[REVIEW] ASUS VivoBook A407, Terjangkau Plus Fingerprint

ASUS adalah salah satu pabrikan laptop yang sudah terkenal namanya di Indonesia, mulai dari laptop entry level hingga laptop high end. Dan di beberapa laptop high end nya ASUS juga sudah menyematkan fingerprint scanner. Kali ini ASUS mencoba membawa fingerprint scanner tersebut ke laptop entry levelnya.asus a407

Kenalkan , ASUS VivoBook A407. Dengan harga yang cukup terjangkau laptop ini sudah ada fingerprint scanner di bagian touchpadnya, yang artinya laptop ini juga mendukung fitur Windows Hello yang biasanya hanya ada di laptop high end.  Oke, kita lihat dulu apa sih spesifikasi dari si ASUS VivoBook A407 ini.

Main Spec. ASUS Vivobook A407
CPU Intel® Core™ i3-6006U Processor, 2.0GHz (3M Cache)
Operating System Windows 10 Home
Memory 4GB DDR4
Storage 1TB  HDD 5400RPM
Display 14″ (16:9) LED backlit HD (1366×768) Glare, Ultra Slim 200nits
Graphics NVidia MX110 2GB GDDR5 / Intel HD graphics 510
Input/Output 1x Microphone-in/Headphone-out jack, 1x USB 3.0 port, 1x HDMI, 1x MicroSD card reader, dan 1x USB 2.0 Port
Camera VGA Web Camera
Connectivity Dual band 802.11ac Bluetooth V4.1
Audio ASUS SonicMaster Technology
Battery 3 cell Li-ion, 33WHrs
Dimension 328.6 x 246.3 x 21.9mm
Weight 1,55Kg with Battery
Colors Stary Grey dan Icicle Gold
Warranty 2 tahun garansi global

 

Disain

ASUS VivoBook A407 ini memiliki ukuran 14 inci dengan berat 1,5 kg dan memiliki dua pilihan warna yakni Star Grey dan Icicle Gold yah bahasa gampangnya sih abu dan emas.

Lid dari laptop ini menggunakan disain brushed metal , yang kalau dipegang anda akan merasakan seperti ada garis-garis halus di lid nya dan membuat tampilan laptop ini terlihat lebih berkelas. Disainnya brushed metal tapi bahannya dari plastik yah guys.

asus a407

Laptop ini juga ada perubahan di bidang engselnya , kalau dulu di bagian engselnya biasanya hanya berbentuk kotak saja maka di laptop ini bagian engselnya agak membulat. Area palm rest juga memiliki sentuhan brushed metal disain yang sama dengan lid laptop. Dan seperti biasa, tombol powernya menyatu dengan tombol keyboard yang terletak di bagian kanan atas.

asus a407

Pada bagian layarnya terlihat bezel yang tipis di kiri dan kanannya yang membuat tampilan laptop ini makin ciamik, teknologi yang digunakan ASUS ini diberi nama “nanoedge” yang fungsinya untuk memaksimalkan display sambil meminimalkan bodi laptop.

asus a407

Pada bagian kanannya terdapat satu port USB 2.0, indikator status baterai , indikator status HDD serta Kensington lock.

Pada bagian kirinya terdapat port power, lubang keluaran panas, port USB 3.1, port jack 3,5mm, slot micro SD , serta port HDMI.

Sedangkan di bagian bawahnya ada lubang sirkulasi udara serta dua lubang keluaran speaker.

Layarnya sendiri berukuran 14 inci WXGA TN panel @60hz dengan resolusi 1366×768 disain matte bukan glossy yang memiliki screen to body ratio sebesar 73,8% dan untuk warnanya katanya 45% NTSC yang berarti RGB nya sekitar 63%.

Baca juga : ZUK akan Merilis Ponsel “Bezel-less” pada Bulan Juni Mendatang

Spesifikasi

ASUS VivoBook A407 ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i3-6006U Skylake, RAM DDR4 4GB yang bisa diupgrade hingga 16GB (ada dua slot memori), HDD 1TB 5400rpm, intel HD 620 , serta kartu grafis NVIDIA MX110 GDDR5 2GB. Yang disokong oleh baterai lithium polimer 2-cell yang diklaim ASUS bisa fast charging hingga 60% dalam 49 menit.

Pengalaman penggunaan

ASUS VivoBook A407 memiliki berat sekitar 1,55kg dan ketebalan 2,2cm yang berarti cukup portable untuk dibawa ke mana-mana.

Layarnya sendiri karena masih menggunakan TN panel jadinya warnanya tidak terlalu tajam namun masih cukup nyaman untuk dilihat.

Untuk keyboardnya sendiri cukup nyaman digunakan namun memang belum disertai dengan backlight.

Touchpadnya sendiri sudah dilapisi gelas yang terkesan premium serta dilengkapi dengan fingerprint sensor yang kerjanya akurat dan cepat, which is good, karena ini sudah tahun 2018, hape dengan harga 1 jutaan aja ada fingerprint sensor kok.

Mengingat laptop ini sudah dibekali oleh kartu grafis MX110 berarti laptop ini juga sudah bisa digunakan untuk bermain game yang tidak terlalu berat yah, dan tentunya bisa light editing juga.

ASUS juga tidak lupa membekali laptopnya dengan ASUS Splendid Technology , yang di dalamnya terdapat empat mode tampilan layar yakni normal mode, eye care mode, vivid mode, dan manual.

Gue sangat menyarankan untuk menggunakan eye care mode ketika akan digunakan dalam waktu yang lama dan tidak terlalu mementingkan produktivitas warnanya.

Urusan baterai , dengan pemakaian ringan baterai laptop ini bisa bertahan hingga 3 jam pemakaian.

Dengan RAM 4GB performa multitasking terasa agak kurang apalagi jika menggunakan browser chrome yang memang memakan RAM banyak.

 

Kesimpulan

ASUS VivoBook A407 ini adalah sebuah consumer laptop yang cocok digunakan untuk para pelajar atau bagi orang orang yang tidak terlalu membutuhkan laptop dengan kinerja yang tinggi dan bisa bermain game enteng ataupun light photo editing. Selain fingerprint scanner yang menjadi salah satu kelebihannya, kartu grafis MX110 juga merupakan tambahan yang menarik.

The following two tabs change content below.
Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

Latest posts by Mikhail Surjadi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *