Google Cabut dari Huawei, Gimana Kelanjutan Nasib Huawei Tanpa Google?

Pasca keputusan presiden Donald Trump untuk melarang Huawei membeli segala komponen dari perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah setempat, Huawei berpotensi kehilangan lisensi sistem Android yang selama ini ada di ponselnya.

p30 pro

Waduh, ponsel Android tanpa dukungan Google? Bagaimana jadinya?

Baca juga : ASUS Zenfone 6 Resmi Meluncur di Valencia

Tentu saja ini merupakan sebuah pukulan telak bagi Huawei yang masih menggunakan sistem Android di semua lini ponselnya.

Ponsel Huawei yang sudah dibeli sekarang masih tetap bisa digunakan kok, Huawei juga masih bisa menggunakan Android melalui lisensi AOSP (Android Open Source Project) yang memang terbuka bagi siapapun.

Hanya saja Huawei akan kehilangan dukungan teknis, termasuk update terbaru Android, layanan Google seperti Google Play Store, Google Maps, Gmail, YouTube, dan sebagainya.

“Huawei hanya akan dapat menggunakan sistem operasi Android versi publik, dan tidak akan mendapatkan akses ke aplikasi dan layanan eksklusif dari Google,” jelas perwakilan Google

Ketentuan ini berlaku pada smartphone Android besutan Huawei berikutnya. Ponsel ponsel Huawei yang sudah beredar sekarang ini masih bisa menggunakan layanan Google tersebut.

Hal ini berdampak pula pada program Huawei yang menyatakan akan mengikutkan perangkat perangkatnya dalam proyek Android Q Beta.

Huawei juga kemungkinan batal memproduksi smartwatch yang dijalankan menggunakan Wear OS milik Google. Pun berlanjut Huawei akan menggunakan OS lain sebagai gantinya.

Huawei juga sepertinya sudah mengantisipasi hal ini, CEO Huawei, Richard Yu Chengdong berujar  bahwa Huawei juga sudah menyiapkan OS sendiri untuk komputer dan smartphonenya sejak 2012 lalu.


The following two tabs change content below.

Mikhail Surjadi

Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *