Cara Membuat Green Screen Menggunakan Aplikasi Adobe Premiere Pro

Kamu yang pekerjaannya berkutat dengan editing video pasti tidak asing dengan software Adobe Premiere Pro. Software editing video ini memiliki fitur yang lengkap untuk mengedit video. Kualitas video editingnya pun berkualitas tinggi.

Tutorial Bagaimana Cara Membuat Efek Layar Hijau (Green Screen) di Adobe Premiere Pro

Cara Membuat Green Screen Menggunakan Aplikasi Adobe Premiere Pro

Salah satu lagi fitur di dalam software ini adalah membuat efek green screen. Lalu bagaimana caranya membuat efek green screen itu? Berikut adalah tutorial membuat efek green screen pada Adobe Premiere Pro yang bisa Kamu ikuti.

1. Buat Video Berlatar Belakang Hijau

Langkah pertama cara membuat green screen di Adobe Premiere Pro adalah impor dulu video yang akan diedit. Siapkan dua video yang akan diimpor, yaitu video dengan background hijau dan video dengan background lain sebagai penggantinya.

Ketika mengimpor video, posisikan video dengan background green screen di atas video lain yang akan digunakan sebagai background. Karena itu, sebelum mulai mengedit, ada baiknya Kamu memilih video lain yang akan dijadikan backgorund nantinya.

2. Tampilkan Pilihan Menu Effect

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah pilih menu ‘Effect’. Caranya, pilih menu ‘Window’ kemudian pilih submenu ‘Effect’. Setelah itu akan pilih menu ‘Video Effect’. Pada menu ini akan terdapat banyak pilihan efek yang bisa Kamu gunakan.

3. Pilih Efek Chroma Key

Dati daftar efek yang ditampilkan, temukan efek ‘Chroma Key’. Setelah menemukan efek tersebut, tarik atau drag ke worksheet dimana video berlatar hijau berada.

4. Pilih ‘Effect Controls’

Jika sudah, langkah selanjutnya dari tutorial membuat efek green screen pada Adobe Premiere Pro adalah pilih menu ‘Effect Controls’ yang terletak bersebelahan dengan layar tampilan (tab sequence).

Pada menu ‘Effect Controls’ ini drop down dengan mengklik tanda panah ke bawah di menu ‘Chroma Key’. Setelah itu akan muncul tampilan berupa pilihan warna yang bisa Kamu pilih.

5. Pilih Menu ‘Color’ lalu Pilih Warna ‘Hijau’

Selanjutnya, Kamu akan melihat beberapa pilihan efek yang bisa digunakan. Pada menu ini, pilih opsi ‘Color’. Maka disana Kamu bisa melihat pipet serta kolom warna yang berwarna putih. Pilih warnanya menjadi hijau.

6. Atur Efek Lainnya

Langkah terakhir dari cara membuat green screen di Adobe Premiere Pro adalah mengatur efek lainnya yang ada di dalam pilihan menu efek tersebut. Jika Kamu ingin mengubah background warna hijau menjadi background lain, tinggal atur pada kolom efek ini.

Efek yang perlu diubah adalah pada opsi ‘Similarity’. Maka nantinya background hijau di video Kamu akan berubah menjadi background sesuai yang Kamu pilih sebelumnya.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang bagaimana membuat green screen ketika mengedit video menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro. Dengan penjelasan ini akan membantu Kamu ketika akan mengedit video yang membutuhkan efek green screen sehingga kemudian bisa diganti dengan efek lainnya.

One thought on “Cara Membuat Green Screen Menggunakan Aplikasi Adobe Premiere Pro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *