Perbedaan SSD Dan HDD, Mana yang Terbaik?

Di zaman yang semakin maju ini, kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah SSD atau HDD. Saat ini kedua istilah tersebut sudah erat dengan kehidupan sehari-hari untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Namun siapa sangka ternyata masih banyak orang bingung dengan perbedaan SSD dan HDD karena kegunaannya yang hampir sama.

Pengertian SSD dan HDD

SSD (Solid State Drive) adalah perangkat atau media yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. SSD umumnya berupa chip penyimpanan yang berbasis bahan silikon pada ujungnya sehingga ketika dimasukkan pada slot komputer atau laptop data dapat terbaca dengan baik.

Sedangkan HDD (Hard Disk Drive) merupakan media penyimpanan hanya saja ukurannya jauh lebih besar. Sistem yang digunakan oleh HDD ini berupa magnetis untuk menampilkan, mengambil dan menyimpan data. Komponen utama yang digunakan berupa piringan yang telah dilapisi oleh magnet dengan sistem kerja berputar.

Kelebihan SSD

1. Tidak berbunyi

SSD merupakan IC microchip yang ditanamkan untuk menyimpan data. Sebagai versi tercanggih, membuat SSD tidak memerlukan piringan atau komponen yang bergerak sehingga dapat meminimalisir bahkan tidak menghasilkan bunyi berisik.

2. Efektifitas booting

Kelebihan SSD yang berikutnya yakni sangat efektif untuk booting karena memiliki kinerja dan kecepatan yang cukup tinggi. sistem elektrik pada SSD mampu menunjang kinerja sehingga gerak setiap part elektrik lebih cepat untuk memindah, membaca maupun membuka data.

3. Tahan lama

SSD menggunakan teknologi flash berbasis NAND yang merupakan jenis Non-Volatile memory. Perlu diketahui bahwa Non-Volatile memory ini adalah sebutan untuk memori yang dapat menyimpan data meskipun supply tegangan tidak diaktifkan/ mati sehingga data dapat tersimpan dalam waktu yang lama tanpa khawatir hilang permanen.

Kelebihan HDD

1. Murah

Kamu pasti sudah tidak asing dengan HDD karena umumnya komponen ini sangat mudah ditemui. Banyak alasan mengapa HDD ini dipilih sebagai perangkat atau media penyimpanan salah satunya adalah harganya yang cukup terjangkau. Dengan harga murah kamu bisa menyimpan semua data pada media yang kapasitasnya cukup besar.

2. Kapasitas jauh lebih besar

Seperti yang disebutkan di atas, kelebihan HDD lainnya yakni kapasitas atau ruang penyimpanannya yang cukup besar. Kapasitas rata-rata HDD untuk laptop yaitu sekitar 2TB dan untuk desktop sebanyak 10TB.

Kekurangan SSD

1. Mahal

Dari kelebihan yang telah disebutkan, tentu SSD memiliki beberapa kekurangan salah satunya harganya yang cukup tinggi. Namun, teknologi canggih dengan inovasi terbaru serta efek yang diberikan rasanya cukup sebanding.

2. Kapasitas tidak sebanyak HDD

Kekurangan SSD berikutnya dari segi kapasitas penyimpanan. Jika HDD mempunyai kapasitas atau fragmentasi sekitar 2 sampai 10TB, maka berbeda dengan SSD yang hanya berkisar antara 2 sampai 4TB saja.

Kekurangan HDD

1. Menghasilkan getaran, suara dan suhu panas

Kekurangan HDD yang paling dapat kamu rasakan adalah efek dari getaran, suara dan suhu. Saat piringan berputar akan terasa getaran dan suara yang dapat kamu rasakan. Sedangkan putaran piringan tersebut mampu menghasilkan suhu panas cukup tinggi.

2. Data dapat hilang

HDD tidak dilengkapi dengan sifat yang aman dari efek magnetis. Jika tidak disertai dengan komponen tersebut data dapat dengan mudah terhapus atau hilang karena magnet.

Itulah beberapa perbedaan SSD dan HDD yang patut kamu ketahui agar lebih mudah membedakannya. SSD sangat direkomendasikan untuk penyimpanan yang lebih fleksibel sedangkan HDD lebih tepat untuk menyimpan data dengan kapasitas lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *