Ini Dia Bocoran Empat Fitur Kamera Utama iPhone 13

Menurut laporan yang bisa diyakini kebenarannya dari wartawan Bloomberg, Mark Gurman, Apple berencana untuk memperkenalkan fitur kamera baru yang disebut “Video Sinematik” di “iPhone 13”. Video Sinematik akan secara efektif menghadirkan Mode Potret ke video, memungkinkan pengguna merekam rekaman dengan kedalaman bidang dan efek bokeh tambahan di belakang subjek, dan bahkan mengubah intensitas efek setelah perekaman.

Apple pertama kali menambahkan mode Potret ke iPhone 7 Plus pada tahun 2016, dan dengan cepat menjadi favorit penggemar. Fitur ini dapat menempatkan seseorang dalam fokus yang tajam sambil memburamkan latar belakang dalam apa yang dikenal sebagai efek bokeh. Untuk iPhone baru, Apple berencana untuk menambahkan teknik yang sama ke video dengan fitur yang disebut Video Sinematik secara internal. Seperti halnya foto diam, sensor kedalaman iPhone akan menciptakan efek dan memungkinkan pengguna untuk mengubah jumlah keburaman setelah merekam.

‘iPhone 13’ juga akan menawarkan fitur filter foto baru, yang merupakan versi yang lebih canggih dari fitur foto yang ada yang tersedia saat ini, menurut Gurman. Alih-alih menerapkan filter statis ke seluruh foto, iPhone mendatang akan secara tepat menerapkan “perubahan pada objek dan orang di seluruh foto menggunakan kecerdasan buatan.”

Fitur lain akan memungkinkan pengguna mengontrol tampilan warna dan highlight pada gambar mereka dengan lebih baik. Pengguna akan dapat memilih dari beberapa gaya untuk diterapkan pada foto mereka, termasuk satu untuk menampilkan warna pada suhu yang lebih hangat atau lebih dingin sambil menjaga warna putih tetap netral. Pilihan lain akan menambahkan tampilan yang lebih dramatis dengan bayangan yang lebih dalam dan lebih kontras, dan Apple merencanakan gaya yang lebih seimbang untuk menampilkan bayangan dan warna yang nyata dengan tampilan yang lebih cerah.

Fitur ini akan berbeda dari filter standar, yang tersedia di aplikasi Kamera iPhone sejak 2013, dengan menerapkan perubahan secara tepat pada objek dan orang di seluruh foto menggunakan kecerdasan buatan, daripada menerapkan satu filter di seluruh gambar.

Terakhir, Gurman mengklaim bahwa model iPhone 13‌ Pro dan iPhone 13‌ Pro Max akan menampilkan kemampuan untuk merekam video ProRes, format video dengan kualitas yang jauh lebih tinggi. Mirip dengan bagaimana format ProRaw untuk foto eksklusif untuk model iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max , Gurman mengatakan bahwa ProRes mungkin juga eksklusif untuk iPhone 13‌ Pro dan iPhone 13‌ Pro Max.

Fitur perekaman video ProRes baru akan memungkinkan pengguna iPhone menangkap klip dalam format berkualitas lebih tinggi yang memberi editor lebih banyak kontrol selama pascaproduksi.

Format ini digunakan oleh editor video profesional di industri film dan biasanya tidak ditujukan untuk pasar massal sebagian karena ukuran filenya yang besar. ProRes akan merekam dalam resolusi HD dan 4K pada iPhone berikutnya.

Fitur ProRes akan mengikuti penambahan ProRAW tahun lalu, format file foto berkualitas lebih tinggi yang memberikan kontrol lebih kepada editor profesional. Seperti halnya ProRAW, perekaman video ProRes mungkin eksklusif untuk model Pro yang lebih mahal.

Selain tiga fitur perangkat lunak kamera baru ini, Max Weinbach juga memprediksi bahwa “iPhone 13” mungkin menawarkan fitur astrofotografi baru untuk mengambil gambar langit malam yang lebih baik. Mode tersebut tampaknya akan memungkinkan iPhone untuk mendeteksi objek yang berbeda seperti bulan dan bintang, dan menyesuaikan pengaturan seperti eksposur yang sesuai.

Tidak ada perubahan desain secara besar-besaran untuk iPhone baru Apple tahun ini, namun dipastikan sejumlah peningkatan kamera, perekaman video ProRes, layar ProMotion 120Hz, takik yang lebih kecil, prosesor A-series yang lebih cepat dan chip 5G baru dari Qualcomm akan hadir pada perangkat ini.

Perangkat baru ini diyakini akan diperkenalkan hanya dalam tempo beberapa minggu lagi, dengan sebagian besar petunjuk mengarah pada tanggal acara 14 September .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *