iPhone XS, XS Max, dan XR Resmi Diperkenalkan, Ini Yang Harus Kamu Tahu

Bertempat di California, 12 September 2018 kemarin Apple memperkenalkan tiga varian iPhone terbarunya, yakni iPhone XS, XS Max, dan XR. Apa saja keunggulan masing-masing tipe dan berapa harganya ?

Apple iphone XS

Setelah sebelumnya sempat dibingungkan oleh penamaan iPhone, mulai dari iPhone XL, iPhone XS Plus, hingga iPhone 9 ataupun iPhone XC untuk varian paling murahnya (yang akhirnya mengusung nama XR), ketiga varian iPhone terbaru ini ternyata mengambil nama XS, XS Max (yang sebelumnya XS Plus), dan iPhone XC. Penamaan ini sendiri sebenarnya sejalan dengan penamaan iPhone sendiri mulai dari seri 6 yaitu penambahan embel embel “S” setelah seri sebelumnya. Yang entah kenapa hilang dari iPhone 7 dan iPhone 8.

iPhone XS dan XS Max sendiri hadir dalam tiga balutan warna yakni emas, silver, dan abu-abu. Tiga warna yang lekat dengan Apple. Dan di kedua seri ini ada peningkatan ketahanan air dan debu dari IP67 ke IP68.

“Artinya pengguna bisa menenggelamkan iPhone XS ke air berkedalaman dua meter selama tiga menit,” kata Senior VP Marketing Apple, Philip Schiller, di atas panggung peluncuran Steve Jobs Theatre, Amerika Serikat. Philip Schiler sesumbar berbagai cairan telah disemburkan ke iPhone XS dan ponsel itu tetap berfungsi. Bahkan, ketika ketumpahan bir, pengguna diklaim tak perlu khawatir.

XS dan XS Max mengusung disain yang sama seperti iPhone X dengan notch yang lebar di atasnya untuk menampung berbagai macam sensor , hanya saja ukuran layar dan baterai di iPhone XS Max lebih besar.

iPhone XS memiliki bentang layar 5.8 inci sedangkan iPhone XS Max memiliki bentang layar 6.5 inci dengan layar OLED yang mampu menampilkan warna-warna yang ciamik. Serta hadirnya speaker stereo membuat iPhone generasi terbaru ini makin nyaman digunakan untuk menikmati konten multimedia.

iPhone XS iPhone XS Plus iPhone 9 iPHone 2018

Ketiga iPhone teranyar ini juga sudah menggunakan prosesor A12 Bionic terbaru milik Apple. Prosesor pertama yang menggunakan chip 7nm dengan 6,9 miliar transistor. Jika dijabarkan, dalam satu prosesor terdapat 4-core GPU, 6-core CPU, dan Neural Engine. Tiap core CPU A12 diklaim mampu menjalankan program 15 persen lebih cepat ketimbang A11, sementara GPU-nya 50 persen lebih baik. Ini berarti prosesor A12 Bionic lebih mumpuni untuk iOS 12 yang banyak berhubungan dengan Augmented Reality (AR) , Machine Learning (ML), Animoji serta Siri.

Duo iPhone XS dan XS Max juga sudah memiliki konfigurasi kamera ganda, berbeda dengan seri sebelumnya yang di 8 dan 8 Plus dimana 8 hanya memiliki satu kamera dan 8 Plus memiliki dua kamera.

Kedua kamera tersebut beresolusi 12MP + 12MP dengan satu lensa tele dan satu lensa wide. Keduanya dilengkapi dengan OIS dan lensa 6 elemen. Lensa widenya memiliki bukaan f/1.8 dan lensa telenya memiliki bukaan f/2.4 yang bisa melakukan zoom optikal hingga 2x maksimal.

Urusan selfie, kamera depannya memiliki resolusi 7MP dengan bukaan f/2.2 yang memiliki teknologi Image Signal dan Neural Engine sehingga diklaim hasil selfie bisa ditingkatkan secara maksimal.

Pun ada fitur kamera “Smart HDR” yang memungkinkan pengguna untuk mengambil empat foto berturut-turut tanpa ada shutter lag sama sekali.

Urusan baterai , varian XS diklaim lebih tahan 30 menit lebih lama dibandingkan baterai iPhone X, sementara iPhone XS Max diklaim tahan 90 menit lebih lama dibandingkan iPhone X.

Gayung bersambut, rumor iPhone akan mengadopsi dua Sim Card terealisasi juga di iPhone. Kedua kartunya pun bisa standby bersamaan atau disebut juga “Dual SIM Dual Standby”. Tapi jangan senang dulu karena kemungkinan iPhone dengan dual SIM fisik hanya ada di pasar Cina sedangkan untuk pasar lainnya akan menggunakan satu SIM card fisik dan satu e-SIM.Apple iPhone XR

Untuk iPhone XR sendiri masih menggunakan layar LCD , menggunakan konfigurasi satu kamera belakang, dan juga tak memiliki fitur 3D Touch seperti kedua saudaranya.

Pun begitu iPhone XR hadir dengan 5 tampilan warna yang lebih menarik yaitu hitam, putih, merah, kuning, dan biru coral. Dan memiliki tiga konfigurasi memori (64GB, 128GB, dan 256GB)

iPhone XR sendiri bisa dipesan mulai 19 Oktober 2018 , dan untuk XS dan XS Max sudah mulai bisa dipesan pada 14 September 2018 dan pengiriman atau ketersediaannya mulai 21 September 2018.

Akhirnya, iPhone berani mengeluarkan warna-warni yang ceria. Bagaimana ? Tertarik guys ?

The following two tabs change content below.
Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

Latest posts by Mikhail Surjadi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *