Update iPhone Terbaru – Pengguna Apple Watch Bisa Unlock Face ID meski Menggunakan Masker

Kurang lebih setahun sejak pandemi melanda dunia, akhirnya Apple telah menemukan solusi mengenai cara unlock iPhone dengan Face ID tanpa melepas masker – paling tidak, untuk pengguna produk Apple sejati.

Rilis iOS 14.5 terbaru akan memungkinkan pengguna bermasker untuk mengakses perangkat dengan bantuan sensor detak jantung via Apple Watch.

Di iOS beta versi terbaru untuk iPhone, pengguna dapat mengaktifkan pengaturan yang membuat Face ID berfungsi meskipun masker sudah dipakai, tetapi hanya jika masker disertai dengan Apple Watch yang tidak terkunci.

Fitur tersebut meminjam opsi serupa yang tersedia di komputer Mac, di mana Apple Watch dapat mengetahui apakah ia telah dilepas dari pergelangan tangan pengguna melalui sensor detak jantung bawaan. Artinya yang telah dipasang pada pergelangan tangan dan telah dibuka kuncinya, maka statusnya tetap terbuka, karena berarti jam tersebut masih berada pada pemiliknya.

Masker wajah terbukti menjadi masalah bagi Apple, yang sebelumnya sebagian besar perangkatnya sudah beralih dari pengenalan sidik jari ke pengenalan wajah selama tiga tahun terakhir. Meskipun beberapa akurasi dapat diberikan oleh bagian atas wajah, dan kontur terlihat di bawah topeng, itu tidak cukup untuk memungkinkan sistem keamanan bekerja.

Pada pertengahan Mei, Apple merilis pembaruan perangkat lunak untuk iPhone yang memungkinkan mereka mengenali saat masker dikenakan, dan langsung meminta kode sandi dari pengguna. Solusi tersebut akhirnya diikuti oleh opsi terbaru yang lebih kuat.

Apple Watch tidak mem-bypass Face ID pada pemilik iPhone. Namun, jika pengguna mengenakan masker dan jam tangan dalam keadaan tidak terkunci, mereka masih perlu melihat ponsel mereka untuk mengonfirmasi pembukaan kunci. Tetapi solusi ini hanya mengurangi keakuratan pemeriksaan Face ID melalui kamera, sehingga pengguna bisa langsung membuka ponselnya meski menggunakan sedang masker.

Kekuatan sinyal Bluetooth antara ponsel dan jam tangan juga akan diukur, untuk memastikan bahwa keduanya dipegang oleh orang yang sama – mirip dengan sistem pelacakan kontak Covid-19 yang menggunakan kekuatan Bluetooth untuk memperkirakan jarak antara dua perangkat.

Fitur tersebut akan diperkenalkan sebagai bagian dari pembaruan Apple iOS 14.5, yang belum memiliki perkiraan tanggal rilis. Bersamaan dengan perubahan Face ID, terdapat dukungan untuk pengontrol PlayStation 5 dan Xbox Series ke iPhone. Juga fitur Apple’s App Tracking Transparency, pengaturan privasi baru yang memicu perdebatan antara Apple dan Facebook.

The following two tabs change content below.

Maseko

Latest posts by Maseko (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *