Begini Sistem AI Highlight Video pada OPPO Reno5 Pro 5G

Oppo telah memajukan kemampuan kamera ponsel selama bertahun-tahun , menghadirkan ponsel dengan kamera keren seperti Oppo Find 7 dan generasi yang lebih baru seperti Reno 10x zoom dan Find X2 Pro. Sebentar lagi, OPPO sedang bersiap untuk meluncurkan Oppo Reno5 Pro 5G di India pada 18 Januari. Dan ini adalah rahasia di balik kamera ponsel OPPO Reno5 Pro 5G nantinya.

Kamera OPPO Reno5 Pro 5G didukung oleh sistem Full Dimension Fusion Portrait Video, di mana salah satu bagiannya adalah AI Highlight Video. Fitur ini menggunakan AI untuk memeriksa kondisi pencahayaan tempat kejadian dan menerapkan algoritma yang sesuai – Ultra Night Video atau Live HDR.

Sistemmatika AI Highlight Video menggunakan algoritme adaptif untuk meningkatkan kecerahan dan rentang dinamis gambar sekaligus mengurangi noise. Metode ini digunakan baik untuk bidikan malam hari dan juga kondisi siang hari yang menantang.

Adaptive Noise Reduction pada dasarnya menggabungkan beberapa frame dengan pengurangan noise temporal, dengan memanfaatkan frame sebelumnya (yang telah disesuaikan untuk mengimbangi pergerakan kamera). Ini memungkinkan sistem untuk mengurangi ghosting yang disebabkan karena gerakan cepat.

Pemrosesan secara menyeluruh membutuhkan waktu 20 milidetik saja. Dibandingkan dengan sistem pemrosesan gambar sebelumnya, AI Highlight Video menggunakan daya 40% lebih sedikit namun meningkatkan kecerahan dan kejernihan gambar.

Oppo Reno5 Pro 5G akan menjadi ponsel pertama di India yang ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 1000+. Chipset inilah yang akan menjalankan algoritme pemrosesan AI Highlight Video.

Ponsel (yang sudah diluncurkan di China dan juga menuju pasar global) ini juga dilengkapi dengan kamera utama 64 MP ditambah kamera ultra lebar 8 MP di bagian belakang bersama dengan kamera 32 MP di bagian depan. OPPO Reno5 Pro 5G memiliki layar OLED 6,55 inci dengan refresh-rate 90 Hz dan baterai 4.350 mAh dengan pengisian cepat 65W.

Catatan lain, aplikasi Soloop Oppo, yang memanfaatkan teknologi AI untuk mengotomatiskan bagian sulit dari pengeditan video, sekarang digunakan oleh lebih dari 40 juta pengguna, yang juga telah membagikan lebih dari 60 juta video selama satu setengah tahun sejak debutnya. Luar biasa kisanak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *