Update! Spesifikasi Steam Deck Ternyata Lebih Gahar!

“Valve mengoreksi halaman spesifikasi Steam Deck, dan bandwidth memorinya yang besar sangat penting untuk kinerjanya.”

Valve telah memperbarui spesifikasi Steam Deck untuk merevisi spesifikasi memori yang mengesankan dari perangkat genggam ini. Awalnya perangkat ini mencantumkan RAM dual-channel, sedangkan spesifikasi yang diperbarui sekarang telah mencantumkan memori LPDDR5 32-bit quad-channel dengan kecepatan hingga 5.500MT/s. Ini yang benar.

Raw speed yang digembar-gemborkan untuk konsol genggam Valve ini mencapai 5,500MT/s, tidak berubah sejak diumumkan, namun ada yang kurang cocok dengan LPDDR5 spec yang didaftarkan oleh Valve. Steam Deck pertama kali terdaftar dengan LPDDR5 dual-channel, namun sekarang telah dikoreksi menjadi LPDDR5 32-bit quad-channel. Perbedaan yang cukup signifikan karena menunjukkan bahwa Steam Deck memiliki bandwidth yang sangat besar, yang akan menunjang kinerja GPU yang terpasang.

Steam Deck ditenagai oleh AMD APU, sebuah silikon yang berisi CPU dan GPU, dan satu hal yang sangat penting untuk APU adalah bandwidth memori. Ini disebabkan karena CPU dan GPU berbagi akses ke kumpulan memori yang sama, sehingga menggandakan beban pada komponen memori, berbeda dengan pengaturan PC konvensional.

PC desktop dengan kartu grafis diskrit tidak perlu khawatir dengan masalah yang sama. Meskipun masih penting untuk memiliki bandwidth memori yang besar untuk komponen utama, PC akan membagi beban di dua kumpulan memori yang berbeda, yaitu memori DDR4 untuk CPU dan memori GDDR6 untuk GPU.

Gimana? Steam Deck makin menarik untuk dimiliki? Apalagi jika kalian mengaku sebagai hardcore gamer, perangkat ini tidak bisa dilewatkan begitu saja.

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *