MediaTek M80 Modem Chipset Terbaru Dengan Dukungan 5G

Tahun 2021 merupakan tahun dimana orang berlomba – lomba menciptakan sesuatu inovasi terbaru untuk menyenangkan hati para konsumen salah satunya adalah perkembangan konektifitas 5G menurut kabar berita sangat ditunggu oleh para pencinta koneksi internet cepat diseluruh dunia khususnya di Indonesia.

Berbicara mengenai konektifitas jaringan internet 5G, Salah satu perusahaan bernama MediaTek diam – diam telah mengembangkan teknologi 5G dan akhirnya muncul ke permukaan dengan serial modem M80 5G.

Product terbaru modem M80 mendukung kecepatan sangat cepat dalam hal koneksi internet karena mempunyai arsitektur non-standalone (NSA_ dan standalone (SA) dengan kecepatan maksimal 7,67 Gbps untuk downlink dan 3,76 Gbps untuk uplink. Selain itu, modem M80 mendukung jaringan dual 5G SIM, Dual 5G NSA dan jaringan SA serta dual voice over new radio (VONR) untuk konektivitas yang lebih stabil dan dapat diandalkan.

Menurut JC Hsu, Corporate Vice President and General Manager MediaTek dari unit Bisnis Wireless Communications mengatakan bahwa “ Seiring dengan percepatan peluncuran 5G, mmWave menjadi semakin penting terutama di Amerika. Modem 5G terbaru MediaTek mengintegrasikan dukungan untuk jaringan sub-6 GHz dan mmWave untuk mengatasi peluang ini dan memberi ruang fleksibilitas bagi perancang dan pembuat perangkat lebih banyak lagi. Untuk memajukan pengalaman 5G pengguna, modem baru ini mendukung standar dan spesifikasi seluler global terbaru dan mengemas teknologi penghematan daya khas MediaTek bersama dengan kecepatan ultra-cepat”.

Modem 5G MediaTek ini dapat difungsikan untuk membagikan koneksi internet cepat ke berbagai lini seperti, Smartphone, PC, Hotspots Mi-Fi da peralatan konsumen broadband lainnya. Sebelumnya MediaTek telah meluncurkan modem 5G pernama dengan nama Modem M70 yang mana dibangun untuk melakukan uji coba pertama dan ternyata bagus chipset yang dibuat oleh MediaTek untuk mendukung koneksi 5G.

Modem M80 telah diuji dalam beberapa tahapan yang sangat ketat sehingga pada akhir tahun 2021 bisa ditawarkan kepada beberapa konsumennya untuk menggunakan akses jaringan internet 5G selain itu, M80 dapat mengintegrasikan teknologi 5G UltraSave yang mana dapat meningkatkan desain chip secara tunggal dan dapat meningkatkan penghematan daya cukup signifikan.

Ditambah Modem MediaTek M80 dapat mengintegrasikan teknologi Dynamic Bandwidth Part (BWP) dari MediaTek yang dirancang khusus untuk mengoptimalkan penggunaan bandwith supaya tidak boncos terus.

Kedepannya MediaTek akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan operator yang nantinya telah siap dengan konektifitas 5G sehingga seluruh konsumen dapat dengan leluasa atau bebas menggunakan konektifitas jaringan 5G dengan sangat nyaman dan aman.

Menurut kamu gimana nih gengs? Apakah nantinya di Indonesia dapat merasakan koneksi 5G dengan menggunakan modem M80 ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *