Tips Mengontrol Game di Hape Anak

Masih ingat kejadian orangtua yang tagihan telpon/kartu kreditnya jebol karena anaknya beli diamond buat main game? Atau anak yang mencuri uang orangtuanya lalu membeli diamond di minimarket dan kemudian diomelin? Kenapa itu semua bisa terjadi? Padahal seharusnya hal-hal tersebut bisa diantisipasi.

Bermain game online sesungguhnya bisa membantu proses tumbuh kembang anak, khususnya gim yang sesuai dengan usia sang anak. Meski pasti ada efek baik dan buruk, seperti halnya bermain gim daring pada gawai telepon pintar, namun melalui gim yang tepat maka anak bisa bermain sambil belajar berbagai ilmu pengetahuan, misalnya mengenal huruf, angka, warna, dan berbagai binatang. Gim juga bisa meningkatkan kreasi dan mengasah kemampuan anak.

Gim juga bisa memberikan pengaruh buruk pada anak, terutama ketika menunjukkan gejala kecanduan bermain gim pada gawainya. Di sini peran orangtua harus tegas dalam mengendalikan penggunaan gawai pada anak. Orangtua harus mulai membatasi waktu anak dalam bermain meski gim yang dimainkan sifatnya edukatif.

Sesungguhnya ada tools yang bisa membantu orangtua dalam mengawasi aktivitas anaknya. Beberapa aplikasi tersedia untuk membantu mengendalikan waktu anak dalam bermain gim di gawai. Selain itu, orang tua juga bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi bawaan dari smartphone berbasis sistem operasi ColorOS 11 seperti pada perangkat OPPO A74.

Fitur bernama Kid Space pada perangkat OPPO, dapat diakses melalui menu Pengaturan atau Settings. Kid Space dapat membatasi durasi penggunaan perangkat mulai dari 15 menit hingga waktu yang tak terhingga. Orangtua juga dapat mengatur aplikasi apa saja yang dapat diakses oleh anak-anak, memilihkan beberapa gim yang dapat diakses anak-anak, serta mematikan akses Google Play Store di smartphone.

Jaringan data dapat dimatikan secara permanen apabila fitur Kid Space diaktifkan. Fitur utama Kid Space dapat membatasi konfirmasi pembayaran melalui SMS, mencegah modifikasi pengaturan sistem, menghalangi anak untuk melakukan pemasangan atau penghapusan aplikasi, bahkan membatasi waktu aktif layar. Dengan adanya fitur ini, sebagian besar kekhawatiran orang tua terhadap penggunaan gawai oleh anak mulai teratasi. Selain pada OPPO A74, fitur ini juga dapat diakses melalui beberapa perangkat OPPO yang telah melakukan update sistem operasi ColorOS 11 seperti OPPO Reno5, OPPO Reno5 5G, OPPO Reno5 F, dan OPPO A74 5G.

Perangkat cerdas, penggunanya juga harus cerdas dong ah..

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *