Review Laptop Paling Trendy untuk Gen-Z Masa Kini, ASUS VivoBook S14 S433

Kemarin, ASUS baru saja mengumumkan secara resmi peluncuran laptop terbaru mereka yang ditujukan untuk kawula muda Gen-Z Indonesia, ASUS VivoBook S14 S433. Laptop ini membawa perubahan segar berupa peningkatan performa serta desain yang lebih baik daripada versi sebelumnya. Informasi umum mengenai laptop ASUS VivoBook S14 S433 ini bisa dibaca di sini.

Kali ini, kami akan melakukan sedikit review terhadap laptop terbaru ASUS, VivoBook S14 S433.

Desain & Dimensi

Laptop ASUS VivoBook S14 (S433) memiliki bodi yang sangat tipis dan ringan. Beratnya hanya 1,4 kilogram dan memiliki ketebalannya hanya 15,9 mm saja.

Bagian belakang layarnya sekarang tampil lebih minimalis namun tetap elegan. Ada tulisan “ASUS VivoBook” yang berada di sisi kanan sehingga tersisa “ruang kosong” atau dalam istilah desain adalah “negative space” yang cukup luas di sana.

Bagian ini memang sengaja dikosongkan, karena setiap pembelian laptop ini, akan mendapatkan stiker ekslusif karya seniman visual ternama, Muklay. Tetapi seandainya dibiarkan tetap bersih juga nggak masalah kok, kembali ke selera masing-masing pengguna saja, ada yang suka tampil ramai, unik dan berbeda, namun ada pula yang lebih suka tampil minimalis dan sederhana.

Meski memiliki bodi yang ringkas, hanya 14 inci saja, namun layar laptop ASUS VivoBook S14 S433 ini tampak luas, ini berkat masih dipertahankannya teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan laptop ini memiliki bezel yang sangat tipis, sehingga rasio layar terhadap bodinya mencapai 85%.

Layar VivoBook S14 S433 sekarang telah mampu mereproduksi warna pada color space sRGB hingga 100 persen. Alhasil, laptop ASUS VivoBook S14 S433 ini sangat sesuai untuk memenuhi kebutuhan para content creator seperti fotografer dan video editor.

Lebih Aman dengan Fingerprint + Windows Hello

VivoBook S14 S433 memiliki teknologi fingerprint atau pembaca sidik jari, yang telah terintegrasi dengan fitur Windows Hello di Windows 10. Fitur ini memudahkan pengguna untuk masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetikkan password. Login lebih cepat, praktis, dan tetap aman karena tidak sembarang orang dapat mengakses laptop ini.

Ada yang tampil menonjol dari jajaran tuts keyboardnya. Pada tombol Enter, warnanya sangat mencolok, kuning menyala. Mirip seperti tombol AWSD di laptop gaming, tapi ini khusus tombol Enter saja.

Port Konektivitas yang Lengkap

Laptop ASUS VivoBook S14 S433 menyediakan cukup banyak port di bagian sisi kanan dan kirinya. Selain lampu indikator, ada slot memory card reader dan 2 port USB di sisi kanan.

Sedangkan di sisi kanannya, ada port audio, port USB type-C, port USB Hi-Speed, port HDMI serta port power input.

Laptop ASUS VivoBook S14 S433 telah dilengkapi modul WiFi 802.11ax atau WiFi 6 yang merupakan teknologi komunikasi data nirkabel generasi terbaru. WiFi 6 menjanjikan kecepatan transfer data yang lebih tinggi yaitu hingga tiga kali lipat, kapasitas jaringan hingga empat kali lipat lebih banyak, dan latency hingga 75 persen lebih rendah. Tapi untuk bisa memenuhi kondisi ini, access point dan router yang digunakan juga harus memenuhi syarat yang sama.

Tes Benchmark

Kebetulan varian laptop ASUS VivoBook S13 S433 yang kami gunakan adalah prosesor Intel Core i5-10210U yang memiliki konfigurasi empat core dan delapan thread. Prosesor Intel Core Gen-10 terbaru ini, terbukti powerful namun tetap hemat daya.

Dari hasil pengujian aplikasi Cinebench R20 dan PCMark 10, VivoBook S14 S433 berhasil mendapatkan skor yang cukup tinggi. Ini membuktikan bahwa laptop ini sesuai untuk memenuhi aktivitas harian penggunanya.

Untuk tes benchmark grafis, kami menggunakan aplikasi 3DMark yang telah jadi standar uji grafis. Hasilnya bisa dilihat pada screenshot di bawah ini :

Performa grafisnya tergolong kencang, hal ini tentu saja berkat penggunaan chip grafis NVIDIA GeForce MX250 yang memiliki performa mumpuni untuk bermain game esport dan kasual.

Satu hal yang menarik bagi kami dari VivoBook S14 S433 adalah penggunaan PCIe SSD berkapasitas 512GB sebagai media simpannya. Namun yang berbeda, VivoBook S14 (S433) menggunakan SSD khusus dari Intel yang telah dilengkapi dengan Optane Memory berkapasitas 32GB. Optane Memory adalah teknologi eksklusif Intel yang memanfaatkan memori tambahan sebagai cache. Dengan adanya cache, SSD mampu mengakses data yang sering diakses secara lebih cepat dan pada akhirnya performa VivoBook S14 S433 secara keseluruhan dapat menjadi lebih kencang.

Tadi dikatakan bahwa prosesor Intel Core Gen-10 memiliki performa tinggi namun tetap hemat daya. Untuk membuktikannya, kami menggunakan aplikasi PCMark10 sebagai aplikasi benchmark testingnya. Dan hasilnya adalah sebagai berikut :

Dengan baterai 50Whrs yang lebih besar dibandingkan laptop sekelasnya, VivoBook S14 (S433) mampu bertahan selama 12 jam saat diuji menggunakan PCMark 10 Battery pada mode Modern Office.

Demikian hasil review kami tentang laptop trendy terbaru dari ASUS, VivoBook S14 S433. Menurut kalian, fitur apa yang membuat kalian tertarik untuk memilikinya? Tuliskan pendapat kalian di kolom komentar ya?

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *