Asus ROG Phone 5s dan 5s Pro Dapat Chipset SD 888+

Seperti yang sudah kita ketahui bersama mengenai produk teknologi, usia gawai terbaik tidak akan pernah lebih dari beberapa bulan, karena sesuatu yang lebih baik pasti akan datang semakin cepat. Jadi, ucapkan “halo” untuk seri S baru dari Asus ROG Phone 5 yang akan hadir untuk menggantikan lini aslinya, yang diluncurkan pada bulan April tahun ini.

Seri baru ditingkatkan ke chipset Snapdragon 888+ dengan inti utama 3,0 GHz (Cortex-X1), naik dari 2,84 GHz pada chip asli. Mesin AI mendapat peningkatan 20% dan sekarang menghasilkan 32 TOPS (naik dari 26 TOPS). Chipset bukan satu-satunya peningkatan pada model-model baru, tetapi kita akan bahas dua pendatang baru yang hadir dengan membawa perubahan tersebut.

Ya, dua Asus ROG Phone 5s dan ROG Phone 5s Pro. Bukan versi Ultimate, tetapi versi Pro ini juga ditingkatkan menjadi 18 GB RAM (LPDDR5) dan penyimpanan 512 GB (UFS 3.1), yang merupakan daya tarik utama model Ultimate. Model Pro baru juga dapat mempertahankan tampilan PMOLED berwarna di bagian belakang (Ultimate memiliki tampilan monokrom).

Jika 18/512 GB terdengar berlebihan, tenang saja, karena ada beberapa konfigurasi untuk Asus ROG Phone 5s, mulai dari 8/128 GB, lalu 12/256 GB serta varian dengan konfigurasi 16/256 GB. Tidak ada slot microSD, tetapi sudah mendukung drive USB eksternal berformat NTFS.

Padau ROG Phone 5, tercatat bahwa layar sentuhnya memiliki latensi terendah di dunia dari semua smartphone – dengan latensi sentuh 24,3 ms. Namun sekarang itu semua tidak lagi valid, karena varian ROG Phone 5s mampu menurunkan angka itu menjadi 24,0 ms berkat kecepatan pengambilan sampel sentuh yang lebih cepat 360Hz (naik dari 300Hz).

Di sektor layar tetap menggunakan panel Super AMOLED 6,78” dengan resolusi 1080p+ dan kecepatan refresh 144 Hz (waktu respons 1 ms). Panel bersertifikat HDR10+, mencakup hampir 151% sRGB dan 111% DCI-P3 dengan tingkat kecerahan 800 nits pada APL100 (yaitu seluruh layar menunjukkan putih).

Tidak banyak perubahan tampilan dari seri ROG Phone 5 asli. Baterai 6.000 mAh dengan pengisian cepat kabel 65W, konektor samping dengan kecepatan USB 3.1 Gen2, DisplayPort 1.4, dan dukungan pengisian cepat juga. Ada juga jack headphone 3,5 mm di bagian bawah, tetapi itu terhalang saat memegang telepon secara horizontal. Gunakan jack headphone pada AeroActive Cooler 5 (yang juga akan memberikan dua tombol tambahan selain kipas pendingin).

Berbicara soal aksesoris, model 5s kompatibel dengan semua tambahan untuk seri-5 dan mendukung beberapa aksesori untuk ROG Phone 3 yang lebih lama. Ini termasuk Kunai 3 Gamepad , tetapi sayangnya bukan TwinView Dock 3.

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *