Fossil Umumkan Smartwatch Baru di 2021, Tanpa Wear OS 3 hingga 2022

Fossil telah mengumumkan jajaran smartwatch musim gugur 2021 yang menggunakan Wear OS, yang disebut sebagai Layar Sentuh Gen 6 (Gen 6 Touchscreen). Seperti halnya jam tangan Fossil Gen 5, Gen 6 akan hadir dalam beberapa gaya dan ukuran yang berbeda dan juga akan ada versi yang dijual dengan merek Michael Kors. Harganya diperkirakan mulai dari $299 dan segera dapat dipesan dalam waktu dekat. Namun tampaknya, Fossil tidak akan menawarkan opsi LTE.

Sayangnya, jam tangan ini masih menggunakan perangkat lunak Wear OS 2 dan bukan Wear OS 3 baru yang berjalan pada Samsung Galaxy Watch terbaru. Fossil juga mengatakan bahwa peningkatan ke Wear OS 3 untuk jam tangan Gen 6 akan tersedia pada tahun 2022, meskipun belum jelas kapan tepatnya. Google telah mengatakan bahwa jam tangan Wear OS 2 tidak akan memiliki pembaruan hingga “akhir 2022” dan kelak pembaruan tersebut akan memerlukan hard reset.

Meskipun jam tangan Fossil Gen 6 tidak akan memiliki perangkat lunak paling mutakhir, namun produsen masih terus berupaya mengemas lebih banyak teknologi daripada sebelumnya. Fossil menambahkan sensor SpO2 dan mengklaim memiliki “sensor detak jantung” dengan “akurasi sinyal” yang sudah mengalami peningkatan sehingga jadi lebih baik lagi daripada sebelumnya.

MODEL GEN 6 AKAN HADIR DALAM UKURAN 42MM ATAU 44MM

Fossil mengatakan bahwa Gen 6 akan menjadi jam tangan pertama yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon Wear 4100+. Bagian “+” dari 4100 itu seharusnya sama dengan kecepatan yang lebih cepat, “konsumsi daya yang lebih efisien,” dan juga pengisian yang lebih cepat. Ketiganya secara historis cukup buruk pada perangkat Wear OS, khususnya dua hal yang disebutkan di depan tadi. Bahkan jam tangan Gen 5 milik Fossil dari tahun 2019 (yang menggunakan Snapdragon 3100) memiliki preferensi baterai yang membingungkan untuk bagi penggunanya hanya untuk sekadar melewati hari secara normal.

Satu keuntungan kecil yang mungkin dimiliki Fossil dibandingkan Galaxy Watch baru Samsung adalah Gen 6 akan menggunakan Google Assistant dan Google Pay, bukan Samsung Bixby dan Samsung Pay. Namun, untuk pengguna Samsung, Galaxy Watch 4 pastinya jauh lebih cocok.

Tidak banyak produsen Wear OS yang kompetitif, jadi bagi pengguna Android yang mencari jam tangan berfitur lengkap, pilihannya sangatlah sedikit. Selain opsi Samsung, tidak ada brand lain selain lini Fossil dan TicWatch dari Mobvoi, karena hampir semua pabrikan lain telah menyerah atau mengembangkan perangkat lunak internal yang ringan.

Keuntungan akan diperoleh Fossil, jika jam tangan Fossil Gen 6 setidaknya dapat naik ke tingkat kecepatan dan masa pakai baterai yang lebih pantas. Bisa jadi, jam tangan ini mungkin menjadi pilihan yang layak bagi pengguna Android. Google juga mendukung beberapa aplikasi Wear OS yang ditingkatkan ke platform saat ini, dan ini bisa sangat membantu.

Meskipun berita Fossil hari ini berfokus pada peningkatan spesifikasi, kecepatan dan umpan tidak pernah menjadi nilai jual utama untuk jam tangan pintarnya. Sebaliknya, itu terutama bertujuan untuk membuat sesuatu yang orang akan senang memakainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *