Samsung 990 Evo: SSD NVMe Hybrid PCIe 4.0 dan 5.0 Terbaru

Samsung baru saja memperkenalkan lini produk komponen SSD komputer terbaru berbasis NVMe Hybrid PCIe 4.0 dan 5.0 terbarunya dengan nama Samsung 990 Evo.

SSD terbaru Samsung ini memberikan penawaran menarik dari peningkatan performanya yang sangat signifikan dibandingkan generasi sebelumnya, yaitu Samsung 970 Evo Plus.

Spesifikasi Samsung 990 Evo Terbaru

Samsung 990 Evo mempunyai dua varian kapasitas antara lain, 1 TB dan 2 TB.

Kedua varian kapasitas Samsung SSD 990 Evo ini memberikan penawaran dalam hal kecepatan baca dan tulis data secara berurutan mencapai 5.000 MB/s dan 4.200 MB/s.

Kecepatan dalam hal baca dan tulis data acaknya juga cukup tinggi mencapai 700.000 IOPS dan 800.000 IOPS.

Samsung 990 Evo memakai teknologi bernama V-NAND 3-bit MLC dan controller Elpis.

SSD ini mampu mendukung PCIe 4.0 dan 5.0 sekaligus, sehingga membuat SSD ini dapat kompatibel dengan perangkat PC masa kini.

Kelebihan Samsung 990 Evo Terbaru

Samsung 990 Evo memberikan penawaran menarik untuk menunjang performance PC kesayangan Anda. Beberapa kelebihan dibandingkan SSD NVMe lainnya, antara lain:

Performa dapur pacu sangat tinggi, dengan menghasilkan kecepatan baca dan tulis berurutan hingga 5.000 MB/s dan 4.200 MB/s.

Kompatibilitas yang luas, dengan dukungan PCIe 4.0 dan 5.0 sekaligus sehingga siapa saja yang menggunakan SSD ini tidak perlu khawatir.

Konsumsi daya yang terbilang cukup rendah.

Kekurangan Samsung 990 Evo

Selain dari banyaknya kelebihan yang ditawarkan Samsung. Pada lini SSD Samsung 990 Evo pun mempungai kekurangan – kekurangan, antara lain:

Harganya yang relatif cukup mahal.

Tidak dilengkapi dengan chip memori DRAM, sehingga membuat performanya bisa saja menurun ketika digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan akses ke memori.

Kesimpulan

Samsung 990 Evo adalah SSD NVMe yang sangat kencang dan kompatibel serta kualitas ketahannya sudah tidak perlu diragukan kembali.

SSD ini sangat cocok untuk pengguna yang membutuhkan performa dapur pacy yang sangat tinggi untuk menjalankan berbagai aplikasi, seperti gaming, editing video, dan desain grafis.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *