iOS 10 Quick Review, Apa Saja yang Berubah pada iOS?

ios 10

Baru saja Apple menggelontorkan iOS terbarunya yakni iOS 10 ke publik tadi malam, apa saja perubahan yang ada di iOS 10? Ini quick review terhadap iOS 10 setelah digunakan selama sekitar 2 jam.

Lock Screen

Dimulai dari layar ketika terkunci dahulu ya. Kalau dahulu saat ingin menyalakan layar iPhone dari keadaan terkunci kita harus meng-klik tombol home atau tombol power maka di iOS 10 ini ada yang namanya fitur Raise to Wake. Dengan fitur ini ketika kita mengangkat iPhone maka layar akan menyala otomatis dan akan menampilkan info berupa notifikasi (kalau ada) dan jam serta tanggal.

Pada layar ini juga ada quick access menuju widgets dan kamera, untuk melihat widgets cukup geser layar ke kanan, sedangkan untuk melihat kamera kalau pada iOS 9 dahulu harus geser ke atas maka pada iOS 10 ini untuk mengakses kamera harus geser ke kiri.

Lalu bagaimana dengan unlocknya? Kalau dahulu iPhone terkenal dengan kata-kata “Slide to unlock”nya maka sekarang cara unlock tersebut dirubah. Caranya adalah dengan menekan tombol home untuk unlock iPhone. Apabila perangkat memiliki Touch ID maka perangkat akan langsung terbuka otomatis, apabila perangkat tidak memiliki / tidak menyetel Touch ID maka menekan tombol home akan memunculkan kode PIN (kalau sudah disetting).

Gabungan fitur Raise to wake dan press home button to unlock ini bisa menghemat waktu untuk mengakses iPhone, pasalnya ketika iPhone diangkat kemudian jari ditempatkan di Touch ID (tidak usah ditekan lagi) maka iPhone akan terbuka, proses ini mengurangi satu kali klik pada tombol home.

Layar Utama

Masuk ke layar utama, pada iOS 10 ini terasa sekali warna background semakin diredupkan sehingga icon-icon yang ada pada layar semakin terlihat jelas. Selain itu tidak ada perubahan pada layar utama.

Control Center

ios 10ios 10

Control center dibuat semakin berwarna dan dibuatkan satu halaman khusus untuk menampilkan playback dari media yang sedang dijalankan. Pada halaman pertama berisi tombol untuk senter, alarm, calculator dan kamera  serta toggle untuk airplane mode, wifi, Bluetooth, do not disturb dan auto rotate yang akan berwarna biru bila aktif (merah khusus untuk auto rotate).

Notification center

ios 10

Kalau pada iOS 9 notification center dikelompokkan berdasarkan aplikasinya maka di iOS 10 notification diurutkan berdasarkan jam nya. Sudah tidak bisa lagi clear notification berdasarkan aplikasinya, untuk clear notification serentak sekarang berdasarkan hari atau dipilih manual satu-satu.

Dari notification center ini bisa geser ke kanan untuk menampilkan widgets.

Music

ios 10

Aplikasi music mendapat perubahan yang cukup signifikan baik dari UI nya maupun UX nya. Ukuran font dan tombol dibuat lebih besar agar lebih nyaman digunakan. Tampilan album pun diperbesar, tidak kecil lagi.

Photos

ios 10

Aplikasi photos bawaan Apple ini diperbaiki lagi, mengikuti disain UI pada Music tampilan pada Photos diperbesar untuk memudahkan pencarian. Pun ada juga penambahan album baru yakni People dimana fungsinya adalah menemukan foto-foto dengan wajah-wajah yang kita kenal dan mengelompokkannya.

Apple juga menambahkan fitur baru bernama Memories. Foto-foto yang memiliki kaitan akan dikelompokkan secara otomatis dan secara otomatis dijadikan slideshow dengan lagu dan kita bisa memilih moodnya sendiri.

Ada juga pengelompokan baru pada Photos yang diberi nama Places, sesuai namanya pengelompokan foto ini berdasarkan lokasi foto tersebut diambil.

Messages

Aplikasi messages mendapatkan perubahan yang cukup signifikan, apalagi kalau pengguna sana menggunakan iPhone juga. Aplikasi messages ini sekarang bisa mengirimkan sticker, foto, scribble, listening to serta emoticon yang lebih besar.

Apple News

Sama seperti Music, Apple News kini dibuat semakin menarik mengikuti disain Music dengan font yang lebih besar dan tampilan yang lebih user friendly membuat News lebih nyaman digunakan.

Apple Home

Ini mungkin fitur yang tidak bisa saya gunakan sama sekali karena memang belum ada perangkat rumah yang bisa terhubung dengan ekosistem Apple saat ini. Idenya Apple Home ini adalah kita bisa mengatur perangkat rumah dengan menggunakan perangkat Apple.

Tambahan

ios 10

Sekarang program yang tidak kita gunakan semisal Apple Watch (tentu saja berguna bagi yang punya Apple Watch, tapi bagaimana dengan yang tidak punya) bisa “dihapus” dari perangkat.

Kesimpulan

Overall @GadgetApa menyukai perubahan yang ada pada iOS 10 ini walaupun masih ada yang berasa janggal terutama untuk notifikasinya yang sekarang malah terpisah-pisah bukan dikelompokkan seperti pada iOS 9. Mengakses iPhone dengan menggunakan Touch ID kini semakin gampang dengan kombo fitur Raise to wake dan press home button to unlock. Kemampuan untuk “menghapus” aplikasi yang jarang dipakai seperti Apple Watch dan Stocks juga membantu mengurangi icon yang harus muncul di layar utama.

Perasaan @GadgetApa doang atau memang fiturnya makin mirip Android ya?

The following two tabs change content below.
Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

Latest posts by Mikhail Surjadi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *