ASUS VIVOBOOK TP412 – Laptop Touch Screen Murah dari ASUS

ASUS Indonesia baru-baru ini meluncurkan laptop seri Transformer terbaru mereka yaitu ASUS VIVOBOOK FLIP TP412. Meneruskan kesuksesan seri Transformer mereka sebelumnya TP410, seri terbaru mereka.

Kebetulan tim GadgetApa kali ini diberikan kesempatan untuk bisa membagikan sedikit First Impression dari ASUS VIVOBOOK FLIP TP412.

Biar ga panjang-panjang di intro, let’s check our impression when we try The ASUS VIVOBOOK TP412 😉

DESIGN

Dari sisi design, bisa dibilang kalau ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 tidak jauh berbeda dari pendahulunya. Sama-sama punya body dan engsel yang kokoh dengan durability khas laptop-laptop ASUS dan juga pilihan warna yang simpel tapi stylish.

Baca juga : Samsung Perkenalkan Varian Galaxy Tab Terbaru

Kebetulan unit ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 yang tim GadgetApa coba kali ini berwarna abu-abu gelap atau kalau bahasa South Jakarta Community bilang “Dark Gray colour”. Tapi sepertinya, “Dark Gray colour tidak ada hubunganya dengan Christian Grey apalagi Jean Grey.

Nah untuk kamu para ASUS lovers, warna ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 ini cocok banget dipasangin dengan ASUS ZENFONE 5 atau ASUS ZENFONE MAX PRO M2 kamu, karena secara style dan tone colornya, ya mirip-mirip lah ya, secara 1 pabrikan dan sama-sama punya design yang saya suka.

Masih dari sisi design, kalau kamu memerhatikan laptop ASUS seri VIVOBOOK TRANSFORMER, pasti kamu sudah tidak asing dengan sistem layarnya yang convertible dan bisa di buka hingga benar-benar flat 180 derajat.

Yes, it’s really flat.

Baca juga : Samsung Galaxy A90 Akan Memiliki Kamera Putar

ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 ini cocok banget untuk kamu yang bukan hanya suka presentasi face to face sama dosen, kolega maupun klien, tapi juga untuk kamu yang punya short term memory lost seperti Dory dari Finding Nemo dan suka buka tutup laptop layar laptop tapi masih bingung dan lupa mau ngapain.

ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 juga bisa kamu buat seperti tenda kalau memang kamu membutuhkan sudut pandang lebih tinggi, saat presentasi face to face. Atau kamu lipat lebih jauh sehingga layar terlipat seperti tablet atau terbuka sebesar 360 derajat.

Kamu tidak usah takut kalau kalau engsel dari ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 ini bermasalah, karena ASUS sudah mendesign dan membuat engsel dari seri laptop VIVOBOOK TRANSFORMER mereka sehingga memiliki durabilitas yang sangat baik. Bahkan diklaim kalau engsel ini tahan kamu mainin sampai 20 ribu kali buka tutup. Jadi untuk kamu yang suka mainin perasaan, please buy ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 and stop playing with someone’s heart again. Because the hinge in ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 won’t be easily broken compared to someone’s heart.

Baca juga : Ga Mau Ketinggalan, Lenovo Juga Patenkan Ponsel Lipat

Kembali ke design bodinya, VIVOBOOK FLIP TP412 memang tidak berbeda dengan pendahulunya yaitu VIVOBOOK FLIP TP410, namun bukan berarti laptop konvertibel ini tidak memiliki perbedaan sama sekali dalam hal design bodi. Laptop ini tampil dengan bodi yang lebih tipis dengan ukuran ketebalan hanya 17,5mm. Sementara pendahulunya, yaitu VIVOBOOK FLIP TP410 memiliki tingkat ketebalan mencapai 19,2mm.

Didukung dengan bezel layar yang tipis dengan teknologi Nano Edge dan dukungan multitouch hingga 10 titik memberikan keleluasaan saat kamu menggunakan laptop ini bukan hanya untuk kebutuhan design tapi juga untuk entertainment atau hiburan.

Layar VIVOBOOK FLIP TP412 juga menggunakan layar sentuh yang telah mendukung teknologi Windows Ink. Artinya, sistem layar sentuh pada laptop ini sudah bisa mendeteksi tekanan pada ASUS Pen yang disediakan di paket penjualan. Dukungan Windows Ink juga sangat penting untuk para profesional kreatif khususnya ilustrator karena dapat mensimulasikan pengalaman menggambar layaknya menggunakan pena atau kuas sungguhan.

Untuk menunjang kebutuhan para profesional, VIVOBOOK FLIP TP412 telah dilengkapi dengan sensor layar sentuh dengan standar industri yang lebih ketat. Sistem layar sentuhnya menggunakan sensor dengan jarak 6mm, lebih rapat ketimbang standar industri yang hanya 9mm. Dengan demikian layar sentuh VIVOBOOK FLIP TP412 memiliki sensitivitas yang lebih baik ketimbang kebanyakan layar laptop konvertibel lain di pasar.

Dengan design yang slim, bezel layar yang tipis dan engsel yang punya durabilitas yang sangat baik, ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 sangat cocok untuk kamu yang butuh laptop yang powerfull tapi tetap compact dan ringan untuk dibawa kerja, kapan pun dan dimanapun.

KONEKTIVITAS DAN PORT YANG LENGKAP

Sebuah laptop yang dirancang untuk kreator memang harus memiliki konektivitas dan port yang lengkap. Para kreator seringkali menggunakan berbagai macam perangkat untuk mendukung kegiatan kreatif mereka, seperti kamera dan perangkat yang lain. Atas alasan itulah ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 juga hadir dengan fitur penunjang, konektivitas, serta port yang lengkap.

Dimulai dari port, ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 hadir dengan port USB Type-A dan Type-C, membuat penggunanya dapat menghubungkan berbagai perangkat seperti ponsel maupun kamera eksternal dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Selain itu, laptop ini sudah dilengkapi dengan pembaca SD Card sehingga memudahkan para konten kreator yang sering melakukan transfer data dengan kamera digitalnya.

Melangkapi WiFi, sebuah modul Bluetooth 4.2 juga hadir di laptop ini. Bluetooth dapat dimanfaatkan pengguna ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 untuk menghubungkan berbagai perangkat lain seperti headphone, mouse, atau perangkat berbasis Bluetooth lainnya. Pengguna juga bisa menghubungkan laptop ini dengan perangkat display eksternal melalui port HDMI yang tersedia.

Untuk keamanan data-data kamu, ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 juga sudah dilengkapi dengan penguncian biometrik sidik jari. Sensor biometrik diletakkan di bagian atas kanan disisi dalam touch pad, sehingga kamu bisa dengan cepat unlock ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 kamu.

PERFORMA

ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 merupakan generasi penerus VIVOBOOK FLIP TP410 yang cukup digemari karena fleksibilitasnya. Kali ini VIVOBOOK FLIP TP412 hadir dengan spesifikasi hardware yang lebih baik sehingga dapat lebih diandalkan untuk menunjang kegiatan kreatif. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ASUS juga menghadikran ASUS Pen sehingga penggunanya dapat merasakan pengalaman menulis atau menggambar layaknya di atas kertas pada “papan digital” ini.

Keberadaan ASUS Pen ini juga sangat membantu kalangan profesional kreatif yang ingin menggunakan laptop ini. Hal tersebut dikarenakan para profesional tersebut tidak lagi harus membeli perangkat ekstra agar mereka bisa membuat sketsa layaknya menggambar di atas kertas. Jadi kamu bisa mengoptimalkan layar sentuhnya untuk kebutuhan design, tanpa perlu report-repot bawa digitizer saat kamu ingin mendesign secara freehand.

Salah satu keunggulan ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu VivoBook Flip TP410 ada pada performanya. ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 sudah menggunakan hardware terkini, yaitu prosesor Intel Core generasi ke-8. Versi tertingginya menggunakan Intel Core i7-8550U yang mengusung konfigurasi 6 core 12 thread dengan kecepatan pemrosesan hingga 4GHz.

Sementara unit yang tim GADGET APA coba kali ini adalah varian yang menggunakan prosesor Intel Core i5-8250U. Prosesor yang telah menggunakan arsitektur baru dengan pemrosesan 14nm FinFET tersebut memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta memiliki kecepatan pemrosesan hingga 3,4GHz.

Prosesor tersebut bukan satu-satunya komponen yang membuat laptop ini tampil powerful. ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 menggunakan memori DDR4 dan penyimpanan berupa M.2 SATA SSD. Kombinasi keduanya membuat performa laptop ini dapat didongkrak dan tampil lebih kencang dari laptop yang masih menggunakan memori DDR3 dan hard disk.

Sebagai buktinya, berikut adalah hasil pengujian performa ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 menggunakan beberpa software benchmark, yaitu Cinebench R15, PCMark 8, PCMark 10, dan CrystalDiskMark 6 untuk memperlihatkan performa SSD-nya.

Cinebench R15

PCMark 8

PCMark 10

CrystalDiskMark 6

ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 memang tidak dilengkapi dengan chip grafis terpisah (discrete graphic) dan mengandalkan chip grafis terintegrasi (integrated graphics). Namun jangan salah, chip grafis Intel Graphics UHD 620 memiliki performa yang sangat cukup untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Bahkan chip grafis tersebut sudah mendukung display output beresolusi 4K.

Berikut adalah hasil pengujian grafis menggunakan aplikasi benchmark 3DMark dengan tiga mode pengujian yang berbeda, yaitu Night Raid, Sky Diver, dan Cloud Gate.

3DMark Night Raid

3DMark Cloud Gate

3DMark Sky Diver

VivoBook Flip TP412 juga cukup bisa diandalkan sebagai perangkat untuk bekerja secara mobile. Dengan baterai 3-cell berkapasitas 42WHrs, laptop ini dapat bertahan hingga lebih dari 4,5 jam dalam pengujian ketahanan baterai menggunakan PCMark 8. Penggunaan yang lebih ringan seharusnya membuat laptop ini tahan lebih lama, bahkan bisa sampai 6 jam penggunaan.

PCMark 8 Battery

Berikut ini spesifikasi lengkap ASUS VivoBook Flip TP412, sang notebook lipat dengan layar sentuh sensitif untuk pengguna kreatif:

Main Spec. ASUS VivoBook Flip TP412
CPU Intel Core i3-8130U Processor (2C/4T, 4MB cache, up to 3,4GHz) Intel Core i5-8250U Processor (4C/8T, 6MB cache, up to 3.4GHz) Intel Core i7-8550U Processor (6C/12T, 8MB cache, up to 4.00GHz)
Operating System Windows 10
Memory 4GB DDR4 (Core i3 and Core i5 variant) 8GB DDR4 (Core i7 variant)
Storage 256GB SATA3 M.2 SSD (Core i3 and Core i5 variant) 512GB SATA3 M.2 SSD (Core i7 variant)
Display 14” Full HD 1920x1080p 16:9, Touch screen, ultra slim 200nits with 45% NTSC
Graphics Integrated Intel HD Graphics 620             
Input/Output 1x USB 3.0, 2x USB 2.0, 1x audio combo jack, 1x HDMI,  1x SD Card Reader
Camera VGA Web Camera
Connectivity Dual-band 802.11ac Wi-Fi, Bluetooth 4.2
Audio ASUS SonicMaster stereo audio system, Array microphone with Cortana voice-recognition support
Battery 3 – Cell 42Whrs Battery
Dimension 32.7 x 22.5 x 1.75 cm (WxDxH)
Weight 1.5Kg with battery
Colors Star Grey, Silver Blue
Price Rp8.599.000 (Intel Core i3 variant) Rp10.099.000 (Intel Core i5 variant) Rp14.299.000 (Intel Core i7 variant)
Warranty 2 tahun garansi global

Kesimpulan

Berdasarkan performanya, ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 memang bukan untuk bermain game dan mengerjakan tugas yang sangat berat. Tapi laptop ini memang difokuskan sebagai papan digital dan fasilitas penunjang kreatif yang bisa dibawa bepergian. Semua itu terbukti dari hasil pengujian, spesifikasi, dan desain yang ditawarkannya. Dengan disediakannya ASUS Pen, pengguna akan lebih mudah menggambar sketsa, membuat desain atau pola, atau mencatat lebih mudah dan cerdas pada laptop yang satu ini.

Dengan harga yang bisa dibilang relatif terjangkau untuk fitur, performa dan mobilitasnya, ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 cocok untuk kamu yang hobi design dan butuh device all in one yang portable serta powerfull untuk kebutuhan design 2D, ASUS VIVOBOOK FLIP TP412 merupakan perangkat yang tepat, karena dirancang untuk mereka yang membutuhkan sebuah laptop fleksibel, yaitu multifungsi atau dapat digunakan dalam berbagai mode dan skenario penggunaan.

The following two tabs change content below.

Mikhail Surjadi

Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *