Tips Anti Blokir IMEI

Pemerintah telah memberlakukan aturan validasi IMEI pada tanggal 18 April 2020. Detil beritanya bisa dibaca di sini. Tapi jangan panik dan kuatir, karena kami akan memberikan tips-tips, apa saja yang mesti dilakukan agar ponsel kita tidak terkena pemblokiran IMEI.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diperhatikan :

  1. Pastikan membeli ponsel garansi resmi indonesia. Jika di bagian belakang box terdapat tulisan “dibuat di Indonesia”, maka dapat dipastikan ponsel tersebut bergaransi resmi.
  2. Cek IMEI secara mandiri dengan cara menekan tombol *#06# kemudian masukkan nomor IMEI-nya untuk diperiksa di website imei.kemenperin.go.id.
  3. Cek IMEI bisa juga dilakukan via operator, untuk saat ini yang kami ketahui baru ada dua, yaitu XL dan Telkomsel. Untuk operator XL caranya dengan menekan *123*817#, sedangkan untuk Telkomsel dengan menekan *337#, operator lain belum kami ketahui.
  4. Jika belum terdaftar, tidak perlu panik, karena selama masih bisa menggunakan layanan seluler, bisa dipastikan ponsel kalian aman.
  5. Jangan gonti-ganti SIM card terlebih dahulu. Ada kemungkinan, ponsel yang sering gonta-ganti SIM card, akan terkena blokir juga.

Database untuk IMEI ini ada dua, yaitu database Kemenperin dan database Kominfo. Database Kemenperin adalah database dari semua ponsel yang sudah dikenai pajak, sedangkan database Kominfo adalah database semua ponsel, termasuk ponsel yang ikut pemutihan. Sehingga, bisa jadi terdapat perbedaan data dimana IMEI tidak terdaftar di Kemenperin namun sudah terdaftar di operator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *