Catat! Dua model iPhone 13 Pro akan menggunakan layar Samsung LTPO OLED 120 Hz

Samsung akan menjadi pemasok eksklusif layar LTPO OLED untuk generasi iPhone 13 mendatang. Panel tersebut akan digunakan pada dua model Pro dan akan berjalan pada 120 Hz. Panel LTPO lebih hemat daya daripada panel LTPS. Keuntungan utamanya adalah kecepatan refresh adaptif tanpa perangkat keras tambahan. Duo iPhone 13 vanilla akan terus menggunakan panel LTPS yang lebih lama, yang mungkin berarti mereka akan tetap menggunakan 60Hz untuk satu tahun lagi.

Semuanya akan berubah pada tahun 2022, karena Apple dilaporkan berencana hanya menggunakan LTPO OLED untuk keempat model iPhone 14. Pada saat itu, Apple harus dapat menggunakan LG Display sebagai sumber panel kedua untuk mengurangi ketergantungannya pada Samsung Display.

Namun hanya Samsung yang memiliki kapasitas cukup untuk memenuhi kuota Apple tahun ini. Mereka berencana untuk memproduksi 60.000 lembar per bulan di jalur A3 di Asan. Sebagai perbandingan, lini LG E6 di Paju hanya dapat mengeluarkan 5.000 lembar per bulan, meskipun berencana untuk meningkatkannya menjadi 25.000 lembar sebelum akhir tahun ini.

Panel LTPO membutuhkan waktu lebih lama untuk diproduksi karena teknologinya memerlukan penambahan lapisan oksida (O dalam namanya). Hal ini menjadikan panel ini lebih sulit untuk diproduksi dan juga lebih mahal.

Penghematan daya sebesar 5-15% terhitung sepadan. Meskipun tidak pernah dikonfirmasi secara resmi, Apple ingin menyertakan 5G dan 120 Hz di generasi iPhone 12 tetapi anggarannya terbatas. LTPO memungkinkan layar bekerja pada 120 Hz tanpa memboroskan baterai.

LTPO dikembangkan oleh Apple dan pertama kali digunakan pada Watch Series 4 (yang dapat menekan layar hingga 1 Hz untuk menghemat baterai). Samsung Galaxy Note20 Ultra menjadi ponsel pertama yang menggunakan panel LTPO dan rumor mengatakan bahwa seri S21 yang akan datang akan menggunakan teknologi tersebut juga. Ajib! Teknologi layar begini amat ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *