ASUS ZenBook Duo UX481, Laptop Dual Screen Idaman Multitasker

Multitasking? Apa itu multitasking? Di dunia nyata, multitasking bisa diartikan sebagai menjalankan lebih dari satu pekerjaan secara bersamaan. Di dalam dunia komputasi, kemampuan multitasking ini sebetulnya sudah hadir cukup lama. Sebagai contoh, dari sudut pandang prosesor misalnya. Dulu, prosesor hanya memiliki 1 inti saja, dan hanya mampu mengerjakan satu perintah dalam 1 waktu. Namun karena prosesor ini memiliki clock yang sangat cepat, 1 detik saja sudah bisa menjalankan beberapa perintah, namun itu sekuensial, bukan paralel. Kehadiran teknologi Hyper-Threading membuat 1 inti prosesor dapat menjalankan 2 perintah secara bersamaan. Di sinilah awal mulanya kemampuan multitasking pada prosesor lebih dipertegas kehadirannya. Lalu, apa yang baru dengan multitasking belakangan ini?

Peningkatan produktivitas melalui multitasking tidak hanya dilihat dari berapa banyak aplikasi yang bisa dijalankan secara simultan, tetapi juga bagaimana setiap pekerjaan tersebut dapat ditampilkan secara efektif. Biasanya, problem semacam ini dapat diatasi dengan cara menghubungkan layar atau monitor tambahan sehingga pengguna dapat menjalankan dan memonitor dua atau lebih aplikasi yang dijalankan secara bersamaan tadi dengan optimal.

Jika pengguna PC desktop dapat menghubungkan dua monitor atau lebih secara mudah, namun untuk laptop yang sebagian besar hanya memiliki satu layar, menambahkan layar ekstra untuk urusan multitasking ini terasa kurang optimal. Bisa saja, namun fungsi laptop yang diharapkan pengguna agar dapat bekerja secara mobile jadi sia-sia.

Pada pertengahan tahun 2019 lalu, ASUS memperkenalkan ZenBook Duo UX481 secara global. Laptop dengan ukuran layar 14 inci tersebut memiliki layar kedua yang sangat unik, bernama ScreenPad Plus, yang dirancang khusus untuk dapat meningkatkan produktivitas berkat kemampuan multitasking.

Ringkas, Ringan, Tangguh

ZenBook Duo UX481 memiliki desain bodi asimetris yang unik serta modern, namun tetap menampilkan desain khas ZenBook dengan spun-metal finish di bagian belakang layarnya berpadu dengan balutan warna Celestial Blue yang sangat elegan. Dimensinya juga sangat compact, khas laptop 14 inci besutan ASUS, dengan bobot hanya 1,5 kg saja.

Tidak hanya itu, ZenBook Duo UX481 telah lolos berbagai pengujian ekstrem mulai dari uji penggunaan di ketinggian ekstrem, uji ketahanan jika laptop ini dijatuhkan dari ketinggian tertentu, uji ketahanan terhadap getaran, hingga uji penggunaan di suhu ekstrem, sehingga laptop ini berhak untuk mengantongi sertifikasi ketahanan standar militer MIL-STD 810G. Luar biasa!

ZenBook Duo UX481 masih mempertahankan fitur ErgoLift Design yang membuat bodi utamanya terangkat dan menghadirkan rongga udara ekstra. Rongga udara udara tersebut ditunjang oleh sistem pendingin khusus, membantu menghadirkan aliran udara yang lebih lancar sehingga performa laptop ini tetap terjaga dengan baik. Selain itu, ErgoLift Design pada ZenBook Duo UX481 membuat posisi keyboard menjadi sedikit miring sehingga pengguna lebih nyaman untuk mengetik.

Laptop MultiTasker dengan Layar Terbaik

ZenBook Duo UX481 menggunakan layar beresolusi Full HD dengan tingkat reproduksi warna kelas profesional, yaitu pada color space sRGB hingga 100%. Warna yang dihasilkan di layar laptop ini juga akurat karena telah dikalibrasi dan mengantongi sertifikasi Pantone Validated Display. Laptop ini sangat cocok untuk para profesional kreatif yang sering bekerja dengan aplikasi kreatif standar seperti editor foto atau ilustrator. Selain itu, ASUS juga menyediakan pena khusus .

Apa Itu ScreenPad Plus?

ScreenPad Plus pada dasarnya merupakan layar kedua dengan ukuran setengah dari layar utama. Ukuran resolusi ScreenPad Plus di ZenBook Duo UX481 juga sama-sama 4K, tepatnya 3840×1100 pixel. ScreenPad Plus di ZenBook Duo UX481 juga memiliki kualitas panel yang sama dengan layar utamanya.

ZenBook Duo UX481 dapat menampilkan hingga tiga window atau aplikasi di ScreenPad Plus. Cukup drag-and-drop aplikasi yang diinginkan dan posisikan sesuai dengan layout yang disediakan. Jika hanya ingin menampilkan dua aplikasi, drag aplikasi yang dipilih ke tepi layar ScreenPad Plus dan sistem akan membagi layar menjadi dua bagian secara otomatis.

ASUS juga menyediakan antarmuka khusus agar pengguna ZenBook Duo UX481 lebih mudah dalam mengatur berbagai aplikasi yang sedang ditampilkan baik di layar utama maupun di ScreenPad Plus. Salah satu fitur untuk membantu multitasking adalah App Switcher yang memungkinkan pengguna dapat memindahkan aplikasi dari layar utama ke ScreenPad Plus secara instan. Melalui fitur ini, pengguna bahkan dapat menampilkan aplikasinya secara penuh melalui layar utama dan ScreenPad Plus.

ScreenPad Plus juga memiliki fitur bernama Task Swap yang memungkinkan pengguna ZenBook Duo UX481 untuk memindahkan aplikasi yang berada di layar utama ke ScreenPad Plus secara instan, begitu pun sebaliknya. Sementara fitur App Navigator dan Task Group mempermudah pengguna ZenBook Duo UX481 untuk mengatur sekaligus memonitor aplikasi apa saja yang sedang berjalan secara lebih mudah melalui ScreenPad Plus.

Ada satu lagi fitur istimewa yaitu Quick Key. Fitur ini memungkinkan pengguna ZenBook Duo UX481 menampilkan tombol pintasan (shortcut) di layar ScreenPad Plus. Selain dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, Quick Key juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi apapun yang sedang dijalankan. Jadi Quick Key akan menampilkan tombol pintasan sesuai dengan aplikasi yang sedang berjalan.

Spesifikasi dan Varian

ASUS ZenBook Duo UX481 hadir dalam 4 varian, menggunakan prosesor Intel Core i series Generasi 10 terbaru.

Main Spec.ASUS ZenBook Duo UX481
CPUIntel® Core™ i5-10210U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to 4.2 GHz)Intel® Core™ i7-10510U Processor 1.8 GHz (8M Cache, up to 4.9 GHz)
Operating SystemWindows 10
Memory8GB DDR4 (Core i5 Variant)16GB DDR4 (Core i7 variant)
Storage512GB M.2 NVMe PCIe SSD1TB M.2 NVMe PCIe SSD
DisplayMain Display:14” (16:9) IPS FHD (1920×1080), 100% sRGB, Pantone Validated Display, 300nitsScreenPad Plus:12,6” (16:4,5) FHD Touch Screen (1920×240) wide-view
GraphicsNVIDIA GeForce MX250 with 2GB VRAM
Input/Output1 x USB 3.1 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.1 Type-A (Gen2), 1 x USB 3.1 Type-C (Gen2), 1 x Combo Audio Jack, 1 x HDMI
CameraIR HD Web Camera (support Windows Hello facial recognition)
ConnectivityWi-Fi 5(802.11ax) 2*2 + Bluetooth 5.0
AudioBuilt-in Harman / Kardon certified speaker, Built-in array microphone
Battery70WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 32.3(W) x 22.3(D) x 1.99 ~ 1.99 (H) cm
Weight1,5Kg
ColorsCelestial Blue
PriceRp16.299.000 (Core i5, UMA, 8GB/512GB)Rp18.299.000 (Core i5, MX250, 8GB/512GB)Rp20.299.000 (Core i7, MX250, 16GB/512GB)Rp23.999.000 (Core i7, MX250, 16GB/1TB)

Prosesor Intel Core 10th Gen yang menjadi otak dari ZenBook Duo UX481 memiliki performa yang powerful untuk berbagai aktivitas, mulai dari bekerja hingga menikmati konten multimedia. Tidak hanya itu, prosesor Intel Core 10th Gen juga memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dari generasi sebelumnya, sehingga pengguna laptop ini dapat bekerja lebih lama tanpa harus terhubung ke sumber listrik.

ZenBook Duo UX481 telah dilengkapi dengan RAM DDR4 berkapasitas hingga 16GB dan sudah memenuhi standar multitasking untuk aplikasi kantoran. RAM berkapasitas cukup besar tersebut juga didukung oleh penyimpanan berupa M.2 PCIe NVMe SSD yang kencang dan berkapasitas lega yaitu hingga 1TB. Kombinasi keduanya memastikan semua aplikasi berjalan tanpa hambatan.

ZenBook Duo UX481 juga hadir dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX250 yang cukup powerful untuk berbagai kegiatan komputasi seperti bekerja dan menikmati ragam konten multimedia. Tidak hanya itu, chip grafis dengan VRAM sebesar 2GB ini bahkan dapat diandalkan untuk mengakselerasi performa ketika melakukan photo atau video editing ringan.

Satu hal yang membuat ZenBook Duo UX481 sangat menarik adalah daya tahan baterainya. Berkat baterai berkapasitas 70Whrs, laptop ini mampu bertahan lama saat digunakan tanpa terhubung ke sumber listrik. Pengujian menggunakan PCMark 10 battery pada mode modern office bahkan menunjukkan ZenBook Duo UX481 dapat bertahan hingga 8 jam.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *