5 Alasan Smartphone Modern Harus Punya NFC

Di jaman modern seperti sekarang ini, smartphone harus selalu bisa memenuhi kebutuhan penggunanya. Selain tampil stylish melalui desain dan warna yang menawan, ponsel cerdas juga dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan zaman. Salah satu hal krusial yang lazim dibutuhkan oleh pengguna saat ini adalah kemudahan dan kepraktisan dalam hal transfer data dan melakukan transaksi secara digital.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, para produsen smartphone mulai menyematkan fitur NFC atau Near-field Communication. Salah satu brand tersebut adalah OPPO, yang telah menggunakan fitur ini sejak seri R, yaitu R17 Pro, yang merupakan ponsel pertama dengan fitur NFC. Kini fitur NFC juga disematkan di seri Reno, termasuk juga di OPPO Reno6.

Fitur berupa teknologi nirkabel ini memungkinkan perangkat untuk berbagi informasi hanya dengan mendekatkan ponsel satu sama lain. Dengan fitur ini, kalian bisa mengirim file, foto dan video, mentransfer kontak, berbagi aplikasi, dan melakukan pembayaran tanpa kontak antara ponsel yang mendukung NFC.

Cara kerja NFC sebenarnya bisa digambarkan secara simpel. NFC menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim dan menerima data melalui gelombang radio dengan kecepatan tinggi ketika memegang ponsel berdekatan satu sama lain. Untuk mengaktifkan NFC, masuk ke menu Settings> Connection & sharing, lalu aktifkan NFC. Hal ini harus secara otomatis mengaktifkan Android Beam untuk memungkinkan transfer data via NFC. Lalu apa saja yang bisa dilakukan dengan fitur NFC?

1. Berbagi Kontak

NFC memungkinkan pengguna untuk mengirim nomor ponsel dan detail kontak ke ponsel lain tanpa harus memasukkan detail secara manual. Untuk melakukan ini, buka Kontak yang ingin dibagikan, lalu sentuh ponsel secara bersamaan dan pilih untuk mengirim. Kontak yang kalian kirim akan disimpan ke Daftar Kontak di perangkat lain.

2. Kirim Gambar atau Video

Untuk mengirim foto atau gambar dari ponsel kalian ke perangkat lain, buka Gambar di aplikasi gambar yang kalian gunakan, tempatkan bagian punggung perangkat bersamaan, lalu tekan Kirim/ Send ketika diminta.

3. Kirim Dokumen

Apabila kalian ingin mengirim buku online, PDF, atau dokumen lain, maka kalian bisa menggunakan Android Beam. Cari dokumen yang akan dikirim di ponsel kalian, lalu buka menu Settings dan pilih Share > Android Beam. Dekatkan kedua perangkat, lalu tekan Kirim/ Send ketika diminta.

4. Berbagi Aplikasi

Kalian tidak bisa mengirim aplikasi secara langsung ke ponsel orang lain. Akan tetapi, ketika kalian membuka aplikasi dan menyentuhkan ponselmu bersamaan, kalian bisa mengarahkannya untuk membuka aplikasi Play Store sehingga mereka dapat mengunduh dan memasangnya sendiri. Jika ponsel lain sudah memiliki aplikasi yang di-install, kalian dapat membuka aplikasi tersebut di ponsel kawan kalian hanya dengan mengirimkannya dari ponsel kalian.

5. Transaksi Pembayaran Melalui Ponsel

Pertama, kalian harus mengunduh dan memasang Google Pay terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran melalui ponsel yang memiliki NFC. Pasang aplikasinya dan pastikan detail pembayaran kalian sudah disimpan, kemudian pegang ponselmu di dekat alat pindai pembayaran dan tekan Bayar untuk membayar.

Kalian juga bisa melakukan pembayaran dengan menekan bagian belakang ponsel dengan perangkat apa pun dengan logo pembayaran. Contoh: mesin scan pembayaran atau POS machine, kereta, transportasi umum, dan lainnya. Kalian tetap harus berhati-hati dan mematikan NFC saat tidak digunakan untuk menghemat baterai dan menghindari kemungkinan risiko keamanan.

Demikianlah lima alasan kenapa fitur NFC perlu ada pada smartphone modern di jaman sekarang ini. Terutama karena fitur ini selalu ditanyakan oleh netizen di setiap acara peluncuran smartphone terbaru.

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *