Garmin VivoActive 3, Pantau Aktivitas Harian Anda (Review Part 1)

Garmin VivoActive 3 adalah seri terbaru dari seri VivoActive. Mengambil bentuk bulat disbanding kotak menunjukkan Garmin mengarah ke segmen pasar yang lebih dewasa sekaligus lebih mudah diterima di masyarakat karena bentuknya yang lebih mainstream.Garmin VivoActive 3

Selama beberapa minggu terakhir saya sudah menggunakan Garmin VivoActive 3 ini untuk keperluan review dan boleh dikatakan saya sangat menikmati menggunakan activity tracker ini untuk menemani kegiatan saya sehari-hari.

Selayaknya activity tracker, tugas Garmin VivoActive 3 ini memantau keadaan tubuh anda 24/7 dan untuk melakukan tugasnya Garmin VivoActive 3 ini harus melekat di pergelangan tangan anda.

Tidak hanya berfungsi sebagai activity tracker, Garmin VivoActive 3 ini juga terlihat sangat casual dan down to earth  sehingga bisa anda gunakan ke acara formal, semi formal hingga berolahraga sekalipun. Bahkan beberapa orang yang saya kenal tidak menyadari bahwa ini adalah perangkat mahal.

Oke pertama-tama kita bahas dari hal yang paling gampang terlihat yah yakni

Disain

Garmin VivoActive 3

Dari segi disain, Garmin VivoActive 3 ini sudah mengambil disain yang mainstream yakni bundar, dengan diameter 43,4 mm dan ketebalan 11.7 mm  yang memiliki bezel berwarna perak disertai dengan ukiran garis minimalis yang menunjukkan jam , pinggiran berwarna hitam, satu buah tombol di bagian crown nya dan satu sisi dengan sensor sentuh yang mereka beri nama side swipe sebagai metode alternatif untuk mengoperasikan activity tracker ini.

Garmin VivoActive 3
Side Swipe di sebelah kiri

Bezelnya sendiri terbuat dari bahan stainless steel  dan bahan casingnya terbuat dari fiber-reinforced polymer with stainless steel rear cover (campuran bahan fiber dengan polimer dengan casing belakang stainless steel)

Beratnya sendiri bisa dibilang cukup enteng yakni hanya 43 gram saja. Membuat jam ini hampir tak terasa saat digunakan di pergelangan tangan.

Strapnya berwarna hitam dan terbuat dari bahan silikon yang cukup lentur dan enteng dengan motif sisik. Dan ada satu keunikan kecil yang saya temukan pada strap VivoActive 3 ini yakni jarak antar lubangnya yang lebih pendek dibandingkan jarak antar lubang pada strap jam tangan biasa. Ini bagus, karena dengan jarak antar lubang yang lebih pendek memungkinkan anda lebih leluasa mengatur strap anda untuk menyesuaikan dengan besar pergelangan tangan anda.Garmin VivoActive 3

Masih pada bagian strapnya, anda akan menjumpai tulisan Garmin pada bagian penahan strapnya serta logo garmin kecil.

Baca juga : Garmin VivoActive 3 Review Part 2

Sekilas lihat Garmin VivoActive 3 ini tidak terlihat sebagai sebuah perangkat yang mencolok , terbukti dari beberapa teman saya melihat jam tangan ini sebagai jam tangan yang ‘biasa saja’ yang mana adalah hal baik karena memang saya sendiri tidak berencana memakai peralatan yang mencolok untuk diajak berolahraga maupun menghadiri acara formal maupun semi formal. Anda bisa memakai Garmin VivoActive 3 ini ke berbagai macam occasion dan tidak terlihat salah tempat. Bahkan bisa juga digunakan untuk berenang karena perangkat ini juga tahan air dan salah satu fiturnya untuk mengukur aktivitas renang anda.Garmin VivoActive 3

Pada bagian bawahnya ada lubang colokan power serta tiga titik sensor heart rate bercahaya hijau.

User Experience

Garmin VivoActive 3

Oke, sebelumnya patut diingat, ini adalah pengalaman pertama saya menggunakan sebuah activity tracker yang canggih, jadi bila ada kurang-kurang kata atau kesalahan kata mohon dimaafkan terlebih dahulu ya.

Pertama kali menggunakan Garmin VivoActive 3 ini saya merasa “hmm, kok jam tangan ini enteng banget ya”. Sebagai seorang pengguna jam tangan analog yang biasanya menggunakan jam tangan yang lebih berat, menggunakan perangkat ini terasa berbeda sekali, terasa sangat enteng plus canggih.

Dengan diameternya yang “hanya” 43,4 mm perangkat ini saya rasa sangat cocok digunakan di pergelangan tangan saya yang memang tidak terlalu besar. Besar perangkat ini dengan besar pergelangan tangan saya bisa dibilang cukup proporsional. Besar perangkat ini tidak lebih besar dibandingkan lebar pergelangan tangan saya.

Garmin VivoActive 3

Menggunakan strap silikon yang elastis dan memiliki grip yang kuat dengan permukaan kulit saya membuat perangkat ini tidak gampang bergeser dari tempatnya, nyaman digunakan , tidak membuat kulit gatal serta tahan air sehingga bisa dibawa mandi sekalipun. Yah tapi saya sih tetap melepas perangkat ini ketika mandi.

Strapnya sendiri mengusung teknologi quick release bands yang artinya strap berukuran 20mm pada perangkat ini mudah dilepas pasang karena memiliki mekanisme yang mudah digunakan untuk melepas pasang strapnya, tidak seperti pada jam konvensional.

Satu hal yang langsung menjadi perhatian saya saat menggunakan jam ini adalah bagian

Layar

Garmin VivoActive 3

Pertama kali melihat layar ini saya cukup kaget, karena sekilas terlihat layar ini mengusung layar e-ink display karena terlihat sangat jelas di bawah terik matahari, tapi setelah dilihat lagi ternyata ini bukanlah e-ink display karena layarnya bukan hitam putih tapi ada warnanya juga. Displaynya ini disebut transflective memory-in-pixel (MIP) yang memiliki resolusi 240×240 pixels.

Kesan pertama ketika melihat display dari VivoActive 3 ini adalah “oh… begini… “  terutama dikarenakan pixelnya yang hanya 240×240 membuat lekukan pixelnya terlihat sangat kasar. Tapi memang tampilan VivoActive 3 ini tidak dibuat untuk mengutamakan segi aestetik seperti kebanyakan smartwatch lainnya tapi lebih untuk menampilkan hasil data aktivitas kita.

Dan perangkat ini juga memiliki backlight yang berwarna agak keungu-unguan untuk membantu melihat layar ketika berada di dalam kondisi kurang cahaya. Tingkat keterangan backlightnya ini dapat diatur seberapa tinggi intensitasnya dan seberapa lama backlightnya mau menyala. Untuk mengaktifkan backlight ini bisa dengan gesture mengangkat tangan untuk melihat jam tangan atau dengan mengetuk layar perangkat ini.

Melalui layar ini pulalah kita bisa mengatur perangkat ini, layar ini sudah berupa layar sentuh jadi kita bisa mengatur perangkat ini dengan layar sentuhnya yang menurut saya cukup responsif ketika digunakan. Selain dengan layar sentuh, kita juga bisa menggunakan side swipe untuk bernavigasi dengan menu-menu pada perangkat ini.

Pada layar ini pulalah kita bisa mengakses berbagai macam widget, laporan harian aktifitas kita, mengatur alarm, menghidupkan stopwatch hingga memilih workout apa yang hendak dilakukan saat itu.

Layar VivoActive 3 juga sudah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 3 yang membuat perangkat ini tahan terhadap goresan. Pun begitu berhati-hatilah menggunakan perangkat ini jangan sering-sering dibentrokin ke benda keras lainnya

(Bersambung ke part 2)

The following two tabs change content below.
Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

Latest posts by Mikhail Surjadi (see all)

One thought on “Garmin VivoActive 3, Pantau Aktivitas Harian Anda (Review Part 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *