Kirin 980, Semumpuni Apa?

Huawei adalah vendor smartphone pertama di dunia yang tercatat meluncurkan SoC (System On Chip) komersial yang diproduksi dengan fabrikasi 7nm. Kirin 980 adalah chipset yang diciptakan dengan peningkatan signifikan dibanding pendahulunya, kirin 970, maupun pesaingnya seperti Snapdragon 845 dan A11.kirin 980

Ketika Kirin 970 diluncurkan pada tahun 2017 lalu, Huawei menempatkan dirinya dalam trend teknologi kecerdasan buatan (AI) di smartphone. Kirin 970 adalah chipset pertama yang mengusung On-Device AI dengan Neural-network Processing Unit (NPU) yang dedicated.

Kirin 980 yang memiliki chipset 7nm bisa mendapatkan peningkatan kecepatan hingga 20 persen , peningkatan efisiensi daya hingga 40 persen, 1,6 kali densitas logic, dan memungkinkan jumlah muatan transistornya 3,5 kali lebih banyak.

Dibandingkan dengan Kirin 970, performa Kirin 980 sebagai SoC pertama di dunia yang dibangun berbasiskan CPU Cortex-A76 telah ditingkatkan sampai 75 persen dan efisiensi dayanya ditingkatkan sampai 58 persen. Dengan peningkatan itu Kirin 980 akan menghasilkan perangkat mobile yang memiliki kinerja lebih tinggi, efisiensi daya yang lebih besar, dan disain yang kompak.

kirin 980

Chipset Kirin 980 juga pertama di dunia yang menggunakan Mali-G76 GPU. Dibandingkan versi sebelumnya, Mali-G76 GPU mengalami peningkatan performa setinggi 46% dan efisiensi daya 178% yang artinya chipset ini bisa memberikan pengalaman bermain yang lebih asik lagi.

Baca juga : OPPO Akan Jadi yang Pertama Menggunakan RAM 10GB?

“Dengan peningkatan yang besar itu, sekali lagi Huawei menempatkan dirinya sebagai pemimpin dalam tren industri, yang masih didominasi chipset yang diproduksi dengan teknologi 10nm ini,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia.

Apalah artinya angka dan peningkatan performa kalau tak bisa dinikmati dalam bentuk perangkat smartphone, bukan? Oleh sebab itu, segala peningkatan performa ini akan segera bisa dinikmati oleh end-user pada smartphone premium terbaru yang akan diluncurkan secara global oleh Huawei pada bulan depan. Huawei juga berkomitmen untuk menghadirkan smartphone premium itu di pasar Indonesia.

Hmm, perangkat apalagi yah.

 

The following two tabs change content below.
Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *