Alienware UFO, Prototipe PC Gaming berwujud Nintendo Switch

Becca Farsace / The Verge

Di jaman dahulu, merk Alienware dikenal sebagai produsen komputer gaming, baik desktop maupun laptop. Dengan ciri khas logo kepala alien, laptop gaming yang tebal dan rig desktop yang telah dikonfigurasikan secara khusus dan profesional untuk gaming. Meski pada akhirnya, banyak drafter justru memanfaatkan produk komputer Alienware untuk merancang desain arsitektur yang rumit. Namun pada CES 2020, Alienware memamerkan prototipe baru yang sebetulnya nggak baru, tetapi cukup liar untuk diaplikasikan, yaitu Concept UFO. Ini merupakan PC gaming Windows 10 lengkap, dengan faktor bentuk yang sangat mirip dengan Nintendo Switch – lengkap dengan pengontrol yang dapat dilepas dan dock untuk menghubungkannya ke TV atau monitor.

Concept UFO terdiri dari empat bagian: ada unit utama, yang memiliki layar delapan inci, dengan resolusi 1200p, baterai, dan semua perangkat keras pemrosesan dan grafis. Ada dua pengontrol, yang dipasang melalui sistem rel magnetik yang menyenangkan. Dan ada unit “hub” yang mirip dengan pegangan pengontrol Joy-Con, yang memungkinkan dua bagian pengontrol terpisah untuk bergabung menjadi pengontrol tunggal untuk bermain di unit utama (mirip seperti Switch, memiliki sandaran internal) atau pada monitor yang terhubung.

Port USB-C terletak di bagian atas dan bawah Concept UFO, yang dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat dan menghubungkannya ke monitor eksternal. Mengingat bahwa Konsep UFO menjalankan Windows 10 biasa, Anda juga dapat menggunakan port tersebut untuk menghubungkan mouse dan keyboard untuk digunakan sebagai PC biasa.

Becca Farsace / The Verge

Dengan berat keseluruhan tidak sampai 1kg, yang ternyata ini masih tiga kali berat Switch, tetapi cukup nyaman untuk digenggam selama saya gunakan untuk beberapa waktu lamanya. Semuanya nampak Alienware banget, dengan bahan plastik berwarna putih, aksen segi enam, dan sudut tajam di mana-mana.

Prototipe yang saya coba ternyata sangat fungsional, dengan demo yang berfungsi dari berbagai permainan, termasuk Rocket League , F1 2019 , dan Mortal Kombat 11 . Jelas, mereka bukan grafik terbaik yang pernah dilihat untuk semua game ini, tetapi gameplaynya lancar dan bebas lag, dan tampak jauh lebih baik daripada game yang di-port pada Switch.

Concept UFO menggunakan launcher khusus yang berjalan di atas Windows 10, tetapi sistem operasi yang mendasari masihlah berupa Windows standar, menjalankan permainan seperti Rocket League sebenarnya memunculkan dialog peluncuran dari Steam.

Becca Farsace / The Verge

Tahu nggak? Di sanalah sebetulnya letak potensi Concept UFO yang paling besar. Ketika Nintendo Switch hanya melihat kesuksesan besar dengan mengambil game konsol yang ada – seperti Skyrim, The Witcher 3, atau Overwatch – dan menawarkannya dalam bentuk bentuk portabel yang dapat dimainkan di mana saja. Akan tetapi game-game itu masih mengharuskan pengembang untuk mem-port-nya, dan seringkali berakibat pada penurunan grafis atau kinerja yang buruk (belum lagi persyaratan untuk membelinya ulang).

Sebuah PC gaming Windows portabel yang sesungguhnya, yang menawarkan beragam koleksi game yang sama dengan laptop atau komputer gaming biasa, adalah sebuah konsep yang menarik.

Becca Farsace / The Verge

Sayangnya, Alienware menolak untuk berbicara tentang perangkat keras apa pun yang digunakan dalam Concept UFO, sehingga kami tidak memiliki petunjuk apapun tentang spesifikasi seperti apa yang ditawarkan di sini atau permainan sekelas apa yang dapat dijalankannya. (Perlu dicatat bahwa sebagian besar permainan yang dapat saya coba adalah beberapa judul game yang tidak terlalu membebani pemrosesan.) Masa pakai baterai adalah tanda tanya besar lainnya. Switch sudah mengukur waktu seberapa lama bisa digunakan saat jauh dari outlet, dan ini tercatat hanya dalam beberapa jam saja. Sulit kiranya membayangkan Concept UFO akan berjalan lebih baik, mengingat meningkatnya permintaan grafis. Pendinginan adalah faktor besar juga – meski hanya bermain Liga Rocket , kipas pendingin Concept UFO sudah bekerja keras bagai terbang, namun perangkat ini termasuk berisik saat digunakan.

Belum ada konfirmasi bahwa Alienware akan melanjutkan Concept UFO menjadi produk yang nyata. Saat ini, prototipe hanya sekadar prototipe. Meski demikian, pada tahap awal ini, prototipe tersebut adalah visi yang berani tentang bagaimana masa depan game PC nantinya. Bahkan jikalau perangkat keras ini tidak jadi dipasarkan, namun saya senang melihat Alienware (dan mungkin brand lainnya) mengambil ide ini untuk melangkah ke jenjang selanjutnya.

Diterjemahkan secara bebas dari The Verge dot Com
Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *