Fitur Anti Pencurian Data di OPPO Reno4

Smartphone sudah menjadi alat bantu pekerjaan, peranti hiburan, alat rekam, hingga asisten pribadi. Bahkan saat ini smartphone juga bisa berfungsi sebagai dompet digital. Saat smartphone menjadi alat transaksi digital maka sistem keamanannya juga mesti ekstra ketat. Ini penting untuk mencegah pencurian data dan informasi rahasia milik penggunanya.

Data pribadi yang ada di smartphone berpotensi untuk dicuri secara digital melalui beragam teknik serangan siber (cyber attack) seperti phising, malware, atau aplikasi jahat atau justru dengan teknik konvensional seperti smartphone spying atau mengintip layar. Berbagai informasi seperti data pribadi, uang di dalam aplikasi, atau daftar kontak dapat dengan mudah disebarkan atau disalahgunakan oleh penjahat siber.

Untuk privasi yang lebih baik, OPPO memperkenalkan teknologi Smart Spying Prevention yang ada di OPPO Reno4. Teknologi ini akan menyembunyikan isi notifikasi saat ada orang lain memandang layar smartphone yang sedang dibuka oleh pengguna. Untuk mengaktifkan fitur Smart Spying Prevention ini, pemilik smartphone perlu mendaftarkan wajahnya terlebih dahulu agar kamera smartphone mengenalinya sebagai pemilik ponsel yang sah. Setelah fitur tersebut aktif, pengguna tidak perlu merasa khawatir terhadap kemungkinan isi dari notifikasi aplikasi pada ponsel cerdas bisa diintip oleh orang lain ketika berada di dalam transportasi publik.

Ketika sedang meng-install aplikasi baru, kadang kala ada beberapa aplikasi yang membutuhkan persetujuan untuk mengakses hal-hal sensitif pada smartphone seperti kontak, kamera untuk mengambil foto, dan lokasi. Bahkan beberapa aplikasi memerlukan akses ke data pribadi lebih banyak lagi yang seringkali diabaikan oleh pengguna dengan sukarela memberikan akses izin untuk bisa mengambil data pribadi mereka.

Dengan OPPO Reno4, kalian tidak perlu khawatir, karena fitur Personal Information Protection akan secara otomatis menentukan beberapa aplikasi berbahaya yang mencoba membaca informasi pribadi dan memberikan informasi berupa data kosong untuk menghindari kebocoran data. Untuk mengaktifkan fitur ini, caranya adalah dengan menuju opsi [Settings] > [Privacy] > [Personal Information Protection] > alihkan ke [Smart Protection]. Ketika sudah aktif, sistem secara otomatis akan melindungi Riwayat Panggilan, Kontak, Pesan, serta Kegiatan pengguna.

Terkait pembayaran digital yang kian umum, OPPO juga memberikan opsi perlindungan data berupa Payment Protection. Fitur ini akan melakukan pemindaian otomatis terhadap aplikasi pembayaran dan melindunginya dari ancaman pembobolan data. Masih terkait dengan pembayaran digital, OPPO juga menyediakan fitur Secure Keyboard. Pada fitur ini, perangkat akan secara otomatis akan mengganti keyboard bawaan ke OPPO Secure keyboard ketika pengguna perlu memasukkan informasi sensitif. OPPO Secure keyboard tidak akan merekam informasi yang dimasukkan oleh pengguna seperti password, terkoneksi ke jaringan internet atau fitur autocomplete.

Saat ini, hampir setiap saat kita terhubung dengan smartphone sehingga perlu kesadaran untuk selalu memproteksinya dari berbagai potensi buruk seperti pencurian data pribadi. Semakin banyak aplikasi baru pada perangkat smartphone, maka semakin banyak pula informasi pribadi yang diberikan melalui aplikasi tersebut. Untuk itulah kalian memerlukan perangkat smartphone yang dapat melindungi data dan privasi sepanjang waktu.

The following two tabs change content below.

Maseko

Latest posts by Maseko (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *