Tips Fotografi Portrait yang Sempurna

Tanpa kita sadari, objek yang paling banyak kita jepret dengan kamera adalah diri sendiri, teman, dan keluarga. Begitu pula dengan adanya smartphone yang telah dilengkapi dengan kamera canggih, aktivitas memotret juga masih banyak seputar portrait atau potret.

Saat ini, smartphone telah mengambil peran yang tak tertandingi dalam kehidupan manusia. Ponsel cerdas menjadi perangkat pribadi untuk merekam dan berbagi kenangan di jalan-jalan, di kedai kopi, di bangku sudut taman atau saat liburan di pantai. Kebanyakan foto yang dihasilkan tentu saja portrait, baik saat sendiri atau bersama-sama. Di mana pun kamu berada, rasanya sayang untuk melewatkan aktivitas merekam momen-momen menyenangkan tersebut.

Banyak smartphone masa kini yang menawarkan kemampuan untuk memotret foto portrait, akan tetapi kalian tetap perlu mengetahui cara agar hasil foto terlihat baik. Berikut 6 (enam) tips singkat untuk menghasilkan foto portrait dari smartphone agar lebih baik.

  1. Fokus pada Mata Terdekat
    Mata adalah fokus perhatian dalam foto potret apa pun dan bukan hanya fotografi portrait dengan ponsel cerdas. Jika gambar tidak tajam, maka foto potret yang dihasilkan akan terlihat kusam dan tidak bernyawa. Inilah tip pertama dan paling penting untuk setiap fotografer portrait, yakni fokus pada salah satu mata subjek yang terdekat dengan kalian.
  2. Komposisi untuk Menonjolkan Subjek
    Komposisi dalam fotografi smartphone juga patut diperhatikan. Cukup gampang kok caranya. Bagi bingkai/frame foto menjadi 9 (sembilan) kotak persegi berukuran sama. Kemudian, tempatkan subjek berada di salah satu dari empat titik berpotongan (dua di kedua sisi bingkai) yang biasa disebut sebagai sweet spot pada bingkai. Menempatkan apa pun di salah satu dari empat poin ini secara otomatis menekankan subjek dan membuatnya terlihat menonjol.
  3. Gunakan Fitur Sentuh untuk Fokus
    Fitur aufocus seperti halnya di kamera DSLR ini cukup jamak tersedia di aplikasi kamera smartphone. Tinggal tap layar tempat subjek muncul sehingga pemfokusan lebih akurat dan cepat. Pada OPPO Reno6, fitur ini sangat terbantu dengan adanya Image Clear Engine yang akan melakukan pemfokusan subjek dengan cepat dan akurat.
  4. Ekspos untuk Wajah
    Apabila kamera smartphone dilengkapi dengan fasilitas pengaturan manual maka manfaatkan dengan optimal untuk mengatur exposure/eksposur. Jika tidak ada fitur pengaturan eksposur, maka gunakan mode deteksi wajah atau mode pengukuran parsial untuk menekankan pada area wajah.
  5. Bidik dengan Cahaya Alami
    Sebisa mungkin gunakan cahaya alami seperti sinar matahari untuk membantu pencahayaan saat memotret. Jangan memaksakan smartphone untuk bisa menghasilkan foto indah hanya karena telah dilengkapi dengan teknologi sensor back-illuminated. Cahaya redup atau low light cenderung memperburuk keadaan untuk portrait photography. Jadi, sebaiknya memotretlah dalam kondisi terang, khususnya di pagi hari atau sore hari.
  6. Pastikan Lensa selalu Bersih
    Hal ini seringkali terlewatkan oleh sebagian besar pengguna smartphone. Kamera ponsel cerdas terlihat berminyak dan kotor sehingga saat dipakai untuk memotret hasilnya pun tidak optimal. Seperti lensa kamera lainnya, pastikan juga kamera 64 MP Quad Cam di OPPO Reno6 yang terdiri dari kamera utama 64MP, kamera Ultra Wide-angle 8MP, kamera Makro 2MP, dan kamera Mono 2MP juga bebas debu dan noda sebelum memulai untuk menjepret portrait.

Dengan berbekal tips tersebut, kalian bisa lebih yakin dan percaya diri saat akan memotret foto portrait. Apalagi jika kalian menggunakan perangkat terbaru OPPO Reno6 yang dibekali dengan Bokeh Flare Portrait. Fitur ini menggunakan algoritma artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan untuk menghasilkan efek bokeh nan dinamis dan kaya warna untuk memotret dan merekam video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *