Foto Produk Tetap Oke Meski Cuma Pakai Hape

Bisnis online cuma modal smartphone kini semakin lumrah. Selain untuk chatting via WhatsApp dari pelanggan, para pemilik bisnis daring juga bisa memanfaatkan kemampuan kamera smartphone masa kini untuk memotret produk.

Pentingnya peran foto saat ini khususnya pelaku usaha Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah dapat memberikan informasi secara visual mengenai produk yang mereka tawarkan melalui promosi di media sosial. Seperti disampaikan oleh Meyani Kristina Ningrum, seorang pengajar Basic Food & Product Photography yang biasa menggelar workshop luring dan daring untuk UMKM, instansi dan komunitas, promosi produk melalui media sosial akan memperluas jangkauan pasar sekaligus menghemat waktu.

Menurut Meyani, kebanyakan para pelaku UKM belum begitu menyadari pentingnya foto yang berkualitas untuk mendongkrak produk yang mereka jual. Para pelaku juga seringkali merasa minder karena tidak bisa memotret atau tidak memiliki bakat fotografi, bahkan alasan paling utama adalah tidak memiliki kamera profesional. Padahal di era digital saat ini, perangkat memotret tidak harus menggunakan kamera canggih dan mahal semacam mirrorless atau DSLR (Digital Single Lens Reflex) yang harganya jutaan rupiah.

Kehadiran perangkat smartphone terbaru saat ini rata-rata telah dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi tinggi, yang mumpuni unntuk memotret produk atau subjek orang. Sebagai contoh OPPO A16, yang memiliki tiga kamera belakang vertikal segaris dari atas meliputi Kamera Utama 13MP, Kamera Bokeh 2MP, dan Kamera Makro 2MP. Sementara di bagian depan OPPO A16 juga terdapat kamera selfie 8MP yang bisa untuk mengabadikan objek dengan hasil jernih dan tajam.

Dengan menggabungkan kemampuan kamera OPPO A16 dan konsep tematik, para pelaku UKM dapat berkreasi untuk membuat foto-foto produk nan apik dan unik. Meyani menyebut bahwa mengoptimalkan kamera smartphone berikut fitur fotografi, bisa menghasilkan foto yang cantik dan menarik, yang berguna untuk kebutuhan promosi para pelaku UKM. Semisal untuk memotret produk, Meyani hanya mengandalkan kamera dan fitur-fitur foto di OPPO A16 seperti AI Beautification, Dazzling Mode, dan Filter Bokeh. Selebihnya, dia hanya membutuhkan aplikasi seperti Lightroom Mobile, Picsart, atau Canva guna mengolah foto agar ketika bisa dipasang di media sosial terlihat lebih artistik.

Para pelaku UKM juga tidak perlu menyediakan budget besar guna memiliki perangkat fotografi yang fungsional. Para pelaku UKM bisa menggunakan smartphone OPPO A16 tak hanya untuk memotret produk, namun bisa untuk memasarkan produk melalui e-commerce. Lebih dari itu, ponsel cerdas berlayar 6,52″ ini juga nyaman untuk mempromosikan produk melalui media sosial, atau sebagai perangkat administrator untuk membalas pesanan dari konsumen. Foto produk oke cuma pakai hape? Bisa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *