OPPO Reno6 Wujudkan Sentuhan Videografi Profesional bagi Semua Kalangan

“Content is King!” Siapa yang tak pernah mendengar semboyan tersebut di dunia kreatif. Belakangan ini, trend konten di dunia maya, di berbagai platform media sosial, mengalami pergeseran. Yang tadinya berbasis gambar statis alias foto, kini semuanya bergerak seragam menuju konten video atau gambar bergerak. Hal ini tak lepas dari kepopuleran aplikasi berbagi video TikTok, yang kemudian diikuti oleh Instagram dengan fitur Reels-nya.

Setiap orang seakan-akan berlomba untuk menciptakan konten video yang menarik agak menjadi viral di dunia maya. Konten video yang viral, umumnya tercipta dari spontanitas, sehingga seringkali mengabaikan keindahan visual. Namun konten yang indah, bukan berarti tidak memiliki penonton sama sekali. Bahkan, pencipta konten yang indah, biasanya lebih memiliki pengikut yang setia, agar bisa belajar dari setiap konten yang diunggahnya.

Perkembangan OPPO Reno Series

OPPO Reno series, sejak awal kemunculannya, sudah menunjukkan jatidirinya sebagai ponsel pintar yang ditujukan bagi mereka penggemar fotografi dan hingga saat ini, videografi. Mungkin kita masih ingat ketika untuk pertama kalinya OPPO Reno hadir dengan kemampuan 10x Zoom pada perangkat OPPO Reno 10x Zoom, di mana kemampuan ini masih bisa ditingkatkan hingga 60x digital zoom. Lalu pada OPPO Reno2 series yang untuk pertama kalinya memperkenalkan Ultra Dark Mode dan Portrait Mode 2.0 di sisi fotografi, dan Ultra Steady Video di sisi videografi.

Kehadiran OPPO Reno3 series menyempurnakan Ultra Dark Mode dan memperkenalkan 3cm Macro Photography serta foto beresolusi 108MP yang bisa dicetak di billboard atau bahkan gedung perkantoran. Di seri ini, OPPO juga memperkenalkan aplikasi penyuntingan video Soloop yang membantu konten kreator dalam membuat video yang keren dengan mudah. Selanjutnya adalah OPPO Reno4 yang membawa fitur fotografi spektakuler saat itu, AI Color Portrait yang mampu menonjolkan obyek foto tetap berwarna dengan latar belakang monochrome. Dan di sektor videografi, OPPO Reno4 membawa 960fps AI Slow Motion yang mampu menampilkan video gerak lambat dengan sangat halus.

OPPO Reno5 series memperkenalkan fitur AI Color Portrait Video yang mampu merekam gambar bergerak dengan tetap menjaga warna pada obyek dan membuat latar belakangnya menjadi monochrome. Serta fitur Dual-View Video yang dapat merekam momen pada kamera depan dan belakang secara bersamaan. Boleh dibilang, mungkin ini yang namanya 180° camera. Dan di sini pula untuk pertama kalinya OPPO memperkenalkan Dynamic Bokeh yang membuat obyek seolah diam di lingkungan yang bergerak cepat, serta Night Flare Portrait yang memberikan hasil foto bokeh dengan berkas cahaya layaknya lensa profesional.

Fitur Unggulan OPPO Reno6

Sekarang OPPO Reno6 hadir dengan membawa pembaruan, khususnya di sisi videografi, menawarkan kemampuan yang lebih mutakhir lagi, yaitu Bokeh Flare Video Portrait. Fitur ini menawarkan hasil perekaman video layaknya diambil dengan perangkat dan tenaga profesional, di mana obyek yang diambil akan memiliki latar belakang buram dengan lingkar berkas cahaya sesuai dengan sumber cahaya aslinya.

Bokeh Flare Video Portrait

Bokeh Flare Video Portrait menggunakan algoritma kecerdasan buatan yang akan mengubah sumber cahaya asli pada latar belakang menjadi berkas cahaya bokeh pada berbagai tingkatan, mereplikasi apa yang dihasilkan oleh lensa kamera profesional.

Perbedaan tampilan ketika Bokeh Flare Portrait non-aktif dan aktif.

Instan Preview

Saat sedang membidik obyek pada bidang gambar, proses kecerdasan tiruannya dapat diselesaikan dalam waktu 10 milidetik, sehingga memungkinkan pengguna untuk memperkirakan hasil Bokeh Flare Video Portrait secara real-time. Di sini, apa yang kita bidik, itulah hasil yang akan kita dapatkan kelak.

Contoh video dengan fitur Bokeh Flare Portrait dari OPPO Reno6.

AI Highlight Video

Fitur ini akan secara otomatis meningkatkan kualitas video menjadi lebih jelas dan tajam berdasarkan kondisi pencahayaan. Ada dua skenario yang bisa ditangani oleh AI Highlight Video ini, yaitu :

  • Dalam kondisi rendah cahaya/malam hari, fitur AI Highlight Video akan secara otomatis menggunakan algoritma Ultra Night Video untuk meningkatkan kecerahan dan menaturalisasi warna asli, sehingga tekstur obyek pada video akan terlihat lebih detail, meski berada di area yang gelap.
  • Dalam kondisi backlight/cahaya latar yang sangat kuat, algoritma Live HDR akan aktif, memungkinkan kamera menangkap bidikan dengan lebih jelas, mempertahankan warna dan detail pada area yang gelap, dan menurunkan intensitas cahaya pada area yang terang agar gambar tampil lebih jelas.

Portrait Beautification Video

Fitur Portrait Beautification Video akan memberikan efek beautifikasi yang halus dan alami untuk video potret, dengan menggabungkan pengenalan hingga 193 titik wajah. Fitur ini dapat meniadakan ketidaksempurnaan kulit di wajah namun tetap mempertahankan kealamian, menyesuaikan warna kulit wajah dengan leher dan lengan, dan mencerahkan mata agar terlihat memesona.

Focus Tracking

Fitur yang sangat berguna untuk mengambil gambar dengan obyek yang bergerak cepat dan lincah, seperti anak-anak atau hewan peliharaan. Cocok juga untuk mengabadikan kegiatan outdoor seperti olahraga dan aktivitas kompetisi lainnya. Karena fitur ini akan mengunci obyek yang sedang bergerak dan mengikutinya, sehingga video tetap fokus dan tidak berbayang.

Fitur-fitur videografi pada OPPO Reno6 di atas, dapat membantu video kreator dalam menciptakan konten-kontennya dengan mudah dan indah. Meski OPPO Reno6 membawa pembaruan yang cukup signifikan di sektor video, namun bukan berarti sektor fotografi tidak diutamakan. Beberapa fitur lama mendapatkan penyempurnaan, dan tentu saja, ada fitur baru yang ditambahkan pada OPPO Reno6 ini.

Bokeh Flare Portrait Photo

Fitur ini memberikan efek bokeh dengan berkas cahaya layaknya lensa profesional. Dan kali ini, fitur ini tidak hanya ada untuk foto saja, namun juga video. Fitur ini sangat cocok untuk dipakai ketika hunting foto malam hari, di tengah gemerlapnya lampu kota.

AI Color Portrait Photo

Juga merupakan fitur lama yang dibawa kembali pada seri OPPO Reno6 ini. Fitur ini akan menampilkan obyek foto yang menonjol dengan warna asli, dengan warna latar hitam-putih yang artistik. Fitur yang sempurna untuk kategori street photography.

Flash Snapshot

Flash Snapshot akan mengunci fokus objek secara otomatis dan cepat sejak awal aplikasi kamera dibuka. Fitur ini didukung oleh teknologi Image Clear Engine (ICE) yang akan memastikan foto snapshot cepat selalu jernih dan stabil, bebas dari gambar buram akibat obyek yang bergerak.

AI Palette

AI Palette merupakan kumpulan preset yang dapat digunakan sebagai preferensi ke dalam koleksi foto cukup dengan satu klik saja. AI Palette memberikan tone yang khas pada setiap konten di media sosial.

Ultra-Clear 108MP Image

Untuk kebutuhan tertentu, OPPO Reno6 hadir dengan kamera utama beresolusi ultra-tinggi, dengan algoritma resolusi super yang mampu menghasilkan foto dengan ukuran resolusi hingga 108MP sehingga gambar yang dihasilkan terlihat jelas dan tajam saat diperbesar. Fitur ini sangat sesuai untuk kebutuhan pencetakan gambar berukuran poster atau billboard iklan.

Sebagian besar fitur di atas bisa digunakan baik pada kamera belakang, maupun kamera depan yang memiliki spesifikasi sebagai berikut :

4 kamera utama dengan konfigurasi :

  • 64MP Main Camera F/1.7
  • 8MP 119° Wide Angle Camera F/2.2
  • 2MP Macro Camera (4cm) F/2.4
  • 2MP Mono Camera F/2.4
Kamera utama OPPO Reno6.

Kamera depan bertipe punch hole dengan konfigurasi :

  • 44MP F/2.4

Desain OPPO Reno6

Sebagai ponsel foto/videografi, OPPO Reno6 tetap mempertahankan desain yang tipis dan ringan, agar nyaman digenggam dan mudah dibawa ke mana saja. Bobot yang ringan akan membantu saat sedang mengambil gambar dalam waktu lama sehingga tidak mudah pegal dan lelah.

Perbandingan ketebalan dan bobot OPPO Reno6 dengan seri sebelumnya.

Teknik Warna Reno Glow

Teknik warna ekslusif Reno Glow menciptakan efek kilauan halus sekaligus bebas sidik jari pada bagian cover belakang. Reno Glow telah menjadi fitur ikonik dari seri Reno dan telah memiliki 20 paten untuk pengaplikasian teknik pewarnaan ini. Tersedia dua pilihan warna untuk OPPO Reno6, yaitu :

Aurora – the “Ever-changing” Color

OPPO Reno6 Aurora terinspirasi dari cahaya aurora borealis di kutub utara. Berkat proses Spektrum Berlian baru, warna OPPO Reno6 akan “selalu berubah“. Dengan 5 lapisan Spektrum Berlian pada Reno6, yang 2 lapisan lebih banyak dibanding suksesornya, OPPO Reno6 mampu menghasilkan 1 juta kombinasi warna, perbandingan yang sangat jauh dengan 10.000 warna yang dihasilkan oleh OPPO Reno5.

Stellar Black- the Shiniest Black

Teknik Reno Glow pada OPPO Reno6 Stellar Black menampilkan warna hitam klasik dengan efek visual yang dinamis, berkilau, transparan, dan warna yang dapat berubah, memberikan kesan alam semesta pada perangkatnya.

Layar OPPO Reno6

Layar OPPO Reno6.

OPPO Reno6 memiliki ukuran layar seluas 6.4 Inci AMOLED Display dengan resolusi layar 2400 x 1080 FHD+ serta refresh  rate 90Hz. Dengan rasio layar 20:9 yang lebar, OPPO Reno6 memiliki screen to body ratio mencapai 91,7%. Layar OPPO Reno6 juga memiliki response sentuhan hingga 180Hz, menjadikannya sebagai perangkat gaming yang mumpuni, serta nyaman untuk urusan hiburan berkat sertifikasi Netflix & Amazon Video HD Streaming. Selain itu, layarnya juga aman untuk kesehatan mata jika digunakan dalam jangka waktu lama karena sudah mengantongi sertifikat SGS Eye Care Display.

Fitur pendukung gaming juga tersedia di OPPO Reno6 melalui Quick Startup yang akan mempercepat loading game favorit, serta Game Focus Mode yang akan meminimalisir notifikasi yang sekiranya dapat mengganggu konsentrasi saat sedang bermain.

Snapdragon 720G dan ColorOS 11

OPPO Reno6 didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 720G yang powerful dan efisien. Kombinasinya dengan ColorOS 11 dan baterai berkapasitas 4310Mah serta kemampuan pengisian cepat 50W, menawarkan pengalaman pemakaian yang luar biasa, di mana pengisian hingga 100% dapat dilakukan dalam durasi 45 menit saja, dan pengisian daya selama 5 menit dari kondisi lowbatt mampu memberikan daya untuk pemutaran video hingga 3 jam lamanya. Fitur Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby, akan memaksimalkan kapasitas baterai terakhir terutama dalam kondisi darurat, yang dapat menjaga perangkat tetap hidup sampai menemukan tempat pengisian daya.

Fitur Menarik Lainnya dari OPPO Reno6

OPPO Reno6 juga memiliki fitur menarik lainnya yang akan meningkatkan produktivitas serta memberi kemudahan dalam beraktivitas sehari-hari. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah :

O Relax

O Relax adalah aplikasi bawaan unik yang berisi serangkaian suara yang menenangkan. Pada versi terbarunya, O Relax menampilkan The Sounds of the Cities, White Noise Customization, dan mini game yang dapat membantu meredakan stress.

Artist Wallpaper

Serangkaian wallpaper untuk OPPO Reno6, menggunakan teknik fotografi berkecepatan tinggi untuk menangkap reaksi kimia mikroskopis. Wallpaper ini menggabungkan keindahan teknologi dan seni, menjadikan perangkat OPPO Reno6 tampil unik dan artistik. Artist wallpaper tersedia secara gratis dan dapat diunduh pada OPPO Theme Store.

Free Screenshot

OPPO Reno6 mendukung screenshot berbentuk kotak, persegi bahkan bentuk bebas. Saat memilih area tangkapan layar, cukup ketuk tombol “Terjemahkan” untuk mengaktifkan Google Lens yang nantinya akan membantu menerjemahkan konten di area tersebut ke lebih dari 100 bahasa.

Air Gesture

Fitur ini tergolong canggih, di mana pengguna dapat melakukan scrolling layar pada aplikasi sosial atau aplikasi video populer tanpa menyentuh layar. Fitur Ini juga memungkinkan menjawab panggilan telpon tanpa menyentuh ponsel.

Adaptive Sleep

Kamera depan 44 MP OPPO Reno6 dilengkapi dengan algoritma penginderaan cerdas yang dapat mendeteksi keberadaan pengguna, memastikan layar tidak akan meredup atau mati saat pengguna masih menatap layarnya.

Anti-peeping for Notifications

Algoritma penginderaan cerdas berbasis AI yang secara otomatis akan mendeteksi jika orang lain mengintip ponsel pengguna. Saat diaktifkan, konten pemberitahuan berupa pop-up notification akan disembunyikan untuk mencegah orang lain membaca pesan yang muncul di layar.

Spesifikasi OPPO Reno6

Berikut ini adalah tabel spesifikasi dari perangkat OPPO Reno6 :

WarnaAurora \ Stellar Black
Ukuran159.1mm×73.3mm×7.8mm
ProsesorQualcomm® Snapdragon™ 720G
RAM & Penyimpanan8GB RAM LPDDR4X(dengan fitur RAM Expansion) 128GB ROM UFS 2.1 (dapat diperluas dengan MicroSD)
BeratSekitar 173g
Bahan Cover BelakangOPPO Reno Glow
Jenis & Ukuran Layar6.4″ AMOLED Single Punch Hole90 Hz refresh rate + up to 180 Hz touch sampling rate
Sidik JariSensor sidik jari di dalam layar
Kamera Utama64MP Main Camera F/1.7 + 8MP 119° Wide Angle Camera F/2.2 + 2MP Macro Camera (4cm) F/2.4 + 2MP Mono Camera F2.4
Kamera Depan44MP F/2.4
Baterai & Pengisian Daya4310mAh, 50W Flash Charge
Teknologi PendinginMulti-cooling System
Sistem OperasiColorOS 11.1 berbasis Android 11

Kesimpulan

OPPO Reno6 merupakan perangkat yang cocok bagi mereka yang ingin menjadi konten kreator berbasis foto atau video, karena perangkat ini memberikan berbagai fitur menarik yang dapat menghasilkan foto atau video sekelas profesional dengan cara yang amat mudah, berkat teknologi komputasi berbasis AI yang disematkan di dalamnya. Fitur unggulan Bokeh Flare Portrait Video dan Photo yang bisa digunakan pada kedua kameranya, baik kamera utama di bagian belakang maupun kamera depan, memberikan keleluasaan dalam menciptakan konten-konten menarik dengan efek latar belakang yang menakjubkan, cukup dengan menggunakan perangkat ponsel pintar, OPPO Reno6.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *