Cara Mudah Membuat Video Cinematic dengan Adobe Premier PRO

Software editing video seperti Adobe Premiere Pro mungkin sudah tak asing bagi orang-orang yang bekerja dalam bidang editing. Aplikasi ini memang lebih banyak digunakan karena memiliki banyak fitur yang menguntungkan.

Cara Membuat Video Cinematic dengan Menggunakan Adobe Premiere Pro
Salah satu keuntungan yang bisa Kamu dapatkan ketika menggunakan aplikasi ini adalah, Kamu bisa mengedit video cinematic. Maksudnya, Kamu bisa membuat atau mengedit video dengan sinematografi dan tampilan yang menakjubkan seperti film.

Untuk itu, berikut ini adalah cara membuat video cinematic di Adobe Premiere Pro yang bisa Kamu ikuti untuk bisa menghasilkan hasil video seperti film. Sebelumnya, siapkan dulu video yang akan diedit beserta software Adobe Premiere.

cara membuat video cinematic dengan Adobe Premier pro

1. Buka Adobe Premiere dan Buat Project

Langkah pertama tentu saja Kamu harus membuka software Adobe Premiere, lalu pilih menu File dan pilih lagi ‘Project’. Setelah itu, beri nama project editing yang Kamu buat, lalu klik OK.

2. Import Video yang Akan Diedit

Selanjutnya, import video yang akan Kamu edit. Caranya klik menu ‘File’ lalu pilih ‘Import’. Atau, bisa juga dengan cara tekan ctrl+i secara bersamaan.

3. Drag Video ke Bagian Bawah Tampilan Utama

Jika sudah, drag video yang akan diedit tadi ke bagian bawah jendela editing utama. Setelah itu, di bagian layar yang kosong, klik kanan, lalu pilih ‘New Item’ kemudian pilih menu ‘Adjusment Layer‘.

4. Drag Lagi ke Bawah

Selanjutnya, drag adjusment video ke tempat yang sama seperti sebelumnya.

5. Beri Efek

Jika sudah, selanjutnya beri efek dengan memilih menu ‘Windows’ lalu pilih ‘Effect’. Disana Kamu akan menemukan berbagai pilihan efek. Dengan fitur search, temukan efek Lumetri Color. Setelah itu drag ke bagian Adjusment Layer.

6. Kembali ke Editing

Selanjutnya kembali ke menu ‘Editing’, di bagian kiri Kamu akan menemukan berbagai menu. Pilih menu ‘Basic Correction’ kemudian pilih pada opsi ‘Input LUT’ klik pada tanda panah ke bawah. Setelah itu pilih grading yang sesuai dengan keinginanmu. Kalau belum tahu tentang grading, Kamu bisa mencari tahu dulu macam-macam grading dan temukan yang kira-kira cocok untuk cinematicmu.

7. Tambahkan Judul

Setelah proses editing selesai, selanjutnya tambahkan judul dengan cara klik menu ‘File’ kemudian pilih ‘New’, setelah itu diakhiri dengan memilih ‘Title’. Atau, untuk lebih mudah, tekan saja ctrl+T. Langkah berikutnya, buat bentuk persegi panjang beserta Tittle atau judul video di video yang Kamu edit tadi.

8. Drag Title ke Column Video

Jika sudah membuat tittle, drag ke column video lalu klik 1 kali di adjustment layernya. Setelah itu pilih faded film sesuai kebutuhanmu dengan cara pilih menu ‘Editing’ lalu cari Curves. Di opsi Curves ini, klik tanda panah ke bawahnya, dan pilih faded filmya. Dengan begitu, cara membuat video cinematic di Adobe Premiere Pro pun selesai.

Nah, itulah tadi penjelasan dan langkah lengkap membuat video cinematic melalui software Adobe Premiere Pro. Semoga penjelasan ini bisa membantumu mengedit video seperti film.

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *