OPPO Pamer Ponsel Gulung dan Kacamata AR

Oppo “Inno Day” telah memasuki tahun keduanya, di mana acara ini bertujuan untuk memamerkan produk konsep sekaligus menetapkan visi masa depan. Dan pada tahun ini, yang menjadi sorotan adalah smartphone dengan layar “gulung” yang dapat membesar dan satu set kacamata AR baru.

Oppo X 2021 adalah ponsel konsep hasil dari penelitian dan pengembangan layar fleksibel. Dalam wujud penggunaan smartphone biasa, layar OLED-nya akan memiliki area permukaan 6,7 inci. Akan tetapi layar ini dapat diperluas hingga 7,4 inci yang lebih persegi, seperti tablet, tergantung pada konten atau contoh penggunaan.

Oppo telah mengembangkan power train, pelat struktural, dan laminasi layar sendiri untuk memastikan daya tahan perangkat. Proses perubahannya bisa dilihat pada gambar animasi di atas. Sedangkan tampak belakang perubahan bisa disimak pada gambar berikut ini :

Meski demikian, Oppo bukanlah perusahaan pertama yang menemukan ide ini karena faktor bentuk. TCL pernah memamerkan prototipe serupa awal tahun ini, meskipun model yang dipamerkan tidak berfungsi dan hanya memiliki layar kertas. Oppo adalah produsen smartphone yang jauh lebih berpengalaman dengan akses ke rantai pasokan yang sangat canggih, dan memang menampilkan produk prototipe dengan desain bermotor, bisa jadi ini benar-benar akan berhasil jika diproduksi massal untuk dipasarkan.

Produk konsep baru lainnya yang juga turut diumumkan adalah Oppo AR Glass 2021, produk terbaru perusahaan pada perangkat yang dapat menampilkan augmented reality. Oppo menyatakan bahwa bobotnya hampir 75 persen lebih ringan dari pendahulunya – yang juga merupakan perangkat konsep di Inno Day tahun lalu – dan menggunakan optik tipe birdbath dengan panel OLED 0,71 inci.

Kacamata tersebut termasuk kamera fisheye stereo untuk pengenalan gerakan, sensor waktu penerbangan, dan kamera RGB konvensional. Kacamata ini juga dapat dihubungkan langsung ke Find X2 Pro dengan kabel USB-C untuk memanfaatkan kekuatan pemrosesan yang lebih besar.

Kapan salah satu produk ini akan dirilis secara resmi? Entahlah, namun ide untuk mendemonstrasikan perangkat konsep seperti ini bisa jadi tolok ukur sejauh mana teknologi bisa diimplementasikan. Inno Day tahun lalu menampilkan jam tangan pintar pertama Oppo, yang akhirnya dirilis pada tahun ini, serta teknologi sistem pengisian nirkabel cepat 30W yang dieksekusi oleh Oppo sendiri hanya dalam hitungan bulan. Jadi, ini semua bukan lagi sekadar mimpi dan wacana. Masa depan sudah ada di depan mata!

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *