) di baris atas keyboard.
  4. Muncul dua opsi di bagian atas layar: Desktop dan jendela apa pun yang sedang berada dalam mode layar terbagi. Klik jendela lain, dan gunakan tombol ukuran hijau di kiri atas jika ingin keluar dari mode layar penuh.

Kalian juga bisa mencoba untuk menampilkan 3-4 jendela tambahan dengan slider manual, meski tampilannya tidak akan serapi ketika menggunakan tiled windows.

Mengapa Mac saya tidak bisa split screen?

Pertama, pastikan jendela aplikasi tidak sedang dalam mode layar penuh. Sppit screen hanya berfungsi dari tampilan berjendela normal. Jika bukan itu masalahnya, coba buka System Preferences > Mission Control dan periksa apakah Displays have separate Spaces diaktifkan. Jika belum, maka aktifkanlah.

Jika opsi tersebut tidak tampak di menu Mission Control, pastikan untuk memperbarui ke MacOS 10.11 atau lebih baru. Periksa versi OS saat ini dengan mengklik ikon Apple di menu kiri atas dan kemudian pilih About this Mac. Jika kalian menggunakan versi sebelumnya, kalian harus memperbarui dengan mengklik tombol  Software Update di layar tersebut.

Perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi mendukung split screen. Jika kalian sudah mencoba semua cara di atas dan aplikasi masih tidak dapat menampilkan layar terbelah, mungkin aplikasi tersebut tidak mendukung mode split screen.

Bagaimana membagi layar pada Mac tanpa layar penuh?

Fungsi layar terpisah resmi pada Mac (disebut “Split View”) secara otomatis membagi dua jendela dalam layar penuh. Jika kalian tidak ingin tampilan layar penuh (mungkin karena ingin dapat dengan cepat menavigasi antar tab browser), kalian dapat menyeret ukuran jendela secara manual agar sesuai dengan ruang yang diinginkan. Opsi ini memberi lebih banyak penyesuaian daripada Split View, yang membatasi jendela antara sepertiga layar hingga dua pertiga.

Apa pintasan keyboard untuk layar terbagi di Mac?

Mulailah dengan menggunakan control + command + F untuk masuk ke mode layar penuh. Dari sana Anda dapat menekan F3 untuk memunculkan Mission Control dan menyeret aplikasi lain ke aplikasi yang saat ini kalian buka di layar penuh. Klik kembali ke aplikasi baru dan Anda akan berada di Split View.

Jika langkah tersebut masih terlalu banyak, kalian dapat membuat pintasan keyboard sendiri . Buka System Preferences > Keyboard > Shortcuts > App Shortcuts. Anda dapat mengklik tombol + untuk menambahkan perintah bernama “Tile Window to Left of Screen” menggunakan pintasan yang kalian buat. Setelah pintasan diaktifkan, jendela aktif akan ditempatkan di sisi kiri layar dan kalian bisa memilih jendela kedua untuk ditambahkan ke layar terpisah.

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *