Tips Mengisi Daya Ponsel Agar Baterai Awet

Salah satu kendala yang dialami para pengguna smartphone adalah baterai. Semua menginginkan baterai yang tahan lama, tapi seiring waktu berjalan baterai akan menua dan lebih cepat habis.

Nah ini beberapa cara untuk memperpanjang umur baterai anda.tips isi daya ponsel

1. Jangan isi hingga 100 persen

Sebagian besar dari kita pasti mengisi baterai hingga 100% karena itu adalah kapasitas maksimal dari baterai dan dengan kapasitas lebih banyak berarti waktu hidup lebih banyak bukan.

Walau itu benar adanya tapi sebenarnya baterai lithium ion lebih baik diisi dalam jarak 30-80%  saja. Hal ini akan berdampak lebih baik terhadap baterai dalam jangka panjang.

2. Jangan tinggalkan baterai terisi 100 persen

Hindari mengisi baterai dalam waktu lama apalagi sudah 100 persen tapi belum dicabut dari sumber daya. Hal ini karena walau sudah 100 persen baterai ponsel akan tetap diisi dan hal ini akan menimbulkan kerak metalik lithium yang akan mengurangi umur baterai dalam jangka panjang.

Baca juga : OPPO A5 Dengan Kamera Ganda Dirilis, Berapa Harganya?

3. Jangan gunakan ponsel saat baterai diisi

Yak, kebanyakan dari kita pasti ada kalanya menggunakan ponsel ketika baterai diisi, hal ini akan mengurangi umur baterai karena saat ponsel digunakan otomatis akan menguras baterai dan di saat yang bersamaan baterai tetap diisi, hal ini akan menyebabkan “parasitic load”. Apabila sangat butuh digunakan , gunakanlah secukupnya saja agar tidak terlalu memberatkan baterai ponsel.

4. Hindari suhu tinggi

Suhu yang tinggi akan menekan baterai dan membuat kapasitas baterai hilang dengan cepat dibandingkan suhu yang rendah. Ponsel yang berada dalam suhu 25-30 derajat celcius akan memiliki daya hidup yang lebih awet setelah setahun penggunaan meski diisi dalam satu lingkaran penuh sekalipun (dari 0-100 persen) dibandingkan dengan ponsel yang berada dalam suhu 40 derajat celcius. Jadi, jangan tinggalkan ponsel dalam keadaan panas, hindari mengisi ponsel sambil disimpan di bawah bantal , hindari mengisi ponsel di bawah teriknya matahari.

Semoga tipsnya membantu yah guys.

The following two tabs change content below.
Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

Latest posts by Mikhail Surjadi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *