Laptop Gaming ASUS ROG CES 2021 – Inovatif + Futuristik

Di ajang CES 2021 yang diselenggarakan secara virtual live streaming beberapa waktu lalu, ASUS mengumumkan jajaran laptop gaming ROG terbaru yang dilengkapi dengan teknologi dan inovasi terbaru. Dengan tema acara For Those Who Dare, ASUS juga memperkenalkan ROG Flow X13, laptop gaming transformable yang ultra portable.

ASUS juga memperbarui lini laptop gaming layar ganda melalui tipe ROG Zephyrus Duo 15 SE, serta varian terbaru laptop gaming ROG Strix series yang bisa dikustomisasi. Bersamaan dengan acara ini, ASUS juga mengembangkan aplikasi virtual tour dengan judul ROG Citadel XV yang bisa diunduh melalui Steam secara gratis.

Di dalam ROG Citadel XV, kita bisa menjelajahi setiap ruangan dan menemukan banyak informasti terkait dengan brand ROG. Dipandu oleh Omni Robot, kita bisa mengetahui teknologi dan fitur terbaru pada produk-produk ROG yang diluncurkan saat itu, termasuk teknologi yang sedang dikembangkan. Di dalam aplikasi ini, kita juga bisa mencoba game first-person shooter untuk mendapatkan skor tertinggi, mengalahkan pengunjung lainnya. Dan, jika kita cukup beruntung, kita bisa menemukan Alan Walker di sana.

ROG Flow X13

ROG Flow X13 merupakan laptop gaming convertible inovatif terbaru yang ditenagai oleh prosesor hingga AMD Ryzen 9 5980HS serta chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1650. Kombinasi CPU dan GPU pada ROG Flow X13 mampu menemani penggunanya hingga 10 jam menggunakan baterai. ROG Flow X13, laptop gaming yang ringkas, ringan, dan sangat portabel ini telah didukung fitur USB Power Delivery yang memungkinkan pengisian daya melalui adapter USB Type-C 100W khusus. Berkat adapter tersebut, ROG Flow X13 dapat diisi ulang dayanya dari 0% hingga 60% hanya dalam waktu 39 menit.

Sebagai laptop gaming convertible, layar ROG Flow X13 dapat diputar hingga 360 derajat. Tidak cuma untuk gaming semata, ROG Flow X13 juga mampu tampil sebagai laptop multifungsi. Layarnya touchscreen dengan opsi panel FHD 120Hz atau panel 4K. Keduanya dilindungi oleh Corning Gorilla glass serta mendukung penggunaan stylus. Layar ROG Flow X13 telah mendukung teknologi Adaptive Sync serta mengantongi sertifikasi PANTONE Validated sehingga akurasi dan tingkat reproduksi warnanya dapat diandalkan sebagai laptop content creation.

Sistem pendingin pada ROG Flow X13 menggunakan liquid metal sebagai thermal compound-nya, dengan tiga heatsink khusus yang dapat melepaskan panas lebih optimal untuk menghadirkan performa tinggi pada bodi laptop yang sangat ringkas.

ROG Flow X13 adalah laptop gaming pertama di dunia yang mendukung ROG XG Mobile, sebuah perangkat GPU eksternal yang ditenagai chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3080 terbaru. Ketika dihubungkan dengan ROG XG Mobile, ROG Flow X13 menjadi laptop dengan performa grafis yang sangat kencang.

ROG XG Mobile dilengkapi dengan serangkaian I/O ports, serta adapter terintegrasi dengan daya 280W yang juga berfungsi sebagai adapter untuk ROG Flow X13.

ROG Zephyrus Duo 15 SE

Laptop ROG Zephyrus Duo 15 SE dilengkapi dengan ScreenPad Plus, layar kedua terintegrasi yang dilengkapi dengan banyak fungsi. ScreenPad Plus dapat dimanfaatkan untuk berbagai skenario seperti mengontrol aplikasi streaming, melihat guide sambil bermain game di layar utama. Untuk content creator, ScreenPad Plus dapat digunakan sebagai kanvas atau bahkan alat kontrol tambahan berkat fitur dukungan integrasi langsung dengan aplikasi kreatif Adobe.

ROG Zephyrus Duo 15 SE ditenagai oleh prosesor terbaru hingga AMD Ryzen 9 5900HX serta chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3080. ROG Zephyrus Duo 15 SE tersedia dalam dua pilihan layar, yaitu panel FHD 360Hz dengan color gamut sRGB 100% atau panel 4K 120Hz dengan color gamut Adobe RGB 100%. Keduanya telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated untuk tingkat akurasi warna yang tinggi.

Sistem pendingin pada ROG Zephyrus Duo 15 SE mengandalkan Active Aerodynamic System Plus (AAS+) yang telah diperbarui. Ketika digunakan, bagian ScreenPad Plus akan terangkat sehingga membentuk rongga udara lebih luas untuk sistem pendinginnya. Kipas Arc Flow-nya mampu meningkatkan aliran udara hingga 13%. ROG Zephyrus Duo 15 SE menggunakan modul pendingin baru dengan lima heatpipe serta penggunaan liquid metal sebagai thermal compound untuk performa pendinginan yang lebih baik.

ROG Strix SCAR 17

OG Strix SCAR terbaru hadir dengan prosesor hingga AMD Ryzen 9 5900HX dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3080, mendukung memori DDR4 3200MHz berkapasitas hingga 64GB serta modul pendingin baru yang lebih baik.

ROG Strix SCAR 17 dirancang sebagai mesinnya gamer esports, dengan layar beresolusi FHD dengan refresh rate hingga 360Hz dan response time 3ms. Layarnya juga memiliki bezel yang lebih tipis serta didukung teknologi Adaptive Sync.

ROG Strix SCAR 17 terbaru hadir dengan baterai berkapasitas 90Whrs yang dapat digunakan untuk memutar video hingga 12 jam. Dukungan fitur USB Type-C Power Delivery membuat ROG Strix SCAR 17 terbaru kini lebih portabel dan dapat diisi ulang dayanya menggunakan adapter yang lebih ringkas.

ROG Strix SCAR 17 terbaru ini menggunakan keyboard optical mechanical. Keyboard dengan fitur per-key RGB tersebut memiliki key travel yang lebih dalam, yaitu 1,9mm, dan juga sangat responsif. Trackpadnya berukuran 85% lebih besar sehingga tetap nyaman digunakan meski tanpa mouse.

Dengan dimensi yang lebih ringkas, desain barunya kini menampilkan RGB lightbar di bagian depan dan sudut depan, serta di bagian bawah layar. Di sudut bodi ROG Strix SCAR 17 terbaru terdapat hinge caps yang dapat ditukar seperti pada peralatan olahraga profesional.

ROG Strix SCAR 17 terbaru menggunakan modul pendingin baru yang mampu mengoptimalkan performa laptop ini dengan tingkat kebisingan lebih rendah dari generasi sebelumnya. Modul pendingin yang dilengkapi kipas Arc Flow, fitur self-cleaning cooling system, serta penggunaan liquid metal sebagai thermal compound membuat ROG Strix SCAR 17 terbaru lebih dingin dan senyap.

The following two tabs change content below.

Maseko

Latest posts by Maseko (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *