Tips Memotret Bunga ala Pro dengan iPhone 12 Pro

Momen Valentine adalah momen penuh cinta yang meriah dan berbunga-bunga. Apple membagikan postingan mendetail tentang “Cara mengambil foto bunga yang menakjubkan dengan iPhone 12 Pro”. Dan tips dari fotografer bunga profesional tersebut juga bisa digunakan untuk memotret berbagai obyek selain bunga.

Nathan Underwood dari Tulipina ( @tulipinadesign ), salah satu studio desain bunga terkemuka di dunia, mengatakan sistem kamera canggih pada iPhone 12 Pro telah membantunya dalam proses fotografi bunganya secara optimal.

Fitur-fitur seperti Apple ProRAW, Pemindai LiDAR baru, mode Potret yang ditingkatkan, dan lebih banyak lagi fitur lainnya, menjadikan pengambilan gambar dengan iPhone jauh lebih mudah dan mengesankan daripada sebelumnya.

Dengan kata-katanya sendiri, Nathan berbagi informasi dalam memotret karangan bunga mulai dari penyiapan dan pembingkaian hingga menggunakan mode Potret, ProRAW, dan pengeditan.

SETUP

Semuanya dimulai dari pencahayaan. Carilah cahaya alami yang menyebar, idealnya datang dari samping. Jika di dalam ruangan, hal ini biasanya dilakukan dengan memberi jarak sekitar 0,5 hingga 1 meter dari jendela. Jika di luar ruangan, temukan ruang dengan cahaya yang merata, hindari hotspot dan bayangan. Ini berarti tempat yang memiliki keteduhan konsisten.

Komponen berikutnya adalah latar belakang yang netral (warna abu-abu dan biru sangat pas) dengan pola minimal. Hindari batu bata, garis, titik, dan pola acak lainnya yang bisa mengganggu. Subjek harus benar-benar menonjol, dan kombinasi pencahayaan dan latar belakang ini bisa mewujudkannya.

Framing

Untuk still life, framing bidikan adalah kuncinya. Meskipun masih dapat dicrop nantinya, namun mendapatkan bidikan yang diframing dengan benar dari sudut dan perspektif yang tepat sangat penting untuk memastikan foto tersebut merupakan hasil terbaik untuk disunting. Dengan iPhone, selalu pilih lensa dengan jarak fokus terdekat. Pada iPhone 12 Pro, lensa ini adalah kamera Telefoto.

Saat framing karangan bunga, letakkan subjek di tengah dan pastikan bingkai terisi secara merata. Pegang kamera iPhone, dan gunakan sedikit sudut ke bawah (hanya beberapa derajat) dari depan subjek. Pastikan bahwa vas terlihat, namun kedalaman dan dimensi dari bunga, yang merupakan obyek utamanya, juga masih didapat.

Kamera Telefoto menyediakan rentang zoom optik 2x pada iPhone 12 Pro dan 2,5x pada iPhone 12 Pro Max.

Mode Portrait

Untuk bidikan yang diambil dari kamera lalu diedit untuk diunggah, mode Potret, yang tersedia di semua model iPhone 12, sangat disarankan. Mode potret mampu menangkap kedalaman yang dapat dimanipulasi saat mengedit di aplikasi Foto, memungkinkan rangkaian kreativitas yang luar biasa. Ini sangat berguna saat memotret karangan bunga, mengingat kompleksitas dan dimensinya. Jika Anda pemula dalam memotret benda mati, mode Potret adalah teman terbaik.

Mengedit di Aplikasi Foto

Beberapa pengeditan bisa aja diterapkan pada 99 persen gambar yang diambil, semuanya dilakukan di aplikasi Foto. Ini adalah selera pribadi; eksperimen untuk menemukan gaya sendiri. Misalnya, suka fokus pada pemotongan atau rasio aspek, pencahayaan, saturasi, dan kehangatan. Kalian bisa menemukan tools ini di Edit workflow di Foto, ketuk foto untuk melihatnya dalam layar penuh lalu ketuk ikon dial di bagian bawah dan geser untuk melihat semua opsi yang berbeda.

  • Pangkas foto seperlunya agar bunga memenuhi seluruh bingkai, menjadikannya “tepat di depan muka”.
  • Peningkatan kecil dalam eksposur mencerahkan bingkai dan memungkinkan pengaturan untuk menonjol, khususnya pada layar ponsel.
  • Untuk karangan bunga dan benda mati warna-warni lainnya, meningkatkan saturasi sedikit (kurang dari 10) akan memunculkan warna sehingga membuatnya lebih menonjol.
  • Terakhir, sesuaikan kehangatan foto. Secara umum, ini berarti mendinginkan gambar sedikit demi sedikit untuk efek menenangkan yang elegan yang juga masih sangat nyata.

Meskipun semua pengeditan ini sederhana, namun sangat penting untuk menghasilkan gambar akhir yang fantastis yang siap dibagikan dan bisa jadi menyenangkan orang lain.

Apple ProRAW

Sesuatu yang sangat menarik adalah pengenalan Apple ProRAW di iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, yang memberikan jumlah informasi gambar maksimum absolut untuk menerapkan pengeditan lebih dalam. Ini berarti bahwa sekarang iPhone dapat menangkap dan mengekspor gambar RAW secara asli, memungkinkan kemungkinan kreatif baru, dan secara pribadi, dapat dengan mudah memasukkan foto iPhone ke dalam workflow profesional pasca-produksi normal bersama DSLR. Ingatlah untuk mengaktifkan Apple ProRAW pada model iPhone 12 Pro untuk memulai.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari Apple ProRAW, gunakan aplikasi edit gambar Adobe Lightroom. Di Lightroom, lakukan pengeditan yang sama seperti yang pada aplikasi Foto – krop atau rasio aspek, pencahayaan, saturasi, dan kehangatan – tetapi untuk bunga still life, khususnya, tersedia kemampuan untuk menyempurnakan bunga tertentu dengan menggunakan Alat Filter Radial, yang memungkinkan memilih area kecil untuk melakukan pengeditan tertentu.

Untuk memulai Apple ProRAW di iPhone 12 Pro atau iPhone 12 Pro Max, pilih Pengaturan> Kamera> Format, lalu nyalakan fitur tersebut.

So, buat kalian yang gemar fotografi dan memiliki iPhone 12 Pro, maksimalkan fitur tersebut dengan tips fotografi di atas tadi ya!

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *