Loongson 3A5000 Chipset Prosesor Buatan China ini Diklaim Dapat Bersaing Dengan AMD Ryzen Series

Kembali lagi dunia teknologi digemparkan dengan munculnya prosesor terbaru asal China bernama Loongson 3A5000 yang mana mereka mengklaim bisa bersaing dengan prosesor yang sudah lama berdiri dan sudah terkenal bernama AMD Ryzen series.

Ternyata Loongson ini merupakan salah satu perusahaan atau produsen chipset untuk laptop, industry dan beberapa aplikasi server yang mana produknya sangat laris di Negara asalnya yaitu, China saja.

loongson 3A5000

Berita yang dilansir dari Techspot mengatakan bahwa prosesor buatan China tersebut hadir dengan spesifikasi cukup mumpuni yang mana dapat berjalan pada clock 2,3 hingga 2,5 GHz dengan menggunakan arsitektur GS464V 64-bit Loongson yang memiliki empat ALU (Arithmatic Logic Unit dan disematkan dua vector 256 bit per inti.

Loongson 3A5000 dilengkapi dengan memory controller DDR4-3299 dan mendukung sistem controller HyperTransport 3.0 SMP yang mana memungkinkan chipset terbaru asal China ini dapat berjalan atau beroperasi secara bersamaan dengan sistem berbasis AMD Epyc dan Intel Xeon.

Ternyata Loongson Arsiktur 3A5000 dibuat khusus oleh perusahaannya sendiri untuk meminimalisir duplikasi lisensi dari perusahaan asing yang tidak dikenal. Pemakaian Loongson Arsitektur ini diklaim memiliki peningkatan kecepatan kinerja prosesor lebih cepat 10 sampai 20 persen bahkan bisa lebih bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Bila dibandingkan dengan AMD Ryzen dan Loongson 3A5000 dari segi skor pengujian tidak jauh berbeda atau bahkan setara dengan Intel Core generasi ke – 6. Tidak hanya sampai disitu saja melainkan chipset terbaru asal China ini hadir dengan kemampuan 16 core yang rencananya akan hadir pada akhir tahun 2021 mendatang.

Menurut kamu gimana nih mengenai performa chipset Loongson 3A5000 ada yang udah pernah cobain performanya? BIla ada gimana performanya dengan AMD Ryzen menang mana yaa?

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *