[REVIEW] ACER TRAVELMATE P648, Notebook yang Tangguh Untuk Pebisnis?

Acer TravelMate

Halo semuanya, kali ini @gadgetapa kedatangan Acer TravelMate P648, sebuah notebook komersial dari Acer. Dengan seri TravelMate ini nampaknya Acer memang berniat menjadikan notebook ini sebagai teman perjalanan anda. Pasalnya notebook ini dibalut bahan carbon fiber yang sudah dikenal enteng namun kuat. Begitu pula dengan baterainya yang diklaim tahan hingga 9 jam pemakaian normal.

Disain

Acer TravelMate

Dari sisi disain notebook ini menganut DNA disain yang sama dengan TravelMate sebelumnya yang yah bisa dibilang hampir sama dengan kebanyakan notebook bisnis lainnya yakni dengan warna hitam doff mendominasi di bodi notebook ini dengan sedikit sentuhan silver matte di engselnya.  Di bagian tutupnya sangat simpel, hanya ada logo acer berwarna perak dan tulisan carbon fiber chassis berwarna abu-abu. Ketika dipegang  notebook ini terasa kokoh dan tahan banting.

Acer TravelMate

Di balik tutupnya ada layar 14” dengan resolusi maksimal 1366×768, logo acer di bagian bawah layar, keyboard dengan backlit yang memudahkan untuk mengetik di keadaan kurang cahaya sekaligus bikin makin keren tampilan notebook ini.

Acer TravelMate P648

Lanjut ke sisi kiri ada port LAN, VGA, HDMI, USB 3,0, USB type c dan audio jack 3.5mm.

Acer TravelMate P648

Di sisi kanan ada port power, kensington lock, dan 2 USB 3.0.

Acer TravelMate P648

Di sisi depan ada slot memory card dan lampu indikator.

Sayang sekali layarnya memiliki viewing angle yang tidak begitu besar, ketika dicoba mengubah derajat layarnya sedikit saja warna yang ditampilkan sudah berubah.

Performa

Acer TravelMate P648 ini sudah terinstall Windows 10 home dan dengan bodi yang kokoh. Acer meng-klaim notebook ini tahan terhadap guncangan, benturan dan temperatur yang ekstrim serta keyboard yang tahan air.

Sayangnya keyboard yang digunakan pada notebook ini menurut saya agak kurang enak digunakan, dengan travel distance yang pendek membuat mengetik di keyboard ini terasa kurang nyaman.

Trackpad pada notebook ini memiliki teknologi yang dinamakan Synaptics TouchPad, yang memungkinkan trackpad ini memiliki beberapa fungsi multigestur. Sayangnya fungsi multigestur ini sering tersendat-sendat. Fungsi yang paling sering mengalami masalah ini adalah two finger scroll, seringkali saya dapatkan fungsi ini agak ngadat di sana-sini.

Saat digunakan untuk membuka firefox dan chrome dengan banyak tab juga sering tersendat-sendat, wajar saja karena memang kedua browser tersebut memakan banyak memori dan memori yang disediakan oleh notebook ini hanyalah 4GB.

Acer memberikan beberapa fungsi yang cukup menarik di sini antara lain adalah Acer Quick Access dan Acer Control Center yang memberikan shortcut untuk mengatur beberapa settingan semisal Bluelight Shield (fitur untuk memudarkan elemen warna biru agar mata tidak cepat lelah) , dust defender (fitur untuk memaksa debu keluar dari dalam komponen laptop dengan menyalakan kipas di dalamnya) dan beberapa fungsi untuk mengecek kesehatan baterai, harddisk, dan lainnya.

Dalam penggunaan saya sehari-hari notebook ini memiliki baterai yang cukup awet, bisa tahan hingga 7-8 jam dengan kebanyakan pemakaian untuk mengetik diselingi dengan menonton dan browsing-browsing di dunia maya.

Diotaki oleh i7 6500 @2.50 GHz  , SSD 256GB, RAM 4GB DDR4 dan  VGA Intel HD Graphics 520 kebanyakan tugas yang diberikan ke notebook ini bisa dilahap dengan cukup baik, mulai dari photo editing hingga video editing untuk pemula masih bisa dijalankan dengan mulus tanpa hambatan.

Kesimpulan

Notebook Acer ini sebenarnya cukup nyaman digunakan sehari-hari dengan catatan keyboardnya tidak terlalu enak digunakan, untuk baterai juga cukup lama tahan hingga 8 jam, cukup lah untuk penggunaan sehari-hari, port HDMI dan port VGA yang dimiliki juga mampu mengakomodir kebutuhan bisnis yang biasa membutuhkan port VGA untuk menampilkan presentasi ke proyektor.

Hanya saja dengan memori 4GB, layar belum Full HD (1366×728), viewing angle yang kurang memuaskan dan tidak adanya VGA dedicated (di versi tingginya Acer TravelMate ini dilengkapi VGA Nvidia GeForce 940M RAM 2GB) mengurangi kenyamanan menggunakan laptop ini apalagi kalau digunakan untuk editing video dan foto tingkat advanced.

 

The following two tabs change content below.
Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *