Windows 10 Update Mendatang Hadirkan Start Menu Melayang dan Sudut Bulat

Microsoft dikabarkan sedang mengerjakan perbaikan visual untuk Windows 10 yang akan dirilis Oktober ini. Dijuluki sebagai pembaruan Sun Valley ‘versi 21H2’, salah satu perubahan yang paling menonjol adalah Start Menu, yang terpisah dari bilah tugas (taskbar) dan menampilkan sudut yang lebih membulat.

Sun Valley telah digarap sejak tahun lalu dan akan memperkenalkan “peremajaan visual menyeluruh dari Windows,” termasuk antarmuka baru yang memanfaatkan sepenuhnya Microsoft’s Fluent Design and WinUI language.

Salah satu perubahan halus yang diperkenalkan dalam pembaruan ini adalah pembulatan pada sudut yang dulunya kotak, seperti yang ada di static tile dan Action Center. Tetapi perbedaan yang paling jelas kentara mungkin adalah posisi Start Menu itu sendiri.

Alih-alih dilampirkan ke bilah tugas, menu yang diubah sekarang akan mengambang di atasnya, meninggalkan celah yang terlihat. Windows Latest telah membuat mockup (di atas) tentang bagaimana perubahan tersebut akan terlihat.

Sudut membulat dan menu mengambang adalah sesuatu hal yang pernah ditampilkan pada versi pratinjau Windows 10X. Perubahan yang pertama cukup halus dan tidak mengganggu. Kabar buruknya adalah tampaknya tidak ada opsi untuk mengubah radius sudut membulat atau kembali ke menu tidak mengambang.

Perlu dicatat bahwa perombakan ini belum tentu akan menjadi bagian dari update berikutnya, namun meskipun demikian, perkirakan tampilan seperti ini jauh lebih baik daripada maket publikasi.

Penguji di program Windows Insider kemungkinan akan melihat perubahan ini ketika Microsoft meluncurkannya dalam beberapa bulan mendatang.

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *