iPhone Flip – iPhone Pertama Dukung Apple Pencil?

Apple dan stylus memiliki kisah masa lalu yang kurang harmonis. Steve Jobs sangat menentang ide stylus ketika pertama kali iPhone diluncurkan, dan bahkan setelah Apple Pencil diperkenalkan pun, iPhone tetap tidak mendukung atau dilengkapi dengan stylus.

Teknologi selalu berkembang, begitu pun keputusan bisnis. Ada desas-desus yang menyatakan bahwa ini akan berubah. Rumor terbaru adalah iPhone Flip, ponsel lipat pertama dari Apple, kemungkinan besaar akan hadir dengan dukungan Apple Pencil.

Meski belum pasti, namun setidaknya menurut firma analis Cina, EqualOcean, iPhone lipat pertama yang akan diluncurkan pada tahun 2023 mendatang, akan memiliki layar 7,3 inci hingga 7,6 inci, dan dukungan stylus sport. Wajar mengingat layar yang seluas itu untuk mendukung penggunaan stylus untuk meningkatkan produktivitas.

Poin utama yang perlu diperhatikan adalah bahwa EqualOcean mengklaim iPhone Flip akan menjadi perangkat tablet hybrid. Diduga, iPhone Flip akan mirip seperti Samsung Galaxy Z Fold 2, dengan layar ponsel eksterior lebih kecil yang terbuka untuk memperlihatkan desain ala tablet yang lebih besar.

Namun hal tersebut bertentangan dengan laporan terbaru dari Jon Prosser yang mengklaim bahwa Apple telah memantapkan desain seperti kulit kerang yang digunakan oleh Samsung Galaxy Z Flip. Meskipun demikian, Prosser menambahkan bahwa ini semua masih terlalu dini untuk iPhone Flip, dan banyak hal masih dapat berubah.

iPhone Flip dengan desain tablet lipat bisa mendapatkan keuntungan dari dukungan stylus. Lagi pula, setiap model iPad sekarang mendukung beberapa bentuk Apple Pencil, dan masuk akal untuk menambahkannya ke produk baru yang berdekatan dengan iPad dan iPhone Flip dengan layar lipat yang besar bisa jadi salah satunya.

Satu-satunya pertanyaan adalah apakah ponsel akan kompatibel dengan salah satu dari dua Apple Pencil yang sudah tersedia. Atau jika Apple akan mengembangkan sesuatu yang lebih spesifik. Mungkin stylus yang dapat disimpan di dalam iPhone Flip, seperti S Pen yang ada di dalam Samsung Galaxy Note 20 Ultra .

Masih belum sepenuhnya jelas kapan kita bisa melihat iPhone Flip, apakah ponsel akan benar-benar hadir pada tahun 2022 atau tidak. Semua ini masih dalam pengembangan awal, jadi jangan terlalu berharap untuk bisa melihatnya di tahun ini.

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *