Mac Mini Baru Rombak Total Desainnya

Sejauh ini komputer yang paling portabel di jajaran Apple Mac, Mac Mini akhirnya mendapatkan perombakan desain total yang sangat signifikan serta peningkatan performa sebagaimana mestinya, seiring perkembangan teknologi masa kini.

Tiga skema yang diposting oleh akun twitter @LeaksApplePro memberikan bukti untuk serangkaian perubahan, antara lain sasis yang lebih kecil dan lebih tipis secara keseluruhan untuk menampilkan bagian atas kaca yang mirip dengan bagian depan pada iMac 24″ baru yang dirilis tahun ini. Aspek lainnya yang juga akan dibawa dari iMac baru ke Mac mini adalah port pengisian daya magnetik seperti MagSafe dan tujuh pilihan warna – meskipun untuk urusan warna ini masih belum bisa dipastikan.

Skema yang beredar juga menampilkan penyertaan hub port yang diperbarui di bagian belakang yang terdiri dari port HDMI dan Ethernet, empat port Thunderbolt 4, serta dua slot USB-A. Yang mengejutkan, nampaknya jack headphone tidak akan tersedia karena skema yang beredar tidak menunjukkan slot tersebut sama sekali. Jika kalian berencana membuat musik dengan menggunakan Mac Mini, kemungkinan besar diperlukan adaptor eksternal untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Dalam hal kekuatan pemrosesan, belum diketahui apakah mesin ini akan debut dengan chip M1X atau M2, tetapi yang pasti ada peningkatan besar dalam jumlah inti CPU dan GPU. Selain itu, muncul isu peningkatan pada jumlah maksimum RAM, di mana saat ini untuk Mac mini dan semua mesin M1 hanya mendukung hingga 16GB. Rumor menyatakan adanya peningkatan menjadi 32GB atau bahkan 64GB, meski hal ini masih simpang siur.

Yang mengherankan lagi, skema ini tidak menunjukkan adanya pembaca kartu SD apa pun di Mac mini baru, padahal rumor saat ini menyatakan bahwa MacBook Pro 14″ dan 16″ akan memiliki pembaca kartu SD. Aneh, tapi mungkin dianggap tidak penting?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *