Pemindai Sidik Jari di Bawah Layar Akan Hadir di Tahun 2018

Synaptics, perusahaan yang telah menangani jutaan trackpad dan layar sentuh pada smartphone, pada minggu ini telah mengumumkan bahwa mereka sudah memulai fase mass production untuk pemindai sidik jari di bawah layar.

pemindai sidik jariDiberi nama Clear ID, teknologi ini diharapkan bisa berfungsi dengan baik selayaknya pemindai sidik jari yang telah hadir sekarang ini , hanya saja bedanya pemindai sidik jari ini letaknya berada di bawah layar.

Setahun lalu, Synaptics mengumumkan keluarga FS9100 optical fingerprint sensor , pada saat itu teknologi ini cukup mencengangkan dunia tapi belum bisa diimplementasikan pada perangkat asli. Bahkan karena satu dan lain hal teknologi ini tidak jadi dipakai oleh Samsung sehingga Samsung terpaksa mengubah disainnya pada menit-menit terakhir.

Samsung menginginkan layar bezelless di depannya tanpa kehilangan pemindai sidik jari yang juga berada di depan layar, meski begitu rencana ini tidak berjalan sesuai rencana dan Samsung terpaksa menempatkan pemindai sidik jarinya di lokasi yang tidak wajar pada bagian belakang perangkatnya.

Teknologi FS9500 Clear ID , dirumorkan akan bekerjasama dengan 5 industri smartphone terbesar yang kemungkinan adalah Apple, Samsung, Huawei, Oppo/Vivo, atau Xiaomi. Kerjasama Samsung dan Synaptics dan kenyataan bahwa Samsung menyebut layarnya sebagai “infinity displayā€¯ (yang diambil dari nama OLED infinity display bikinan Synaptics) mengisyaratkan keduanya akan bekerjasama lagi untuk mewujudkan rencana mereka yang sempat tertunda.

Siapapun yang hendak bekerjasama dengan Synaptics, nampaknya satu hal yang pasti, pabrikan ponsel akan mengikuti tren pemindai sidik jari di bawah layar. Akankah hal ini benar terjadi di tahun 2018? Kita lihat saja nanti.

The following two tabs change content below.
Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

Latest posts by Mikhail Surjadi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *