Ada Kejutan Apa di Desain iPhone 13?

Baru-baru ini, informasi bocoran mengenai tipe iPhone 13 mengungkapkan data yang sangat berbeda dengan apa yang diharapkan oleh penggemar Apple, di mana terjadi beberapa pengurangan fitur yang kontroversial. Namun di sisi lain, beberapa keputusan mengenai desain iPhone 13 baru tampaknya mulai terungkap.

Dalam sepasang informasi ekslusif yang ditayangkan oleh Bloomberg, bersumber dari orang dalam Apple, Mark Gurman dan situs Cina populer, MyDrivers, menyatakan bahwa ada dua hal mengejutkan yang tiba-tiba ditampilkan oleh Apple pada iPhone 13 terbaru mereka nantinya, terkait dengan display dan charging (pengisian daya). Keduanya diyakini akan menarik perhatian rival Android mereka.

iPhone 13: Layar Selalu Aktif (Always-On Display)

Bloomberg terlebih dahulu, dan Gurman melalui buletin Power On-nya menegaskan kembali bahwa Apple akan menyesuaikan kapasitas baterai yang lebih besar di jajaran iPhone dengan stamina tambahan yang memberi daya pada tampilan ProMotion 120Hz LTPO (low-temperature Polycrystalline oxide) baru pada model iPhone 13 Pro. Ini memperkuat beberapa informasi bocoran sebelumnya, namun Gurman menambahkan bahwa baterai besar ini juga akan memberi daya pada tampilan yang selalu aktif (Always-On Display).

Gurman yakin bahwa ini juga akan menjadi fitur khusus iPhone 13 Pro di mana Apple mengandalkan teknologi refresh rate variabel yang ditampilkan LTPO (dapat berubah secara dinamis dari 1-120Hz) untuk menghemat daya dalam mode Always-On Standby. Apple sudah membuktikan melalui Apple Watch 5 Series yang mampu menyediakan layar yang selalu aktif berkat layar LTPO dan sistem waktu, tanggal, dan pemberitahuan aplikasi yang serupa, juga bisa diterapkan pada iPhone.

Saingan Apple di platform Android telah memiliki fitur tampilan selalu aktif selama beberapa tahun, dan hingga saat ini, fitur tersebut masih populer. Hal yang wajar jika Apple juga melakukannya pada produk mereka. Agak mengejutkan mendengar bocoran fitur baru ini dari sumber yang dapat dipercaya, hanya sekitar enam minggu dari rencana peluncuran iPhone terbaru nanti.

iPhone 13: Pengisian Lebih Cepat

MyDrivers (melalui MacRumors ) memiliki informasi yang sama, bocor untuk pertama kalinya, bahwa Apple berencana untuk meningkatkan pengisian cepat 25W di lini iPhone 13. Meski di atas kertas, ini hanyalah lonjakan 5W sederhana dari kecepatan pengisian maksimum 20W dari jajaran iPhone 12, namun kejutan sebenarnya adalah Apple melakukan ini hanya dalam tempo setahun setelah beralih dari 18W ke 20W.

MyDrivers tidak menyebutkan secara jelas apakah 25W ini akan melalui port Lightning dan/atau MagSafe. Yang jelas, ini berhubungan dengan bocoran informasi lain yang menyatakan bahwa Apple akan meningkatkan MagSafe tahun ini. Langkah ini mungkin dimaksudkan untuk menjaga waktu pengisian daya tetap konsisten, mengingat kapasitas baterai yang lebih besar pada lini iPhone 13 nanti.

Jika benar, kedua peningkatan tersebut kemungkinan akan jadi populer di kalangan penggemar iPhone, terutama setelah Apple membatalkan rencana untuk mengembalikan Touch ID tahun ini, meskipun Face ID sedang berjuang di dunia yang penuh dengan pengguna topeng belakangan ini. Selain itu, bocoran terbaru ini akan menambahkan potensi pada iPhone 13 yang menyatakan bahwa jajaran ini juga akan memiliki poni yang lebih kecil, kamera belakang super besar, beberapa stabilisasi gambar ekstrim dan generasi chipset A15 mutakhir dengan dukungan 5G .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *