[REVIEW] ASUS X454Y, Laptop Kelas Menengah Untuk Pelajar dan Pekerja

ASUS X454Y

Komputer kini serasa seperti bagian hidup masyarakat urban sehari-hari, kemampuan sebuah komputer yang portabel membuat laptop semakin populer di kalangan masyarakat jaman sekarang mulai dari kalangan pekerja hingga pelajar. Untuk mengakomodir hal ini ASUS selaku produsen komputer mengeluarkan banyak lini laptop, kali ini tim @gadgetapa kedatangan ASUS X454Y, laptop kelas menengah keluaran ASUS.

Memiliki sebuah laptop dengan kemampuan cukup mumpuni tentunya merupakan sebuah keuntungan tersendiri apalagi di jaman sekarang ini laptop semakin terasa sebagai kebutuhan hidup sehari-hari baik untuk pelajar maupun pekerja.

Dalam paket penjualan ASUS X454Y anda akan mendapatkan sebuah laptop, charger, buku manual, buku garansi, strap, dan sebuah DVD Driver.

Bodi ASUS X454 ini sepenuhnya terbuat dari material plastik yang terkesan cukup solid dan kuat saat dipegang. Bodinya juga memiliki motif bintik-bintik agar tidak terlalu licin di tangan.

Mengusung layar 14” berjenis TFT LCD dengan resolusi 1366×768 layar ASUS X454Y cukup nyaman dipandang, ukuran layar 14” memang cukup ideal dan sudah menjadi standar laptop mainstream, cukup nyaman untuk digunakan bekerja dan untuk mengkonsumsi tayangan multimedia. ASUS juga menyematkan speaker stereo yang ditandemkan dengan teknologi SonicMaster yang dapat diatur melalui software AudioWizard untuk memanjakan telinga pengguna. Percayalah, gunakan AudioWizard untuk meningkatkan kualitas suara pada ASUS X454Y ini.

Keyboard pada ASUS X454Y ini terbilang biasa saja, tidak terlalu enak dipakai tapi tidak terlalu jelek juga, satu hal yang cukup mengganggu adalah tidak adanya LED indikator untuk caps lock sedang tertekan atau tidak sehingga harus dicek manual.asus x454y

Trackpad yang disematkan pada laptop ini cukup lebar dan cukup nyaman digunakan, beberapa fungsi seperti scrolling, show desktop, bisa dilakukan dengan multi-gesture, secara overall saya menyukai menggunakan trackpad ASUS ini.

ASUS X454Y diotaki oleh prosesor AMD A8-7410 APU Quad Core 2.2GHz yang disandingkan dengan RAM 4GB dan HDD 500GB yang cukup besar untuk menyimpan banyak file kerjaan maupun film.

Urusan grafis dipercayakan kepada AMD Radeon R5 M320 2GB dengan arsitektur CGN dan kecepatan 780MHz.asus x454yasus x454y

Dukungan port yang ada pada ASUS X454Y juga cukup banyak, ada jack 3.5mm, pot LAN, VGA, HDMI, 1x USB 3.0, 2x USB 2.0, Kensington Lock, dan slot memory card, tidak lupa pula ASUS menyematkan DVD-RW.

Kesimpulan

Selama memakai ASUS X454Y tim @gadgetapa merasa cukup puas dengan performanya, ASUS X454Y bisa digunakan untuk komputasi ringan, browsing, mengkonsumsi multimedia hingga mengedit video.

Sayangnya pada paket penjualan ASUS X454Y tidak dilengkapi dengan sistem operasi sehingga harus install sendiri lagi. Tenang, soal driver ASUS sudah menyiapkan DVD yang berisikan driver yang dibutuhkan untuk ASUS X454Y.

Dalam pemakaian berat suhu ASUS X454Y menjadi cukup hangat tapi panasnya tidak begitu mengganggu di tangan.

Laptop ini juga bisa digunakan untuk bermain game, tentunya game yang tidak terlalu berat, tapi dalam pengujian bersama tim @gadgetgaul, laptop ini masih bisa menjalankan GTA V, yah walaupun dalam kondisi sudah ngos-ngosan kepayahan. Sangat tidak direkomendasikan untuk bermain GTA V menggunakan laptop ini.

Dalam sekali pemakaian non-stop baterai laptop ini dapat bertahan hingga 4 jam, dan untuk mengisi ulang baterainya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga penuh, untung charger yang disediakan ASUS cukup enteng dan ringkas jadi tidak terlalu memberatkan saat harus membawa charger.

Satu hal yang cukup mengganggu adalah seringnya ASUS X454Y ini lambat ketika digunakan untuk browsing dengan firefox, tapi ketika firefoxnya ditutup laptop ini langsung berjalan normal kembali.

Secara overall ASUS X454Y adalah laptop yang cukup nyaman digunakan untuk kebutuhan komputasi yang ringan, menonton multimedia, dan browsing-browsing. Daya tahan baterai yang hanya 4 jam mengharuskan anda membawa charger selalu. Minusnya sistem operasi pada laptop ini terasa bisa dimaklumi dengan spesifikasi yang didapat di rentang harga 4 jutaan.

 

The following two tabs change content below.

59 thoughts on “[REVIEW] ASUS X454Y, Laptop Kelas Menengah Untuk Pelajar dan Pekerja

          1. gan cara setting nya biar bisa main dota 2 gimana ya ? soalnya fps nya cuman 15 ga enak banget kalo buat main, mohon pencerahannya

          2. Bro, serius bisa main dota 2 ?
            Saya mau beli ini laptop tp pertimbangan bisa main dota 2 atau tidak.

  1. gan laptop ane persis bgt sama yg kyk diatas cuma kok vram Laptop ane cuma 512MB ya ? Laptop + spec yg tertulis sama persis padahal

  2. Kak saya baru ambil ni laptop dari toko, pas di cek keyboardnya tombolnya ada yg hitam pekat, ada yg nggak terlalu, sekilas sih gak bkal keliatan, tapi coba bawa ke tmpat terang/senterin keyboardnya, apa designya memang bgtu? Takutnya udah di apa apain. Trims. Di tunggu blesan’nya.

      1. Gan adakah yg sudah instal adobe primiere cc 2017, kok punya saya waktu mau instal error cx000007b kaya gitu

  3. Gan mau tanya sy baru beli laptop ini buat adik sy yg mau masuk smk jurusan arsitek..kira2 support buat Autocad ga ya

      1. Malah bagusan maen game klw lagi di chas gan fpsny bisa naek, karna daya batrai sama arus ac kan beda. Jd performa prosesorny kluar smua dia

  4. Gan, punyak saya persis ini overall puas lah..bodi sama kinerja cuman buat harian aja cuman keluhannya di trackpad terasa ringkih Gan..agak bunyi cetek cetek kaya kosong dibawahnya..apa gitu apa cuman punya saya aja ya?

      1. Gan kalau buat dota 2 emang bisa yaahhh ??
        Lalu itu windows 10 nya pas beli ada kaset nya gak ??
        Dan saya baru beli kemarin dan di buka hari ini (cas laptop)
        Error : Memory_Management itu knpa yaa gan ..
        Trima kasihh.

  5. Saya instal ulang asus x454ya saya menggunakan windows 7..msh ada beberapa driver yg belum terdeteksi..saya googling belum dapet drivernya sampe skrng..tolong di bantu..terimakasih

  6. Gan asus saya juga x454y.. Saya mau ganti hdd dengan ssd bisa gak.. ?
    Ssd yg cocok buat laptop ini type apa ya..? Mohon solusinya.. Mau digunakan untuk autocad 2015 biar gak lemot..
    Makasih sarannya..

  7. gan saya mau tanya knpa saya beli laptopnya tidak bisa terbaca semua ramnya?
    cuman kebaca 3.4gb padahal 4gb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *