iPad Air & iPad Gen-8 Warna-Warni, Kapan Masuk Sini?

Menjelang musim holiday shopping, Apple pun mulai mempersiapkan perangkat barunya, antara lain iPad entry-level terbaru dan iPad Air, yang diungkap oleh sang raksasa teknologi, pada acara peluncuran Selasa lalu.

“iPad Air terbaru besutan raksasa teknologi ini meliputi desain layar penuh, prosesor terbaru, dan tombol Touch ID di bagian atas.”

Perangkat iPad Air terbaru akan memiliki ukuran layar yang lebih besar, yaitu 10,9 inci dari 10,5. Peningkatan pada ukuran layar tersebut dimungkinkan dengan menghapus tombol Home di bagian depan perangkat. Sekarang, Touch ID untuk membuka kunci layar akan tersedia di tombol atas sebagai gantinya. Perangkat ini juga beralih ke koneksi USB-C daripada sebelumnya yang menggunakan port Lightning milik Apple, langkah yang telah dilakukan Apple dengan lini iPad Pro dan laptopnya. Prosesor ditingkatkan dari chip A12 Bionic ke chip A14 Bionic yang lebih baru. Apple menyatakan bahwa prosesor baru tersebut cukup kuat untuk menangani tugas-tugas seperti mengedit video 4K dan memainkan game dengan grafis yang intensif.

Lini iPad Air akan hadir dalam lima warna: silver, space grey, rose gold, green dan sky blue, dan akan tersedia mulai dari $ 599 (£ 579, AU $ 899) dan mulai dijual bulan depan (di luar negeri).

Sedangkan iPad entry-level generasi ke-delapan yang baru, yang merupakan tablet Apple paling populer, akan dijual dengan harga mulai dari $ 329 (£ 329, AU $ 499) dan $ 299 untuk pelanggan pendidikan. Perangkat berukuran 10,2 inci ini, masih sama dengan ukuran layar dan desain perangkat keras sebelumnya, akan tersedia mulai Jumat, dengan mendapatkan chip A12 Bionic, upgrade dari chip A10 Fusion berusia 4 tahun yang digunakan pada model sebelumnya.

Kedua tablet terbaru ini diperkenalkan setelah Apple melakukan penyegaran terhadap iPad Pro pada bulan Maret. Selain itu, dalam rangka ulang tahun ke 10 peluncuran iPad, Apple juga mengungkapkan angka penjualan lebih dari 500 juta perangkat.

Meskipun iPad tidak sepopuler atau seuntung iPhone, iPad telah menjadi bagian penting dari jajaran produk Apple selama pandemi virus corona, dengan banyaknya pelanggan yang meng-upgrade perangkat mereka agar bisa digunakan untuk bekerja dari rumah dan pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan peningkatan permintaan tersebut, pasar tablet membukukan keuntungan besar pada kuartal kedua tahun ini, setelah dua kuartal sebelumnya mengalami penurunan. Pasar PC juga mengalami peningkatan serupa, bahkan di tengah perlambatan ekonomi global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *