Apple Resmikan iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X

Setelah ramai dibicarakan di dunia maya soal penamaan iPhone terbaru yang berkisar antara iPhone 7S, iPhone 8, The iPhone, iPhone Edition, iPhone X, akhirnya Apple resmi merilis iPhone terbarunya dalam acara yang diadakan di Steve Jobs Theater, Cupertino.

Kali ini iPhone mengeluarkan tiga jenis iPhone sekaligus yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X (dibaca: iPhone ten). Dua iPhone pertama adalah penyempurnaan generasi sebelumnya yakni iPhone 7, dan iPhone X adalah produk yang benar-benar fresh dari Apple, mengusung disain baru dengan layar tanpa bezel, hilangnya touch ID, dan hadirnya Face ID.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

iPhone 8 8 Plus

Bila anda melihat disain iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, anda pasti langsung mengenali disainnya, itu karena Apple memang tidak mengubah jauh disain iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dari pendahulunya yakni iPhone 7 dan 7 Plus.

Perbedaan yang paling mencolok adalah di material bahan yang digunakan, pada iPhone 8 Apple menggunakan kombinasi frame aluminium serta lapisan kaca di belakang yang dibuat dengan proses warna tujuh lapis.

Mengusung sertifikasi IP67, Apple meng-klaim bahwa kaca yang digunakan pada iPhone 8 adalah kaca yang paling kuat dan tahan benturan. Selain itu Apple juga membenamkan fitur wireless charging di lini produknya ini.

Urusan layar, Apple membekali layar iPhone 8 dengan AMOLED, menggantikan LCD yang sedari dahulu dipakai di seri iPhone sebelumnya. iPhone 8 juga dilengkapi dengan fitur True Tone Display yang bisa mengatur warna secara otomatis untuk menghasilkan warna yang lebih natural.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga menggunakan SoC Apple terbaru yakni A11 Bionic dengan Neural Engine. A11 Bionic ini diklaim mampu menghasilkan performa hingga 70% lebih baik dibandingkan A10 Fusion. Dengan A11 Bionic ini iPhone 8 dan iPhone 8 Plus mampu menampilkan konten Augmented Reality secara halus pada 60 fps, serta motion tracking yang akurat.

Pada sektor kamera, iPhone teranyar ini memiliki kamera beresolusi 12 Megapiksel dengan bukaan f/2.2 yang dibekali juga dengan OIS. Baik iPhone 8 dan iPhone 8 Plus mampu merekam video di resolusi 4K hingga 60fps , serta video slow motion  dengan 240fps di resolusi Full HD 1080p.

Spesial di iPHone 8 Plus yang memiliki konfigurasi dual kamera, selain memiliki fitur portrait mode yang mengutilisasi kamera sekunder 12 Megapiksel f/2.8 , ada juga fitur tambahan yang dinamakan portrait lighting. Portrait lighting bisa memberikan efek pencahayaan seperti dalam foto studio, serta efek kedalaman foto yang lebih dramatis. Dengan fitur ini pengguna mampu membuat background foto menjadi hitam, menambahkan lighting , dan lainnya, secara real-time.

Baca juga : Bagaimana Cara Menonton Acara Peluncuran Apple

iphone 8

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga mendukung Qi wireless charging yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya baterainya tanpa harus mencolokkan kabel ke perangkat. iPhone 8 dan 8 Plus juga mendukung fast charging yang diklaim mampu mengisi daya hingga 50% dalm 30 menit.

iPhone 8 dan 8 Plus akan hadir dalam pilihan warna Space Gray, Silver, dan Gold. Dan penyimpanan internal 64GB dan 256GB. Masa pre-order dimulai tanggal 15 September dan akan di-rolling out ke pengguna pada tanggal 22 September. Untuk harga dipatok mulai $699 atau Rp 9.2 jutaan untuk iPhone 8 dan $799 atau Rp 10.2 jutaan untuk iPhone 8 Plus .

iPhone X

iphone x

Inilah bintang pertunjukan pada acara perhelatan yang diadakan Apple kali ini. iPhone X (dibaca iPhone ten) hadir dengan disain baru. Tampil dengan layar edge-to-edge iPhone X memiliki layar 5.8 inci OLED Super Retina. Tampil kekinian dengan bezel tipis di sudut kiri kanan bawah atas, Apple tetap menyematkan banyak sensor di bagian atas layar. Jeroan yang dimiliki oleh iPhone X sebenarnya mirip dengan yang dimiliki oleh iPhone 8 Plus, hanya saja dengan pemilihan layar yang edge-to-edge ini Apple menghilangkan home buton yang menjadi ciri khas Apple dan walau sempat dirumorkan Apple akan memindahkan Fingerprint Scanner ke dalam layar nyatanya hal itu tidak terjadi dan Apple menggantikan Touch ID dengan Face ID.

iphone x

Berbeda dengan teknologi face recognition pada umumnya, Face ID menggunakan sistem True Depth Camera untuk mengenali wajah lebih akurat, dengan Face ID ini Apple mengklaim akan bisa mengenali wajah pemiliknya meski dibohongi dengan topeng sekalipun . Face ID juga akan mempelajari wajah pengguna sehingga tetap bisa mengenali wajah penggunanya meski menggunakan kacamata, tumbuh jenggot, ganti model rambut, dan sebagainya. Semua data disimpan di dalam ponsel untuk alasan keamanan dan tidak diunggah ke server Apple.

Mekanisme membuka ponsel cukup dengan melihat ke arah layar ponsel lalu lakukan swipe ke atas. Bila berhasil maka ponsel akan langsung terbuka, kalau tidak maka anda akan diminta pin yang sudah dipasang sebelumnya.

Hilangnya tombol home ini berdampak juga pada gestur yang ada di iPhone X, semisal control center yang harus diakses dengan swipe ke bawah dari atas kanan layar, swipe ke bawah dari kiri atas layar untuk menampilkan notifikasi, swipe ke atas dari bawah dan tahan sebentar untuk memunculkan menu multitasking, tahan tombol power untuk mengaktifkan siri, tekan dua kali untuk mengakses Apple Pay.

Kamera utama iPhone X sama dengan kamera utama iPhone 8 Plus, hanya saja pada kamera keduanya iPhone X memiliki bukaan lebih besar yakni f/2.4 yang juga dilengkapi OIS.

Dengan adanya teknologi True Depth pada kamera depan, iPhone X memiliki fitur portrait lighting juga untuk ber-selfie ria. Di kesempatan kali ini Apple juga memperkenalkan Animoji, dimana pengguna mampu membuat animasi dari emoji sesuai dengan pergerakan wajah pengguna. Bayangkan, anda bisa membuat emoji tahik berbicara!

iPhone X dibanderol dengan harga $999 atau sekitar Rp 13 jutaan dengan dua pilihan warna yakni Space Gray, dan Silver, dengan pilihan penyimpanan internal 64GB dan 256GB.

Bagaimana, anda tertarik memboyong salah satu dari iPhone ini , guys?

 

The following two tabs change content below.
Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

5 thoughts on “Apple Resmikan iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *