Begini Cara Dengerin Audio HiRes di iPhone!

IPhone sebetulnya menawarkan banyak hal kepada pada penggemar musik, khususnya ketika dipasangkan dengan perangkat AirPods atau AirPods Pro. Namun sayang seribu sayang, Iphone tidak secara native mendukung Hi-Res Audio, termasuk iPhone 12 terbaru sekalipun tidak dapat memutar musik Resolusi Tinggi tanpa harus melakukan usaha tambahan.

Di sini nampak keunggulan ponsel Android yang sudah banyak mendukung fitur audio HiRes ini, tetapi bukan berarti pemilik iPhone kurang beruntung. Dengan membeli beberapa perangkat keras tambahan, termasuk jenis headphone yang tepat, kita juga bisa mendengarkan lagu-lagu lossless dengan segala kemegahannya. Begini cara-caranya!

Apa itu HiRes Audio?

Hi-Res Audio adalah audio yang direkam dengan bit rate “berkualitas CD” dengan frekuensi sampling 16-bit / 44.1 kHz, hingga 24-bit / 96 kHz sebagai kombinasi Hi-Res yang umum. Apa artinya ini? Pada dasarnya, ini merupakan musik yang mengalami hanya sedikit kompresi daripada format “lossy“, menghasilkan file audio yang jauh lebih besar tetapi memungkinkan kualitas yang lebih tinggi dan detail sonik yang lebih halus.

Musik “lossless” ini harus memiliki jenis file khusus, biasanya FLAC, yang memberikan masalah utama bagi iPhone: aplikasi musik default mereka tidak dapat memutar file FLAC secara native, sedangkan format MP3, AAC dan WAV bisa diputar dengan baik. FLAC? Harus ada usaha dan pengorbanan yang mesti dilakukan, seperti perjuangan untukk mendapatkan simpati dan perhatian darinya.

Mengapa iPhone tidak bisa memutar HiRes Audio?

Banyak sekali masalah yang bikin kita males untuk bisa menikmati musik Hi-Res di iPhone. Meskipun sebetulnya, solusinya cukup mudah. Masalah pertama, perangkat lunak Apple Music dan iTunes tidak mendukung file FLAC. Gampang! Cukup gunakan layanan streaming yang mendukung Audio Resolusi Tinggi, seperti Deezer atau Tidal.

Masalah kedua datang dari headphone Bluetooth, karena iPhone tidak mendukung codec Bluetooth aptX-HD; jadi audio yang dihasilkan hanya mentok di “near-lossless“. Memang sedikit lebih baik daripada codec AAC yang umum dipakai iPhone. Namun demikian, itu semua bukanlah Audio Resolusi Tinggi yang sebenarnya.

Mencoba menggunakan sepasang headphone berkabel dengan adaptor 3.5mm-to-Lightning juga bukan solusi sempurna karena ternyata frekuensi sampel dibatasi hanya sampai 48 kHz. Sekali lagi, ini bukan Audio Resolusi Tinggi.

Cara memutar musik Hi-Res di iPhone

Langkah pertama untuk bisa memainkan musik Hi-Res di iPhone, serta menghubungkan headphone agar dapat mendengarkan musik Hi-Res pada bit rate penuh dan frekuensi sampel adalah dengan membeli sepasang headphone dengan konektor Lightning, meskipun beberapa di antaranya juga ada yang membatasi sample rate, dan pada akhirnya tidak memuaskan kaum kuping emas. Jauh lebih aman, dan sedikit lebih rumit, menggunakan DAC (Digital to Analog Converter) sebagai solusinya.

Meski ini juga bukan merupakan solusi yang sempurna karena DAC yang sangat portabel seperti AudioQuest DragonFly Red atau Cyrus soundKey tetap memerlukan adaptor USB-to-Lightning untuk bisa terhubung ke iPhone. Printilan yang harus dibawa-bawa untuk bisa menikmati Audio HiRes jadi lebih banyak, selain tentu saja sepasang headphone berkabel. Namun, setelah semuanya terhubung, DAC eksternal melewati DAC internal iPhone, Hi-Res Audio dengan kualitas sesungguhnya sudah bisa dinikmati.

Berikut cara menyiapkan DAC di iPhone :

  1. Colokkan headphone ke jack 3.5mm pada unit DAC.
  2. Hubungkan DAC, melalui USB, ke adaptor USB-to-Lightning. Apple memiliki adaptor USB3 resmi , tetapi beberapa DAC menggunakan USB-C, jadi pastikan adaptor Lightning Anda memiliki port yang benar.
  3. Colokkan adaptor ke iPhone. Memang lebih rempong daripada sepasang earbud nirkabel, tetapi ini akan memungkinkan pemutaran Audio Resolusi Tinggi di iPhone.
  4. Mainkan musik Hi-Res dan nikmatilah.

Selain aplikasi streaming seperti Deezer, Tidal, dan Qobuz, aplikasi pemutar musik yang mendukung Hi-Res Audio bisa diinstall di iPhone Anda. Vox adalah pilihan yang populer; ini gratis dan memungkinkan pemutaran FLAC, peningkatan ke Premium seharga $ 4,99 sebulan bisa mendapatkan layanan penyimpanan Cloud tak terbatas untuk lagu-lagu Audio HiRes koleksi kalian.

(diterjemahkan secara bebas bertanggungjawab dari situs tomsguide)

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *