Duo Samsung Galaxy S9 dan S9+ Diperkenalkan, Apa Saja yang Ditawarkan?

Samsung baru saja memperkenalkan duo flagship terbarunya yang selama beberapa bulan terakhir ini sudah ramai di dunia maya yakni Samsung Galaxy S9 dan S9+. Dengan tagline “camera reimagined” , Galaxy S9 dan S9+ memiliki kemampuan lebih pada sisi kamera yang memastikan pengguna tak pernah melewatkan momen dan menciptakan momen epik dalam keseharian mereka.samsung galaxy s9

“Cara kita menggunakan smartphone telah berubah seiring dengan komunikasi dan ekspresi diri yang telah berevolusi,” ujar DJ Koh, President dan Head of IT & Mobile Communications Division, Samsung Electronics. “Dengan Galaxy S9 dan S9+, kami telah menuangkan gagasan baru pada kamera smartphone. Galaxy S9 dan S9+ tak sekedar memungkinkan konsumen untuk mengambil foto dan video terbaik di manapun mereka berada, smartphone ini juga dirancang untuk membantu mereka terhubung dengan sesama dan mengekspresikan diri dengan cara unik dan personal bagi mereka.”

Duo flagship Samsung tersebut menggunakan sensor dual pixel super cepat (Super Speed Dual Pixer Sensor) yang disertai daya pemrosesan dan memori untuk menangkap momen dengan kualitas gambar terbaik. Fitur kamera Galaxy S9 dan S9+ antara lain :

  • Super Slo-Mo : Galaxy S9 dan S9+ memiliki kemampuan untuk merekam video Slo-Mo (slow motion) hingga 960 fps (frame per second) atau yang disebut juga dengan super slo-mo. Setelah merekam video super slo-mo tersebut pengguna dapat memilih musik latar dari 35 pilihan berbeda atau menambahkan lagu dari playlist favorit mereka untuk menciptakan momen yang lebih personal. Pengguna juga dengan mudah dapat membuat, menyunting dan berbagi file GIF hanya dengan satu sentuhan, dalam tiga gaya pemutaran menarik, untuk menyaksikan aksi berulang-ulang.
  • Low Light Camera : Berbeda dengan kamera ponsel lain pada umumnya yang hanya memiliki satu bukaan tetap, kamera pada Samsung Galaxy S9 dan S9+ memiliki teknologi Dual Aperture Samsung (F1.5 – F2.4) yang secara otomatis dapat menyesuaikan dengan cahaya lingkungan sekitar sehingga pengguna dapat mengambil gambar apik dan jernih di mana saja dan kapan saja.
  • AR Emoji : Dengan AR Emoji pengguna mampu membuat avatar 3D dirinya sendiri ,AR Emoji memanfaatkan algoritma pembelajaran mesin berbasis data, menganalisis citra 2 dimensi pengguna dan memetakan lebih dari 100 fitur wajah untuk menciptakan model 3 dimensi yang mencerminkan dan meniru ekspresi pengguna, seperti berkedip dan mengangguk, semuanya demi personalisasi pengalaman pengguna.
  • Bixby : Dengan Bixby pengguna dapat langsung mengidentifikasi benda apa yang difoto , tidak hanya itu, pengguna dapat menerjemahkan bahasa dan mata uang asing secara langsung pada saat itu juga dengan Live Translation, belajar tentang lingkungan sekitar, membeli produk yang mereka lihat di dunia nyata dan menghitung kalori yang dimakan sepanjang hari.

Samsung Galaxy S9 dan S9+ sekarang juga memiliki speaker stereo yang terletak di bagian earpiece dan di bagian bawah ponsel sehingga suara yang dihasilkan akan terdengar lebih nyata, Galaxy S9 dan S9+ juga menyertakan Dolby Atmos untuk efek suara 360 derajat.

Sebagai smartphone pertama yang mendukung aplikasi terbaru SmartThings, Galaxy S9 dan S9 + dapat menjadi pusat kegiatan pengelolaan gaya hidup terhubung di rumah, di kantor atau di perjalanan. Aplikasi SmartThings akan diperkenalkan bersamaGalaxy S9 dan S9+, dan akan terhubung ke perangkat Samsung dan non-Samsung lainnya.

Dengan Samsung Galaxy Dex, pengguna juga dapat langsung menghubungkan perangkatnya dengan monitor, keyboard, dan mouse sehingga dapat digunakan layaknya komputer.

Sama seperti pendahulunya, Samsung Galaxy S9 dan S9+ memiliki sertifikasi IP68 tahan air dan debu dan teknologi wireless charging. Perangkat ini juga mendukung memori eksternal hingga 400GB dengan micro SD.

Hal menarik lainnya dari duo flagship ini adalah iris scanner dan face recognition yang bisa digunakan secara berbarengan sehingga dapat digunakan dalam berbagai situasi. Tak lupa duo flagship ini juga memiliki sistem fingerprint scanner pada bagian belakang bodi ponsel dengan posisinya yang kembali normal di bawah kamera dan sudah di tengah bodi sehingga lebih mudah dan lebih nyaman dijangkau.

Galaxy S9 dan S9+ meningkatkan fungsinya dalam memantau kesehatan pengguna ke level yang lebih tinggi dengan sensor optik yang lebih baik, terpasang langsung ke perangkat, memberikan informasi lebih kaya dan akurat mengenai status kesehatan pengguna. Sensor ini memungkinkan Galaxy S9 dan S9+ merekam Heart Load Factor penggunanya, sebuah metode penghitungan baru atas permintaan real-time pengguna apabila perangkat diletakkan di atas area jantung.

Galaxy S9 dan S9+ akan tersedia mulai 16 Maret 2018 di beberapa negara tertentu dan akan ditawarkan dalam pilihan warna Midnight Black, Titanium Grey, Coral Blue dan Lilac Purple.

  Galaxy S9 Galaxy S9+
OS Android 8 (Oreo)
Display 5.8-inch Quad HD + Curved Super AMOLED, 18.5:9 (570ppi) 6.2-inch Quad HD + Curved Super AMOLED, 18.5:9(529ppi)
Body 147.7mm x 68.7mm x 8.5mm, 163g, IP68 158.1mm x 73.8mm x 8.5mm, 189g, IP68
Camera Rear: Super Speed Dual Pixel 12MP AF sensor with OIS (F1.5/F2.4)

Front: 8MP AF (F1.7)

Rear: Dual Camera with Dual OIS

–       Wide-angle: Super Speed Dual Pixel 12MP AF sensor (F1.5/F2.4)

–       Telephoto: 12MP AF sensor (F2.4)

Front: 8MP AF (F1.7)

AP 10nm, 64-bit, Octa-core processor (2.7 GHz Quad + 1.7 GHz Quad)

10nm, 64-bit, Octa-core processor (2.8 GHz Quad + 1.7 GHz Quad)

Memory 4GB RAM

64GB/128GB/256GB + Micro SD Slot (upto 400 GB)

6GB RAM

64GB/128GB/256GB + Micro SD Slot (upto 400GB)

SIM Card Single SIM: Nano SIM

Dual SIM (Hybrid SIM): Nano SIM + Nano SIM or MicroSD slot

Battery 3,000mAh 3,500mAh
Fast Wired Charging compatible with QC 2.0

Wireless Charging compatible with WPC and PMA

Network Enhanced 4X4 MIMO / CA, LAA, LTE Cat.18
Connectivity Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5GHz), VHT80 MU-MIMO, 1024QAM, Bluetooth® v 5.0 (LE up to 2Mbps), ANT+, USB type-C, NFC, Location (GPS, Galileo, Glonass, BeiDou)
Payment NFC, MST
Sensors Iris sensor, Pressure sensor, Accelerometer, Barometer, Fingerprint sensor, Gyro sensor, Geomagnetic sensor, Hall sensor, HR sensor, Proximity sensor, RGB Light sensor
Authentication Lock type: pattern, PIN, password

Biometric lock type: iris scanner, fingerprint scanner, face recognition, Intelligent Scan: multimodal biometric authentication with iris scanning and face recognition

Audio Stereo speakers tuned by AKG, surround sound with Dolby Atmos technology,

Audio playback format: MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, WMA, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA, APE, DSF, DFF

Video MP4, M4V, 3GP, 3G2, WMV, ASF, AVI, FLV, MKV, WEBM

The following two tabs change content below.
Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

Latest posts by Mikhail Surjadi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *