Tidak Mau Kalah Dari Qualcomm, MediaTek Jadi Chipset Paling Banyak Dipakai di Tahun 2020

Dunia persaingan pasar smartphone di pasar global memang tidak habisnya, Setiap tahunnya beberapa brand smartphone terkenal menciptakan inovasi smartphone terbaru seperti, Realme, Xiaomi, Samsung, Huawei dan masih banyak lagi.

Ternyata taukah kamu? Berita yang dilansir dari GSM Arena mengatakan bahwa di tahun 2020 Chipset MediaTek menjadi salah satu chipset dengan tingkat penggunaan terbesar untuk smartphone keluaran tahun 2020.

Menurut data laporan yang tidak bisa disebutkan brandnya bahwa chipset MediaTek berhasil menjual chipsetnya untuk smartphone OEM sebanyak 351,8 Juta Unit. Mengingat bahwa brand – brand yang menciptakan smartphone OEM atau KW yang mirip dengan smartphone asli dari salah satu brand ternama.

Angka 351,8 Juta merupakan angka tertinggi bila dibandingkan dengan tahun 2019 yang hanya terjual sebanyak 238 Juta ke smartphone OEM. Dari angka setinggi itulah MediaTek mendapatkan keuntungan cukup signifikan.

Menurut data Omdia, Ini adalah pertama kalinya MediaTek mengalahkan pesaing chipset terbesarnya yaitu, Qualcomm dalam urusan manufaktur dan pengapalan chipset buatannya untuk smartphone.

Melalui laporan yang sama menyebutkan bahwa brand Xiaomi menjadi brand smartphone nomor satu yang paling banyak menggunakan chipset MediaTek dengan memiliki setidaknya 63,7 Juta perangkat menggunakan chipset MediaTek di tahun 2020.

Analis Senior dari Omdia juga menyebutkan bahwa peningkatan pesat oleh MediaTek di tahun 2020 ini banyak dipengaruhi dari berbagai segmentasi harga. Karena di tengah pandemi yang membuat orang harus menghemat khususnya dalam memilih smartphone. Maka banyak orang lebih memilih membeli smartphone menengah kebawah dibandingkan membeli. Smartphone menengah atas yang menggunakan smartphone Qualcomm di tahun 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *